Analisis Isi Pesan-Pesan Akhlak dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” Karya Habiburrahman El-Shirazy

Saeful Husna, Ahmad Asrof Fitri, Elang Bahrudien

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)untuk dapat menemukan dan mengemukakan pesan-pesan akhlak yang terkandung dalam novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El-Shirazy. (2)menelaah pesan akhlak apa yang mendominasi yang  pada novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El-Shirazy, sehingga para pembaca mendapatkan nilai manfaat dari novel tersebut guna meningkatkan kualitas akhlak dalam beragama, akhlak berkeluarga, akhlak bersosial, dan akhlak bernegara.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik mengelompokkan pesan-pesan tersebut dibantu oleh tiga juri yang berkompeten di bidangnya, dari unsur tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan.

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pada novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El-Shirazy, ditemukan pesan-pesan akhlak yaitu nilai-nilai akhlak beragama 27,1%, nilai-nilai akhlak berkelurga 36,3%, nilai-nilai akhlak bersosial 31,7%, dan nilai-nilai akhlak  bernegara 4,9%. Adapun pesan akhlak yang mendominasi dari novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El-Shirazy yaitu nilai-nilai akhlak berkeluarga sebanyak 36,3%.

 

Kata Kunci : Analisis , pesan, akhlak , novel.

 




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.29152 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.