Konsep Media dalam Q.S. An-Naml Ayat 29-31 dan Implikasinya bagi Pengembangan Media Pembelajaran PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggali konsep medie dalam Q.S. An-Naml ayat 29-31 dari berbagai kitab tafsir disertai dengan implikasinya terhadap pengembangan media pembelajaran PAI. Media merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan. Al-Quran sebagai pedoman hidup dalam hal ini telah mengisyaratkan adanya konsep media pembelajaran dalam isinya. Salah satu ayat yang mengisyaratkan konsep media ialah Q.S. An-Naml ayat 29-31. Penelitian ini mengkaji ayat tersebut dari rujukan lima kitab tafsir sebagai referensi utama dan jurnal serta referensi lainnya sebagai referensi sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat tersebut mengindikasikan bahwasannya media pembelajaran harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: diawali dengan nama Allah, sebaiknya dilengkapi dengan identitas pemateri yang akan menyampaikan, adanya isi materi pelajaran yang mengajarkan kebaikan, menggunakan konten yang indah, tertata rapi, isinya singkat dan jelas, menggunakan bahasa yang lemah lembut, tidak diiringi cercaan atau cacian, menarik perhatian, dan tidak diiringi dengan muatan materi yang melukai orang yang melihatnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abukari, A. (2014). Education of women in Islam: A critical Islamic interpretation of the Quran. Religious Education, 109(1), 4–23. https://doi.org/10.1080/00344087.2014.868203
Algraini, S. (2021). Education for human development: a capability perspective in Saudi public education. Compare, 51(3), 416–432. https://doi.org/10.1080/03057925.2019.1629275
Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27
Al-Maragi, A. M. (1993). Tafsir Al-Maragi: Vol. Juz XIX. PT. Karya Toha Putra Semarang.
Al-Qurthubi, S. I. (2009). Tafsir Al Qurthubi (Vol. 13). Pustaka Azzam.
Ath-Thabari. Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. (2009). Tafsir Ath-Thabari (Vol. 19). Pustaka Azzam.
Bazna, M. S., & Hatab, T. A. (2005). Disability in the qur’an: The islamic alternative to defining, viewing, and relating to disability. Journal of Religion, Disability and Health, 9(1), 5–27. https://doi.org/10.1300/J095v09n01_02
Bleyhesh al-Amri, W. (2007). Qur’an translatability at the phonic level. Perspectives: Studies in Translatology, 15(3), 159–176. https://doi.org/10.1080/13670050802153954
Block, T., Goeminne, G., & Van Poeck, K. (2018). Balancing the urgency and wickedness of sustainability challenges: three maxims for post-normal education. Environmental Education Research, 24(9), 1424–1439. https://doi.org/10.1080/13504622.2018.1509302
Cahyadi, A. ; M. A. R. (2022). Legitimasi Al-Qur’an terhadap Kriteria Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 225–237.
Cahyadi, A., & Maulidi, A. R. (2022). LEGITIMASI AL-QUR’AN TERHADAP KRITERIA MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM THE LEGITIMATION OF THE QUR’AN ON CRITERIA FOR LEARNING MEDIA OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION.
Dasilva, B. E., Ardiyati, T. K., Suparno, Sukardiyono, Eveline, E., Utami, T., & Ferty, Z. N. (2019). Development of Android-based Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) with scaffolding learning approach to improve HOTS of high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 659–681. https://doi.org/10.17478/jegys.610377
Devista, J. R., & Kadafi, T. T. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 153. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531
Dhillon, P. (2011). The Role of Education in Freedom from Poverty as a Human Right. Educational Philosophy and Theory, 43(3), 249–259. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2009.00595.x
Faishol, R., & Mashuri, I. (2022). The Concept of Learning Media in the Perspective of the Qur’an and Al-Hadith. Journal of Islamic Education Research, 3(02). https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.244
Hamka. (1982). Tafsir Al Azhar Juzu’ XVII. Pustaka Panjimas Jakarta.
Hanif, A., Mudinillah, A., & Windi Lailatur Rahmi, P. (2023). Development of the Quizizz Platform as an Interactive Quiz-Based Learning Media for Arabic Language Lessons at Madrasah Ibtidaiyah. In International Journal of Membrane Science and Technology (Vol. 10, Issue 2).
Haryana, M. R. A., Warsono, S., Achjari, D., & Nahartyo, E. (2022). Virtual reality learning media with innovative learning materials to enhance individual learning outcomes based on cognitive load theory. International Journal of Management Education, 20(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100657
Hikmandayani, Ahmad, M., Syarif, S., Budu, Idris, I., & Stang. (2021). Learning media based on augmented reality (AR) increased the skill of physical examination of the integumentary system of pregnant women in midwifery students. Gaceta Sanitaria, 35, S302–S305. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2021.10.040
Ishak, M., Munawwarah, H., & Sari, K. (2023). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 6(2), 36–46. https://doi.org/10.32923/sci.v6i2.3574
Joko, J., Putra, A. A. P., & Isnawan, B. H. (2023). Implementation of IoT-Based Human Machine Interface-Learning Media and Problem-Based Learning to Increase Students’ Abilities, Skills, and Innovative Behaviors of Industry 4.0 and Society 5.0. TEM Journal, 12(1), 200–207. https://doi.org/10.18421/TEM121-26
Kustiawan, M. T., Rasidin, M., Witro, D., Busni, D., & Jalaluddin, M. L. (2023). FRAGMENTATION OF DAKWAH MEDIA: Exploring Exclusive Islam in Indonesia Post-Reform Popular Islamic Novels. Ulumuna, 27(1), 258–290. https://doi.org/10.20414/ujis.v27i1.530
Liliana, R. A., Raharjo, W., Jauhari, I., & Sulisworo, D. (2020). Effects of the online interactive learning media on student’s achievement and interest in physics. Universal Journal of Educational Research, 8(3 B), 59–68. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081507
Mustofa, R. H., Pramudita, D. A., Atmono, D., Priyankara, R., Asmawan, M. C., Rahmattullah, M., Mudrikah, S., & Pamungkas, L. N. S. (2022). Exploring educational students acceptance of using movies as economics learning media: PLS-SEM analysis. International Review of Economics Education, 39. https://doi.org/10.1016/j.iree.2022.100236
Nisa, E. F. (2018). Social media and the birth of an Islamic social movement: ODOJ (One Day One Juz) in contemporary Indonesia. Indonesia and the Malay World, 46(134), 24–43. https://doi.org/10.1080/13639811.2017.1416758
Novaliendry, D., Budayawan, K., Auvi, R., Fajri, B. R., & Huda, Y. (2023). Design of Sign Language Learning Media Based on Virtual Reality. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(16), 111–126. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i16.44671
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, Mokh. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Setiawati, T., & Dwi Agustini, V. (2021). IDENTITAS MAHASISWA UHAMKA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN DARING PENULIS 1). 2(2), 52–57.
Shihab, M. Q. (2016). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 9). PT. Lentera Hati.
Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR).
Tafonao Program Studi Pendidikan Agama Kristen, T., & KADESI Yogyakarta, S. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Usman Ismail, A. (2012). Wawasan Al-Qur’an tentang Media Komunikasi dan Informasi.
Yuniarti, N., Setiawan, A. L., & Hariyanto, D. (2020). The development and comprehensive evaluation of control system training kit as a modular-based learning media. TEM Journal, 9(3), 1234–1242. https://doi.org/10.18421/TEM93-52
DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.42012 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060