Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating

Senja Nuansari, Ni Putu Eka Widiastuti, Sri Mulyantini

Abstract


Abstract

The role of Corporate Social Responsibility (CSR) as a moderating variable in the effect of profitability, leverage, and size of the company, on the company values listed on the Stock Exchange from 2015 through 2018 is examined in this study. The target population consists of 96 companies and 51 of them are considered as the sample according to a pool sampling method. Moderate Regression Analysis (MRA) is considered as the main method to identify and describe the relationship between the variables. These results reveal that profitability and the size of a firm have a positive and significant impact on corporate value. On the other hand, leverage was found to have an insignificant effect on corporate value. Besides, CSR show to moderate the effect of probability, leverage, and size of the firm, on the value of the company.

Keywords: CSR, Corporate Value, Profitability, Leverage, and size of a firm

 

Abstrak

 

Peran tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai variabel moderat memberikan efek profitabilitas, leverage, dan ukuran pada nilai perusahaan yang tercantum di BEI periode 2015-2018 dalam penelitian ini. Dari populasi 96 perusahaan dan dipilih 51 sebagai sampel sesuai dengan metode pool sampling. Moderat regresi analisis (MRA) dianggap sebagai metode utama untuk mengidentifikasi dan menggambarkan hubungan antara variabel. Hasil ini mengungkapkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki dampak positif dan signifikan pada nilai perusahaan. Di sisi lain leverage ditemukan memiliki efek yang tidak signifikan dari nilai perusahaan. Selain itu, CSR menunjukkan dapat memoderasi probabilitas, leverage dan ukuran perusahaan, pada nilai perusahaan.

Kata Kunci: CSR, nilai perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan


Full Text:

PDF

References


Ana, Wahyunungsih; Mahdar, Nera Marinda. Pengaruh Size, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kalbisocio Bisnis dan Komunikasi.ISSN 2356-4385.

Andreas, Tan; Benni, Desmiyawati; Liani, Warda. 2016. Determinants of Social Responsibility Disclosure and Investor Reaction. From http:www.econjournals.com

Bursa Efek Indonesia. 2015-2018. Proses Go Public (Go Public Process). From https://gopublic.idx.co.id/.

Dwi, Pramana I Gusti Ngurah Agung; Mustanda, I Ketut. 2016. Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Varibel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 5, No, 2016:561-594.

Fahri, Yulanda; Hartanti, Rina; Dwimulyani, Susi. 2018. Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Pemoderasi. Seminar Nasional I Universitas Pamulang Program Studi D3 Akuntansi.

Farida, Siregar Ismi; Roekhudin, Roekhudin; Purwanti, Lili. 2018. Firm Value Predictor and the Role of Corporate Social Responsibility. From http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkdp.

Ghafoor, Awan Abdul; Lodhi, Muhammad Usman; Hussain, Dilshad. (2018). Determinants of Firm Value: A Case Study of Chemical Industries of Pakistan. Global Journal of Management, Social Sciences, and Humanities.

Grigoris, Giannarakis. 2013. Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosures: the case of the US Companies. Int. J Information Systems and Change Management, Vol.6 No 3, 2013.

Justyna, Dyduch; and Krasodomska, Joanna. 2017. Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure: An Empirical Study of Polish Listed Companies. From www.mdpi.com/journal/sustainability.

Maggalatung, A.S.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. How The Law Works, Jakarta: Jurisprudence Institute, 2014.

Marsono, Paramita Dwi Andina. 2014. Pengaruh Karakteristik Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. 2014. From http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting. Vol. 3, Nomor 1 Tahun 2014.

Maryati, Rahayu; Sari, Bida. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Ikraith-Humaniora, Vol.2, No. 2, Maret 2018.

Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. Relation of Religion, Economy, and Constitution In The Structure of State Life, STAATSRECHT: Indonesian Constitutional Law Journal, Volume 1, No. 1. (2017).

Peni, Nugraheni; Permatasari, Deasy. 2016. Perusahaan syariah dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Karakteristik Perusahaan. From www.journal.uii.ac.id/index.php/jaai. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia

Rika, Yuliawati; Sukirman. 2015. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibitily. From http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj.

Selin, Lumoly; Murni, Sri; Untu, Victoria N. 2018. Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Vol. 6. No.3. Juli 2018, Hal.1008-1117.

Sigit, Hermawan; Maf’ulah, Afiyah Nurul. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. From http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda.

Tio, Monika Lucky; Khafid, Muhammad. 2016. The Effect of Financial Performance on Corporate Value with CSR Disclosure and GCG Mechanism as Moderating Variables. From http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj.

Uun, Sunarsih; Nurhikmah. 2017. Determinant of The Corporate Social Responsibility Disclousure. From http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/etikonomi. Jurnal Etikonomi Volume 16 (2), Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i4.15068 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.