Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Grabfood Di Jakarta

Aulia Rahma Agusti

Abstract


ABSTRACT

The rapid growth of internet users has led the culinary industry to innovate by adding online food sales services, called online food delivery. Grab is an application that provides online food delivery services, with one of its features, namely GrabFood. DKI Jakarta is an area that has dense activity. GrabFood can make it easier for Jakarta residents to order food, because it is considered easier and less time consuming on the road. The aim of this research is to analyze the influence of consumer motivation, perceptions and attitudes on online food purchasing decisions through the GrabFood application. This research was conducted through descriptive research with a qualitative and quantitative approach. The data used is primary data collected through filling out questionnaires. The data analysis method used is SEM-PLS analysis which is processed using SmartPLS software version 3.0. The research results show that consumer motivation and attitudes directly influence the decision to purchase food online via GrabFood in the community in DKI Jakarta, but consumer perceptions do not directly influence purchasing decisions. Apart from that, consumer motivation indirectly influences purchasing decisions with consumer attitude as an intervening variable, but consumer perception indirectly does not influence purchasing decisions with consumer attitude as an intervening variable.

 

Keywords: motivation; perception; consumer attitudes; purchasing decisions

 

ABSTRAK

Pesatnya pertumbuhan pengguna internet membuat industri di bidang kuliner melakukan inovasi dengan menambahkan layanan penjualan makanan secara online, dengan sebutan online food delivery. Grab merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan online food delivery, dengan salah satu fiturnya yaitu GrabFood. DKI Jakarta merupakan wilayah yang mempunyai aktivitas padat. GrabFood dapat memudahkan masyarakat Jakarta dalam memesan makanan, karena dianggap lebih mudah dan tidak memakan waktu dijalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui aplikasi GrabFood, Penelitian ini dilakukan melalui riset deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan sikap konsumen secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan secara online melalui GrabFood pada Masyarakat di DKI Jakarta, namun persepsi konsumen secara langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu motivasi konsumen secara tidak langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening, namun persepsi konsumen secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening.

 

Kata Kunci: motivasi; persepsi; sikap konsumen; keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Abdillah, W. & Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Ardhyani, I. W., Anshori, M., Yucha, N., Adriansyah, G., & Mauludhani, F. (2023). ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN OJEK ONLINE (GF) (Studi Kasus: Royal Plaza). JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 6(2), 140-146.

Damiati dkk. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: Rajawali Pers.

Ferrinadewi, E., & Rukismono, M. (2021). Pengaruh Psikologis Konsumen terhadap Intensi Pembelian Makanan melalui Sosial Media di Surabaya. e-Jurnal Kewirausahaan, 4(1), 1-1.

Indriany, Y., Hastuti, S., & PV, D. I. 2022. Analisis Citra Merek Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Makanan Online (Studi Kasus Pelanggan Aplikasi Go Food, Grab Food, Shopee Food). Jurnal Lentera Bisnis. Vol. 11 No.2. 2022.

Irawan, S., & Albari, A. (2023). The Effect of Promotions, Discounts and Service Quality In Repurchasing Interest In Grabfood Application. Devotion: Journal of Research and Community Service, 4(2), 515-524.

Kalputri, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 2(2), 92-99.

Karunianingsih, D. A. (2020). Mediatisasi Jasa Layanan Makanan Melalui Aplikasi GoFood dan GrabFood. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2).

Maruto, D. R., Kusuma, A. A. A., & Kerti Yasa, N. N. (2015). Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Pada Perilaku Pembelian Ulang (Doctoral dissertation, Udayana University).

Nadja, R. A., & Halimah, A. S. 2023. Preferensi Konsumen Terhadap Pangan. Penerbit NEM.

Octaviani, F. L., & Cahyadi, E. R. (2022). Persaingan Platform Digital Layanan Pesan-Antar Makanan di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 8(3), 973-973.

Rahadi, D. R. 2013. Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Manajemen dan Binis. Vol. 5, No. 7. 2013.

Ropik, A., Basalamah, M. R., & Ramadhan, T. S. 2023. Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Grabfood (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen. Vol. 12 No.2. 2023.

Sakti, B. J., & Mahfudz, M. 2018. Analisis pengaruh kualitas layanan, ketepatan waktu pengiriman dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan (studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol.7 No.4. 2018.

Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(2).

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk. Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Setyowati, D. 2021. Peta Persaingan GrabFood dan GoFood di Tengah Kehadiran ShopeeFood. Dikutip dari https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/601279c09f33d/peta-persaingan-grabfood-dan-gofood-di-tengah-kehadiran-shopeefood pada 10 Juli 2023 pukul 18.59 WIB.

Teesen, F. I., & Sinabutar, R. (2021). Pengaruh persepsi kualitas dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian mie gacoan, Bali. Jurnal Ekonomis, 14(1a).

Thomas, V. F. 2019. Nielsen: 58% Masyarakat Pesan Makanan Via Aplikasi Pesan-Antar. Dikutip dari https://tirto.id/nielsen-58-masyarakat-pesan-makanan-via-aplikasi-pesan-antar-eil7 pada 10 Juli 2023 pukul 18.59 WIB.

Tompunu, M. M. (2014). Analisis motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap konsumen pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di kfc bahu mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Woen, N. G., & Santoso, S. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship. Vol. 10 No.2. 2021.




DOI: https://doi.org/10.15408/saj.v4i1.38496 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.