Konsep Khalifah dalam Qs. Al-Baqarah/ 2: 30 dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam di Era Society 5.0

Ulfah Salwa Hasibuan, Putri Intan Utami, Shinta Novia, Cucu Surahman, Elan Sumarna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep khalifah dalam Surah Al-Baqarah (2:30) dan implikasinya terhadap pengembangan tujuan pendidikan Islam di era Society 5.0. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-analitis, penelitian ini mengumpulkan data melalui studi pustaka, dengan menelaah tafsir klasik dan kontemporer. Tahapan penelitian meliputi identifikasi tema, analisis ayat-ayat al-Qur'an yang relevan, serta integrasi dengan teori pendidikan. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, dengan fokus pada reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep khalifah menekankan tanggung jawab manusia sebagai wakil Allah di bumi, membentuk tujuan pendidikan Islam yang mengembangkan karakter moral, kompetensi intelektual, dan tanggung jawab sosial. Pendidikan Islam harus mengintegrasikan nilai spiritual dengan kemajuan teknologi untuk mempersiapkan siswa menjadi pemimpin yang bijak dalam mengelola sumber daya dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Keywords


Khalifah; Pendidikan Islam; Tafsir Tarbawi; Society 5.0; Tujuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ad-Dimasyqi, A.-I. I. K. (2000). Tafsir Ibnu Katsir Juz 1.

Adzani, M. R., & Wahyudi, I. (2020). Kritik Terhadap Metode Pembelajaran Teachersentris pada Pendidikan Islam dalam Perspektif Pragmatisme. Filsafat Pendidikan Islam.

Ahmad, K. A., Asni, F., Hasbulah, M. H., Hashom, H., Mustafa, W. A., Noor, A. M., … Nasir, K. (2024). Mobile Learning of Islamic Studies: A Comprehensive Review. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 48(2), 211–224.

Akrim. (2020). ILMU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM.

Al Ayubi, S., & Masruri, M. (2025). Ritual learning method for mystical ijazah at pondok pesantren salafiyah. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 314–321.

Al-Qurthubi, I. (1964). Tafsir al-Qurthubi.

Aristya, S., Soe’oed, R., & Khojir. (2022). Islamisasi Ilmu di Era Society 5.0 (Kajian Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Naquib Al-Attas). Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(1), 187–200. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000). Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur.

Bahri, S. (2022). KONSEP PEMBELAJARAN PAI DI ERA SOCIETY 5.0.

Basir, A. (2013). Ayat-ayat al-Qur’an dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Fajar, A., & Sobari, A. (2022). Analisis Semantik Polisemi Kata Rasyada di dalam Al-Qur’an. Kalimatuna: Journal of Arabic Research, 1(2), 175–190. https://doi.org/10.15408/kjar.v1i2.28335

Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar Jilid 1.

Hasibuan, N. (2014). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ALQURAN.

Hermawati, K. A. (2023). Pendidikan Islam Era Transformasi Sosial Society 5.0: Studi Analisa Terhadap Hadis Nabi. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam of Manufacturing Systems, 61, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2021.10.006

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mubarok, F. (2023a). Implementasi Karakter Khalifah Dalam Al-Qur’an Sebagai Dasar Tujuan Pendidikan Islam. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.63018/jpi.v1i02.13

Mubarok, F. (2023b). IMPLEMENTASI KARAKTER KHALIFAH DALAM AL- QUR’AN SEBAGAI DASAR TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.

Mulia, H. R. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISA PEMIKIRAN IBNU MISKAWAIH. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 39–51.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170

Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022). METODE PENGAJARAN DALAM PERSPEKTIF Al-QURAN (TINJAUAN QS AN-NAHL AYAT 125). Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135–148.

Quttub, S. (t.t.). Tafsir Fi Zilalil Qur’an Surah Al-Baqarah.

Rahardja, M. N. A. (2023). Kepemimpinan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As dalam al-Qur’an. Nizham: Jurnal Studi Keislaman; Vol 11 No 02 (2023): Nizham: Jurnal Studi KeislamanDO - 10.32332/nizham.v11i02.7568 . Diambil dari https://www.e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/7568

Rahardja, M. N. A., Fahrudin, Rambe, A. A., & Dwietama, R. A. (2024). Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu dalam Qs. al-Ẓāriyāt/51: 24-31: Urgensi dan Metode Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11474

Rahardja, M. N. A., Ibrohim, M. M. M., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., & Sumarna, E. (2023). Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam: Kajian Komparatif Hadis Tarbawi antara Masa Rasulullah dan Era Saat Ini. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 12(2), 155–176.

Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus, E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16480

Rasyad, R. (2022). Konsep Khalifah Dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat Al-Baqarah Dan Ayat 26 Surat Shaad). Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 20–31.

Rif’an, A., & Said, A. (2022a). RELEVANSI MAKNA KATA" KHALIFAH" DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TAFSIR TEMATIK. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 89–108. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/piwulang.v5i1.1171

Rif’an, A., & Said, A. (2022b). RELEVANSI MAKNA KATA “KHALIFAH” DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TAFSIR TEMATIK. 5(1), 89–108. Diambil dari http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

Rosidin, M. (2018). Reading Tafsīr Tarbawī (Qurʾānic Educational Interpretation) of Abuddin Nata from the Perspective of Paul Ricoeur’s Hermeneutics. Al-Bayan: Journal of Qur’an and Hadith Studies, 16(1), 1–21.

Shihab, Q. (2005). Tafsir Al-Misbah “Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an” (5 ed., Vol. 12).

Shofan, M. (2019a). Konsep Khalifah Fi Al-Ardh Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 30 Dan Implikasinya Pada Tujuan Pendidikan Islam. TAZKIYAH, 1(1), 139–161.

Shofan, M. (2019b). KONSEP KHALIFAH FI AL-ARDH DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 30 DAN IMPLIKASINYA PADA TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.

Surahman, C. (2019). Tafsir Tarbawi in Indonesia: Efforts to Formulate Qur’an-Based Islamic Education Concept. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 211–226.

Tomi, H. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Integrasi Teknologi Digital dan Metode Aktif Partisipatif pada Sekolah Menengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 144–148.

UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.t.).

Widiani, D. (t.t.). Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Diambil dari http://ejournal.uinib.ac.id/index.php?journal=MRB

Yemmardotillah, M. (2016). Tujuan Pendidikan Menurut Al-Qur’an.

Ad-Dimasyqi, A.-I. I. K. (2000). Tafsir Ibnu Katsir Juz 1.

Adzani, M. R., & Wahyudi, I. (2020). Kritik Terhadap Metode Pembelajaran Teachersentris pada Pendidikan Islam dalam Perspektif Pragmatisme. Filsafat Pendidikan Islam.

Ahmad, K. A., Asni, F., Hasbulah, M. H., Hashom, H., Mustafa, W. A., Noor, A. M., … Nasir, K. (2024). Mobile Learning of Islamic Studies: A Comprehensive Review. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 48(2), 211–224.

Akrim. (2020). ILMU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM.

Al Ayubi, S., & Masruri, M. (2025). Ritual learning method for mystical ijazah at pondok pesantren salafiyah. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 314–321.

Al-Qurthubi, I. (1964). Tafsir al-Qurthubi.

Aristya, S., Soe’oed, R., & Khojir. (2022). Islamisasi Ilmu di Era Society 5.0 (Kajian Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Naquib Al-Attas). Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(1), 187–200. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000). Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur.

Bahri, S. (2022). KONSEP PEMBELAJARAN PAI DI ERA SOCIETY 5.0.

Basir, A. (2013). Ayat-ayat al-Qur’an dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Fajar, A., & Sobari, A. (2022). Analisis Semantik Polisemi Kata Rasyada di dalam Al-Qur’an. Kalimatuna: Journal of Arabic Research, 1(2), 175–190. https://doi.org/10.15408/kjar.v1i2.28335

Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar Jilid 1.

Hasibuan, N. (2014). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ALQURAN.

Hermawati, K. A. (2023). Pendidikan Islam Era Transformasi Sosial Society 5.0: Studi Analisa Terhadap Hadis Nabi. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam of Manufacturing Systems, 61, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2021.10.006

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mubarok, F. (2023a). Implementasi Karakter Khalifah Dalam Al-Qur’an Sebagai Dasar Tujuan Pendidikan Islam. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.63018/jpi.v1i02.13

Mubarok, F. (2023b). IMPLEMENTASI KARAKTER KHALIFAH DALAM AL- QUR’AN SEBAGAI DASAR TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.

Mulia, H. R. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISA PEMIKIRAN IBNU MISKAWAIH. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 39–51.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170

Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022). METODE PENGAJARAN DALAM PERSPEKTIF Al-QURAN (TINJAUAN QS AN-NAHL AYAT 125). Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135–148.

Quttub, S. (t.t.). Tafsir Fi Zilalil Qur’an Surah Al-Baqarah.

Rahardja, M. N. A. (2023). Kepemimpinan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As dalam al-Qur’an. Nizham: Jurnal Studi Keislaman; Vol 11 No 02 (2023): Nizham: Jurnal Studi KeislamanDO - 10.32332/nizham.v11i02.7568 . Diambil dari https://www.e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/7568

Rahardja, M. N. A., Fahrudin, Rambe, A. A., & Dwietama, R. A. (2024). Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu dalam Qs. al-Ẓāriyāt/51: 24-31: Urgensi dan Metode Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11474

Rahardja, M. N. A., Ibrohim, M. M. M., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., & Sumarna, E. (2023). Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam: Kajian Komparatif Hadis Tarbawi antara Masa Rasulullah dan Era Saat Ini. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 12(2), 155–176.

Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus, E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16480

Rasyad, R. (2022). Konsep Khalifah Dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat Al-Baqarah Dan Ayat 26 Surat Shaad). Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 20–31.

Rif’an, A., & Said, A. (2022a). RELEVANSI MAKNA KATA" KHALIFAH" DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TAFSIR TEMATIK. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 89–108. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/piwulang.v5i1.1171

Rif’an, A., & Said, A. (2022b). RELEVANSI MAKNA KATA “KHALIFAH” DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TAFSIR TEMATIK. 5(1), 89–108. Diambil dari http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

Rosidin, M. (2018). Reading Tafsīr Tarbawī (Qurʾānic Educational Interpretation) of Abuddin Nata from the Perspective of Paul Ricoeur’s Hermeneutics. Al-Bayan: Journal of Qur’an and Hadith Studies, 16(1), 1–21.

Shihab, Q. (2005). Tafsir Al-Misbah “Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an” (5 ed., Vol. 12).

Shofan, M. (2019a). Konsep Khalifah Fi Al-Ardh Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 30 Dan Implikasinya Pada Tujuan Pendidikan Islam. TAZKIYAH, 1(1), 139–161.

Shofan, M. (2019b). KONSEP KHALIFAH FI AL-ARDH DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 30 DAN IMPLIKASINYA PADA TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.

Surahman, C. (2019). Tafsir Tarbawi in Indonesia: Efforts to Formulate Qur’an-Based Islamic Education Concept. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 211–226.

Tomi, H. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Integrasi Teknologi Digital dan Metode Aktif Partisipatif pada Sekolah Menengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 144–148.

UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.t.).

Widiani, D. (t.t.). Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Diambil dari http://ejournal.uinib.ac.id/index.php?journal=MRB

Yemmardotillah, M. (2016). Tujuan Pendidikan Menurut Al-Qur’an.




DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.42166 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:


 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060