Strategi Pengembangan BUMDes Insan Barokah di Desa Ellak Laok

Nur Winda Dewi Agustina, Isdiana Suprapti

Abstract


BUMDes Insan Barokah has several village potentials that are quite likely to be developed into profitable business units. However, the village's potential has not been utilized optimally due to the limited ability of BUMDes administrators and several other problems. The purpose of this study is to determine internal and external factors in BUMDes Insan Barokah, formulate alternative BUMDes Insan Barokah development strategies, and find out the priority development strategies for BUMDes Insan Barokah. The analytical methods used are IFE and EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM analysis. The results showed that there were 12 internal factors and 11 external factors from BUMDes Insan Barokah. Based on the results of the IE matrix, the strategic position of BUMDes Insan Barokah is in quadrant V (defensive strategy). Then there are 10 alternative strategies resulting from the SWOT matrix analysis. Based on the QSPM analysis, the strategy that is the top priority is the WO1 strategy (Improving BUMDes business management and human resource performance to improve village potential management). Therefore, there is a need for awareness and commitment from BUMDes management Insan Barokah to really improve BUMDes management.

Keywords: BUMDes; Strategy management; SWOT; QSPM


Abstrak:

BUMDes Insan Barokah memiliki beberapa potensi desa yang cukup berpeluang untuk dikembangkan menjadi unit usaha yang menguntungkan. Namun, potensi desa tersebut belum dimanfaatkan secara optimal karena keterbatasan kemampuan pengurus BUMDes dan beberapa permasalahan lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada BUMDes Insan Barokah, merumuskan alternatif strategi pengembangan BUMDes Insan Barokah, dan mengetahui prioritas strategi pengembangan BUMDes Insan Barokah. Metode analisis yang digunakan yaitu matriks IFE dan EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 faktor internal dan 11 faktor eksternal dari BUMDes Insan Barokah. Posisi strategi dari BUMDes Insan Barokah berdasarkan hasil matriks IE yaitu berada pada kuadran V (strategi bertahan). Kemudian terdapat 10 alternatif strategi yang dihasilkan dari analisis matriks SWOT. Berdasarkan analisis QSPM, strategi yang menjadi prioritas utama yaitu strategi WO1 (Memperbaiki manajemen usaha dan kinerja sumber daya manusia BUMDes untuk meningkatkan pengelolaan potensi desa). Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dan komitmen dari pengurus BUMDes Insan Barokah untuk benar-benar memperbaiki manajemen BUMDes.

Kata Kunci: BUMDes, Manajemen strategi, SWOT, QSPM




Full Text:

PDF

References


Ajusta, A. A. G., & Addin, S. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen HRD PT Sumber Maniko Utama. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 181–189.

Ana, W., Sophan, T., Nisa, C., & Sanggarwati, D. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online dan Marketplace terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM CN Collection di Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517–522.

Atikah, N., & Moeliono, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 88–99.

BPS. (2022). Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Daerah 2021-2022. Retrieved October 17, 2022, from bps.go.id website: https://www.bps.go.id/indicator/23/192/1/persentase-penduduk-miskin-menurut-provinsi.html

Harini, C., & Yulianeu, Y. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar. Ikraith-Ekonomika, 2(1), 59–66.

Haris, R., & Irawati, I. (2018). Pengelolaan Alokasi Dana Desa untuk Pembangunan Desa di Kecamatan Lenteng. Proceeding Call For Paper, 15–25.

Husna, A. S., & Suprapti, I. (2021). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada UD. Tajul Anwar Jaya Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. AGRISIENCE, 1(3), 660–673.

Iskandar, I., Nehru, N., & Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konser, Prosedur dan Contoh Penerapan. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nkQjEAAAQBAJ

Iyan, I., Mawung, A. S., & Mantikei, B. (2020). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Sumber Mulia di Desa Purwareja Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 1(2), 103–111.

Kresnawati, & Hanila, S. (2019). Strategi Inovasi BUMDes dalam Meningkatkan Potensi dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kabupaten Seluma dengan Metode Criterium Pus-AHP. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 195–209.

Lanamana, W., Djou, L., Pande, Y., & Fowo, K. Y. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Kripik Kremes dan Wingko untuk Meningkatkan Penjualan melalui Merk, Label, dan Kemasan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3589–3601.

Maulana, A., Rifa’i, A., & Widyawati. (2021). Analisis Model Pengembangan BUMDes. Jurnal Analisis Manajemen, 7(2), 234–243.

Parjaman, T., & Enas, E. (2021). Penguatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Lembaga Penggerak Pembangunan Perekonomian Desa. Journal of Management Review, 5(3), 689–698.

Pemerintah, P. (2021). Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa.

Pradani. (2020). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Potensi Lokal sebagai Penggerak Ekonomi Desa. JESK: Jurnal EKonomi Dan Studi Kebijakan, 01(01), 15–23.

Pratiwi, M. B., & Novianty, I. (2020). Strategi Bertahan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) dalam Pandemi COVID-19 pada Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminra, 26–27.

Sulaksana, J., & Nuryanti, I. (2019). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kasus di Bumdes Mitra Sejahtera Desa Cibunut Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 3(2), 348–359. Retrieved from https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.11

Sulasih, S. (2019). Implementasi Matrik EFE, Matrik IFE, Matrik SWOT dan QSPM untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik di Keser Notog Patikraja Banyumas. Jurnal E-Bis, 3(1), 27–40.

Syarifudin, A., & Astuti, S. (2020). Strategi Pengembangan Bumdes dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa dengan Pendekatan Social Entrepreneur di Kabupaten Kebumen. Research Fair Unisri, 4(1), 183–197. https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3400

Trisnawati, N. L. D. E., Trisnadewi, N. K. A., Sanjaya, N. M. W. S., & Kasih, N. L. S. (2022). Memaksimalkan Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 312–319.

Wahed, M., Asmara, K., & Wijaya, R. S. (2020). Pengembangan Ekonomi Desa dengan Instrumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 58–70.

Wulandari, E. A., Sari, M., & Hafidzi, A. H. (2021). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Gunung Mulia dengan Pendekatan Analisis SWOT di Desa Grenden Kecamatan Puger. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 19(2), 141–151.

Yam, J. H. (2020). Manajemen Strategi: Konsep & Implementasi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=DUMQEAAAQBAJ

Yunandar, D., Hariadi, S., & Raya, A. (2020). Sikap dan Pengalaman Petani Milenial dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendukung Keberhasilan Berwirausaha Pertanian. Prosiding Seminar Nasional, 195–202.

Zunaidah, A., Askafi, E., & Daroini, A. (2020). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Otonomi, 20(2), 241–247.




DOI: https://doi.org/10.15408/saj.v3i1.32695 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.