Analisis Kesalahan Huruf Kapital Pada Karangan Deskripsi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis
Abstract
Descriptive essay is a text in the form of a description as if the reader can imagine an object in the text. In making a good descriptive essay, it is necessary to pay attention to the use of capital letters used by the author in delivering a descriptive essay. To achieve good use of capital letters, it is necessary to adjust to the rules of using capital letters. The purpose of this study was to find out the errors in the use of capital letters in the description essays for class V Madrasah Ibtidaiyah (MI) and to determine the type of errors in the use of capital letters that were dominant in the description essays for class V MI. This study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data obtained are then described in the form of tables and words. The object of this research amounted to 15 essays description class V MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis. The results showed that the error in using capital letters in the class V MI description essay was still high. This can be proven from the results of the descriptive essay that many students do not understand the use of capital letters in accordance with the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI). The dominant type of capital letter use error in class V description essays is the aspect of errors in the use of capital letters used as the first letter at the beginning of the sentence as many as 771 errors or 93.4%.
Keywords: Error Analysis; Capital Letters; Description
Abstrak
Karangan deskripsi merupakan teks berupa penggambaran yang seakan-akan pembaca dapat membayangkan suatu objek di dalam teks tersebut. Dalam membuat karangan deskripsi yang baik, perlu diperhatikan penggunaan huruf kapital yang digunakan penulis dalam menyampaikan karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan deskripsi kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan untuk mengetahui jenis kesalahan penggunaan huruf kapital yang dominan pada karangan deskripsi kelas V MI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dalam bentuk tabel dan kata-kata. Objek penelitian ini berjumlah 15 karangan deskripsi kelas V MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan deskripsi kelas V MI masih tergolong tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil karangan deskripsi bahwa banyaknya siswa yang belum memahami penggunaan huruf kapital sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jenis kesalahan penggunaan huruf kapital yang dominan pada karangan deskripsi kelas V adalah pada aspek kesalahan penggunaan huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama di awal kalimat sebanyak 771 kesalahan atau 93,4%.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan; Huruf Kapital; Karangan Deskripsi
Full Text:
PDFReferences
Khodijah, Siti. 2017. Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V MI Nurul Islam Grogol Depok (Skripsi). Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrodin. 2018. Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa SMK Muhammadiyah Delanggu Kelas XI PK Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Konvergensi. 5: 69 – 78.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Prawisti, Dian, Nur. 2012. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Pada Karangan Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok (Skripsi). Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Yogyakarta.
Purba, Nancy, Angelia. Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: PT Indonesia Emas Group
Rifai. 2019. Kualitatif: Kualitatif Teologi. Surakarta: Yoyo Topten Exacta.
Setyaningsih, Eko. 2017. Efektifitas Gambar Dalam Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Luwes dan Terperinci pada Siswa Kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan. 9: 117 – 127.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembangan Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Wahyudi, Setyo, Tri. 2017. Statistika Ekonomi Konsep, Teori dan Penerapan. Malang: UB Press.
Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sulawesi: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.28256 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.