Evaluasi Kepuasan Konsumen Produk Komposter Magobox PT Biomagg Sinergi Internasional

Indira Azzahra

Abstract


Magobox (Maggot in The Box) is a composter product in collaboration with PT. Biomagg Sinergi Internasional and Almagot Indonesia. Magobox is known by the public through social media with the highest number of views of 6 billion. Apart from flipping through social media, PT. Biomagg Sinergi Internasional also markets Magobox through the marketplace. However, in terms of marketplace reviews, consumers have complaints about color, service, and product completeness. An unfavorable rating indicates a consumer satisfaction problem. Therefore, this study aims to evaluate consumer satisfaction Magobox. Collecting data using a questionnaire method with a Likert scale. The criteria for the respondents of this study were individuals who had purchased Magobox and were members of the Good Flies Community WhatsApp Group with a sample size of 100 people. Crosstab analysis is used to determine the relationship between consumer characteristics and customer satisfaction. Consumer analysis is carried out using the Customer Satisfaction Index and IPA (Importance Performance Value) analysis is used to determine the variables that are consumer priorities in improvement. The research results show that there are significant differences in consumer satisfaction with emotional variables at various age levels of Magobox consumers. The level of consumer satisfaction is 84.17; shows that Magobox consumers are very satisfied with Magobox products and PT. Biomagg Synergy International. Attributes that are the top priority for improvement are the automatic migration path and the safety trap feature on Magobox.

Keywords: customer satisfaction; black soldier fly; composter; consumer behaviour

Abstrak

Magobox (Maggot in The Box) merupakan produk komposter kolaborasi PT. Biomagg Sinergi Internasional dan Almagot Indonesia. Magobox dikenal oleh masyarakat melalui sosial media dengan jumlah tayangan terbanyak 6 Milyar. Selain dipromosikan sosial media, PT. Biomagg Sinergi Internasional juga memasarkan Magobox melalui marketplace. Namun, ditinjau dari ulasan marketplace, konsumen memiliki keluhan mengenai warna, pelayanan, dan kelengkapan produk. Penilaian yang kurang baik mengindikasikan adanya masalah kepuasan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk evaluasi kepuasan konsumen Magobox. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. Kriteria responden penelitian ini ialah individu yang pernah membeli Magobox dan tergabung pada Grup WhatsApp Komunitas Lalat Baik dengan ukuran sampel 100 orang. Analisis crosstab digunakan untuk mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan kepuasan konsumen. Analisis kepuasan konsumen dilakukan dengan Customer Satisfaction Index dan analisis IPA (Importance Performance Value) digunakan untuk mengetahui variabel yang menjadi prioritas konsumen dalam perbaikan. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kepuasan konsumen terhadap variabel emosional di berbagai tingkat usia konsumen Magobox. Tingkat kepuasan konsumen memperoleh angka 84,17; menunjukkan bahwa konsumen Magobox sudah sangat puas terhadap produk Magobox dan layanan PT. Biomagg Sinergi Internasional. Atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan ialah jalur migrasi otomatis dan fitur trap pengaman pada Magobox.

Kata kunci: kepuasan konsumen; lalat tentara hitam; komposter; perilaku konsumen


Full Text:

PDF

References


Alqorni, M. W. (2017). Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu di Warung Susu (Warsu) "Mimikers" Kota Malang. Skripsi. Malang: Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

Dwiastuti, R. (2017). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang: UB Press.

Fahmi, M. R. (2018). Magot Pakan Ikan Protein Tinggi & Biomesin Pengolah Sampah Organik. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish.

Kurniawan, R. (2018). Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Traktor Merek Yanmar Tahun 2018 (Studi Kasus: Kabupaten Klaten, Jawa Tengah). Tesis. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Mulyani. (2012). Analisis Sikap dan Kepuasan Petani Terhadap Benih Kedelai (Studi Kasus Desa Sukamaju Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor). SKRIPSI. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Naibaho, S. P. (2014). Analisis Sikap, Kepuasan, dan Loyalitas Petani Terhadap Benih Padi Hibrida di Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Oktadiana, H., & Yuliana. (2010). Hubungan Antara Demografi Konsumen dengan Kepuasan Terhadap Layanan Paket Perawatan Spa di GY Spa Jakarta. Binus Business Review Volume 1 Nomor 2, 561-567.

Putri, L. (2011). Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen Traktor Tangan. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Solomon, M. R., Bamossy, G. J., Askegaard, S., & K, M. (2016). Consumer Behaviour A European Perspective. Harlow: Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.15408/saj.v2i2.29688 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.