Tren Belanja Online Pada Masyarakat Kota Palembang Masa Pandemi Covid 19 (Analisis Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam)

Melis Melis

Abstract


This paper aims to explain Islamic economic theory about consumption and consumer behavior, and later this paper will also explain the behavior of the people of Palembang City in shopping online during the Covid-19 Pandemic. This paper uses a qualitative approach. The data obtained from the literature study, namely from various sources of books on consumption in the perspective of Islamic economics. As a result, the online shopping trend of the people of Palembang city is in accordance with the corridors of Islamic law, namely the consumption principle from an Islamic economic perspective. In the concept of Islamic consumption, there are moral and social values (maslahah) which recognize the rights of others in meeting individual needs, the allocation of personal assets for zakat, infaq, shadaqah, and other benefits that are set aside by Muslim consumers in every fulfillment of their needs.

Keywords: Online Shopping; Consumption; Consumer Behavior; Islamic Economy

 Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan teori ekonomi Islam tentang konsumsi dan perilaku konsumen, dan nantinya tulisan ini juga akan menjelaskan perilaku masyarakat Kota Palembang dalam berbelanja online di masa Pandemi Covid-19. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang didapatkan dari studi kepustakaan, yakni dari berbagai sumber buku tentang konsumsi dalam perspektif ekonomi Islam. Hasilnya, tren belanja online masyarakat kota Palembang sesuai dengan koridor syariat Islam, yakni dalam prinsip konsumsi perpektif ekonomi Islam. Dalam konsep konsumsi Islam terkandung nilai-nilai moral dan sosial (maslahah) yang mengakui hak orang lain dalam pemenuhan kebutuhan individu, adanya pengalokasian harta pribadi untuk zakat, infaq, shadaqah, dan kemaslahatan lain yang disisihkan konsumen muslim dalam setiap pemenuhan kebutuhan yang dilakukannya.

Kata kunci: Belanja Online; Konsumsi; Perilaku Konsumen; Ekonomi Islam


Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, 2012. “Ihya’ Ulum al-Din li al- imam al- Ghaali II” dalam Abdur Rohman, “Konstruksi Teori Konsumsi Al- Ghazali” Disertasi Doktor Ilmu Keislaman, Surabaya, Perpustakaan IAIN Sunan Ampel

Al-Arif, Nur Rianto; Muhammad dan Euis Amalia, 2010. “Teori Mikroekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional”. Jakarta: Prenada Kencana.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Juz 1-30, 2002. Edisi Baru, Surabaya: Mahkota

Kahf, Monzer. 1995. Ekonomi Islam: Telaah Analitik Terhadap Fungsi Ekonomi Islam, Terj. Machnun Husein, Cet. 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Karim, Adiwarman Azwar. 2012. “Ekonomi Mikro Islami”. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kurnia, Aulia Dzikriyati. 2010. “Analisis Teori Konsumsi Dalam Ekonomi Mikro (Analisis Kritis Dalam Perspektif Ekonomi Islam)” Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Malang: Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2012. “Perilaku Konsumen”. Jakarta: Refika

Muflih, Muhammad. 1978. “Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam”. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhammad., 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Nasution, Mustafa Edwin. et al. 2010. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Qardhawi, Yusuf 1997. “Norma dan Etika Ekonomi Islam”. Gema Insani Press

Rahman, Afzalur. 1995. Doktrin Ekonomi Islam, Jilid II, Terj. Socroyo dan Nastangin, Yogyakarta: PT Dana Bhakti Wakaf

Rohmah, Ainur. 2020. Jurnal JIP: Pandemi Covid 19 dan Dampaknya Terhadap

Sudarsono, Heri. 2007. “Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar”. Yogyakarta: Ekonisia

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Sulaksono, Gery Persada. 2012. Melawan Budya Konsumstif, Semarang: Suara Merdeka

Syaifuddin, 2018. Disertasi: ‘Perilaku Kosumen Muslim”. Yogyakarta: Repository UIN Sunan Kalijaga

Trapsilawati, Fitri. Laksmira K. Adhani, Rini Dharmastitir. 2020. Pengaruh Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Perilaku Konsumen Belanja Online”. Proceeding Industrial Enginering Conference.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i4.26889 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.