Konsep Rahmatan Lil Alamin Imam Shamsi Ali Sebagai Strategi Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah Kultural Di Amerika

Indriya Indriya, Intan Dwi Wijayanti

Abstract


Imam Shamsi Ali is an extraordinary scholar whose spirit of struggle in spreading the religion of Islam by introducing Islam with the concept of Rahmatan Lil Alamin in the United States. This brought major changes to Islam in the United States. In this study the author aims to find out how the concept of rahmatan lil alamin Imam Shamsi Ali is able to become a strategy for education and cultural da'wah in the United States. In this study, the author uses the library research method, where the research uses various literatures, both books, notes, and reports on the results of previous research in collecting data. This study focuses on how the concept of Rahmatan Lil Alamin brought by Imam Shamsi Ali in New York, United States became his strategy in building Islamic education and da'wah. The objects of this research are books from Imam Shamsi Ali, and various articles about Imam Shamsi Ali. The results of this study indicate that the concept of rahmatan lil alamin in Imam Shamsi Ali's education and da'wah which is accommodated in Islamic boarding schools can become a force for Islam in the United States.

Keywords: Rahmatan lil alamin, Educational Leadership, Cultural Da'wah, Islam in America

 

Abstrak

Imam Shamsi Ali merupakan sosok ulama yang luar biasa semangat perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam dengan memperkenalkan Islam dengan konsep Rahmatan Lil Alamin di Amerika Serikat. Hal ini membawa perubahan besar bagi Islam di Amerika Serikat. Dalam penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep rahmatan lil alamin Imam Shamsi Ali mampu menjadi strategi pendidikan dan dakwah kultural di Amerika Serikat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research, dimana penelitian menggunakan berbagai literatur-literatur baik buku, catatan, maupun laporan hasil dari penelitian terdahulu dalam pengambilan datanya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana konsep Rahmatan Lil Alamin yang dibawa oleh Imam Shamsi Ali di New York, Amerika Serikat menjadi strategi beliau dalam membangun pendidikan dan dakwah Islam. Adapun objek penelitian ini yaitu buku-buku daripada Imam Shamsi Ali, dan berbagai artikel tentang Imam Shamsi Ali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya konsep rahmatan lil alamin dalam pendidikan dan dakwahnya Imam Shamsi Ali yang diwadahi dalam pesantren dapat menjadi kekuatan Islam di Amerika Serikat.

Kata Kunci : Rahmatan lil alamin, Kepemimpinan Pendidikan, Dakwah Kultural, Islam di Amerika


Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2020). Dakwah Kultural menurut Perspektif Pendidikan Islam,. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 71–71.

Arifin. M. (1994). Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner (Vol. 3). Bumi Aksara.

Ikhwan, A. (2018). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam, Volume 3, Nomor 2, Juli-Desember 2018, hal 126. ISTAWA : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 126.

Izzat, Bara; Handaru, W. (2021). Tantangan Agama di Era Globalisasi:Analisis Strategi Komunikasi, Karakteristik dan Materi Dakwah. El Madani: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 3–4.

M. Quraish Shihab. (2000). Tafsir Al-Misbah. Mizan.

Minhajuddin. (2021). Imam Shamsi Ali dan Upaya Rekonstruksi Citra Islam dan Indonesia di Amerika Serikat. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(3), 295.

Mucharomah, M. (2017a). Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin, EDUKASIA ISLAMIKA Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No. 2, Desember 2017, hal 177. Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 177.

Mucharomah, M. (2017b). Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin. Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 172–190.

Muhammad Amer Adz-Dzikro; Muhammad Mirza. (2019). Kontribusi Islam terhadap Peradaban Barat.

Rohayani, E. (2021). Analisis Nilai Religi Dalam Novel Menebar Damai di Bumi Barat Karya Imam Shamsi Ali. Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 2.

Rubiyanah. (2019). Implementasi Dakwah Melalui Pendidikan Pada Kaum Dhu’afa: Studi Kasus Sekolah Smart Ekselensia Lembaga Pengembangan Insani Dompet Du’afa. Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 110–111.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.

Unknown. (n.d.). Data Sensus Baru Tunjukkan Keberagaman Amerika.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i2.25125 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.