Pengembangan Pembelajaran Alquran Hadis dengan Pendekatan Akal Bertingkat Ibnu Sina Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berbasis Neurosains Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Abstract
The COVID-19 pandemic has caused the offline learning model to turn into online learning. Including learning Al-Qur'an Hadith at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta is carried out online. This causes the teaching and learning process to be less focused on student learning. Learning Al-Qur'an Hadith is not yet relevant to Ibn Sina's concept of multilevel reasoning, and brain function (Neuroscience) on student learning. This study aims to find a learning model of Al-Quran Hadith during the COVID-19 period in the perspective of Ibn Sina's multilevel reasoning based on Neuroscience studies. This research is a field research with a descriptive qualitative approach. The technique of collecting data in this research is through the results of observations, interviews, and Documentation with the Principal, Deputy Head of Curriculum, Class Guardians, Educators, and Students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The results of the study prove that learning Al-Quran Hadith with a neuroscience-based Ibn Sina multilevel approach is able to understand the Qur'an theoretically and empirically, both theoretically (tajwid) and reading practice (tartil).
Keywords: COVID-19; Ibn Sina's stratified intellect; Neuroscience; Students and teachers; Learning Al-Quran Hadith
Abstrak
Pandemi COVID-19 merupakan penyebab model pembelajarin offline berubah menjadi pembelajaran secara online. Termasuk pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilakukan secara daring. Hal demikian menyebabkan proses belajar mengajar kurang fokus terhadap belajar peserta didik. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits belum relevan dengan konsep akal bertingkat Ibnu Sina, dan fungsi otak (Neurosains) terhadap belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran Al-Quran Hadits dimasa COVID-19 dalam perspektif akal bertingkat Ibnu Sina berbasis kajian Neurosains. Penelitian ini merupakan Field Research (Studi Lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui hasil observasi, wawancara, dan Dokumentasi Bersama Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Wali Kelas, Pendidik, serta Peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Al-Quran Hadits dengan pendekatan akal bertingkat ibnu Sina berbasis Neurosains mampu memahami Al-Qur’an secara teoritik dan emperik baik belajar secara teori (tajwid) maupun secara praktek bacaan (tartil).
Kata Kunci: COVID-19; Akal bertingkat Ibnu Sina; Neurosains; Siswa dan guru; Pembelajaran Al-Quran Hadits
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. Amin. “Mendialogkan Nalar Agama Dan Sains Modern Di Tengah Pandemi Covid-19.” Maarif 15, no. 1 (2020): 11–39.
Adib Rifqi Setiawan. “Scientific Literacy Worksheets for Distance Learning in the Topic of Coronavirus 2019 (COVID-19).” Reading Academy 2507, no. 1 (2020): 1–9.
Admin Operator SMK MUGA. “Computer Based Test (CBT) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Hasil Belajar Siswa. Last modified 2020. https://cs.smkmuh3-yog.sch.id/mod/quiz/report.php?id=820&mode=overview.
———. “Elerning Managament System SMK Muhammadiyah3 Yogyakarta: BDR Mapel Alquran Hadis Kelas X DPIB.” Belajar DAri Rumah. Last modified 2020. https://cs.smkmuh3-yog.sch.id/mod/quiz/report.php?id=820&mode=overview.
Admin Sekolah. “Elering SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta: Vedeo Pembelajran Dan Dokumentasi Belajar Siswa.” Online Learning. Last modified 2020. https://cs.smkmuh3-yog.sch.id/mod/quiz/report.php?id=820&mode=overview.
Astuti Budi Handayani, Suyadi. “Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam Di Era Milenial.” TADIBUNA 8, no. 2 (2019): 222–240.
Bagus, Cah. “AL-QUR’AN, TENTANG KEDUDUKAN AKAL DAN OLAH FIKIR.” Alqur’an Dan Sains, 2011. http://gusmendem-dua.blogspot.com/2011/10/al-quran-tentang-kedudukan-akal-dan.html.
Cahya Edi Setyawan, Muhamad Fathoni. “DESAIN KONSEP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING.” Al-Ta’rib Jurnal Bahasa Arab dan Kebahasa araban 6, no. 1 (2018): 60–79.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.
Fadhilaturrahmi. “Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education 1, no. 2 (2017): 76–84.
Fauzi, Muhammad Ilfan. “Pemanfaan Neurosains Dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (2020): 1.
Fauziyah, Nureza. “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.” Al-Mau-Izhah 2, no. 2 (2020): 1–11.
Habibbulloh, Muhammad. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MENINGKATKAN PENGUASAAN TAJWID.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (2019): 189–202.
Hendro widodo, Hendro Widodo. “MILLENNIALIZATION OF ISLAMIC EDUCATION BASED ON.” MILLENNIALIZATION OF ISLAMIC EDUCATION 7, no. 1 (2019): 173–202.
Hidayat, Tatang, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan, Indonesia Bandung, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan, and Indonesia Bandung. “INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XVI, no. 2 (2019): 115–136.
Hisny Fajrussalam, Koko Adya Winata, Ihin Solihin, Qiqi Yuliati Zaqiah4. “Inovasi Pembelajaran Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 2 (2020): 1–10.
Hui, D. S., E., I. A., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., et al. “The Continuing 2019-NCoV Epidemic Threat of Novel Coronaviruses to Global Health— The Latest 2019 Novel Coronavirus Outbreak in Wuhan, China. ,.” International Journal of Infectious Diseases (2020): 91, 264–66.
Ilmiyah, S. “Surotul Ilmiyah — Upaya PBNU Mencegah Penyebaran COVID-19.,” 2020.
Kasno, Kasno. “AQL DAN OTAK DALAM KAJIAN NEUROSAINS DAN IMPLIKASINYA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman 1, no. 2 (2019): 154–177.
Kemendikbud. “Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 Pada Satuan Pendidikan.” In LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, 2020. https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/semen dikbud032020pencegahancorona.
Kharisma Noor Latifatul Mahmudah, Suyadi. “Akal Bertingkat Ibnu Sina Dan Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains.” EDUKASIA ISLAMIKA Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 121–138.
Maksudin. Metodologi Pengembangan Berpikir Integratif Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Morrow, Susan L. “Qualitative Research in Counseling Psychology: Conceptual Foundations.” The counseling psychologist 35, no. 2 (2007): 209–235.
Musgamy, Awaliyah. “QUANTUM LEARNING SEBAGAI PROSES.” Ad- Daulah Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2017): 145–155.
Nabi. “The Impact of Entrepreneurship Education in Higher Education: A Systematic Review and Research Agenda.” Academy of Management Learning & Education 16, no. 2 (2017): 277–299.
Pasiak, Taufiq. Revolusi IQ/EQ/SQ: Antara Neuorosains Dan Al-Quran. Mizan Media Utama, 2004.
Rahmat, Sidiq. Dokumentasi Belajar Siswa SMK MUhammadiyah 3 Yogyakarta: Mapel Alquran Hadis Kls: XI. Yogyakarta, 2020.
Saibah, Suyadi. “CONSTRUCTIVISM OF NEUROSAINS-BASED IN BUILDING THE QUR’ANI CHARACTER OF SMP MUHAMMADIYAH I SLEMAN STUDENTS Saibah,.” Edukasi 8, no. 1 (2020): 85–95.
Saihu, Saihu. “KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT FAZLURRAHMAN.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 82–95.
Sarah L. Weinberger-Litman. “A Look at the First Quarantined Community in the USA: Response of Religious Communal Organizations and Implications for Public Health During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Religion and Health (2020): 1–14.
Sarjono, Dkk. “Panduan Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.” Yogyakarta, 2008.
Setiawan, A. R. “Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Literasi Saintifik Dalam Domain Kompetensi Pada Topik Gerak Lurus Di Sekolah Menengah Pertama.” Bandung: Universitas Indonesia., 2017.
Setiawan, Adib Rifqi. “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 28–37.
Sudrajat, Cucu Jajat, Mubiar Agustin, Leli Kurniawati, and Dede Karsa. “Strategi Kepala TK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 508.
Suryadi, Hendro Widodo. “Creative Imagination Base on Neuroscience : A Development and Validation of Teacher ’ s Module in Covid-19 Affected Schools” 8 (2020): 5849–5858.
Suyadi. “51 Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains.” Tadrib Pendidikan Islam V, no. 1 (2019): 51–67.
———. Hybridizations of Islamic Education and Neurosaince: Transdisciplinary Studies Of A’ql In the Quran and the Brain in Neurososcience. Yogyakarta: Dinamika Ilmu, 2019.
———. “KONSEP AKAL BERTINGKAT AL-FARABI DALAM TEORI NEUROSAINS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.” TAWAZUN Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2020): 1–17.
———. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Suyadi, and Trisna Sukmayadi , Waharjani , Sumaryati. “Pelatihan Da ’ i Antikorupsi Bagi Mubaligh -Mubalighah Terdampak Physical Distancing Akibat Pandemi.” Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 4 (2020): 1051–1064.
Suyadi, Apri Wulandari. “51 Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains.” Tadrib V, no. 1 (2019): 51–67.
Suyadi, Zalik Nuryana, and Niki Alma Febriana Fauzi. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction 51 (2020): 101848. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848.
Syarif, Miftah, Universitas Islam Riau, Meimunah S Moenada, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. “Boarding School ( Pesantren ) Education During Covid-19 Pandemic at Dar El Hikmah Pekanbaru Indonesia.” Khalifa: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2020): 161–174.
Tatang H, & Syahidin. “Inovasi Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam Melalui Model Coantextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Diik.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XVI, no. 2 (2019).
Taufik Pasiak. Brain Based Learning Merupakan Teknik-Teknik Pembelajaran Yang Mengacu Pada Kerja Otak Dengan Mengelola Gaya Belajar, Mengolah Informasi, Pola Respon Dan Penggunaan Imajinasi. Bandung: PT Mizan Pustak, 2012.
UNESCO. “290 Million Students out of School Due to COVID-19: Releases First Global Numbers and Mobilizes Response.,” 2020. https://en.unesco.org/news/290- million-students-out-school-due-covid-19- unesco-releases-first-global-numbers-and- mobilizes.
Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2020): 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462.
Widianti. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Smp Muhammadiyah 3 Metro.” PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2019.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i4.18995 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.