PROSES PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI LAJU REAKSI

Siti Nafisah, Burhanudin Milama, Rizqy Nur Sholihat

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat proses belajar-mengajar mengalami transformasi menjadi pembelajaran jarak jauh yang melibakan teknologi. Penggunaan e-modul dalam kondisi saat ini merupakan pemilihan yang tepat, karena E-Modul dapat diakses dimana saja dan kapan saja, sehingga dapat mempermudah peserta didik dalam belajar dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Berbasis STEM Pada Materi Laju Reaksi serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang dibatasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap Define, Design, dan Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket analisis ujung-depan, angket karakteristik siswa, lembar validasi materi dan media oleh ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Validasi materi dan media dilakukan oleh 2 dosen ahli kimia. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Modul valid dan layak diuji coba. Berdasarkan uji coba pada angket respon guru dan siswa yang dilakukan pada 3 sekolah di Jakarta Utara memperoleh presentase respon guru sebesar 93,03%, angket respon siswa pada skala kecil sebesar 84,95%, dan angket respon siswa pada skala besar sebesar 83,61%; ini menunjukkan bahwa e-modul termasuk ke dalam kategori sangat baik dan layak digunakan.


Full Text: PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOCCEMS (Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society)