Fatwa and Sociological Awareness: The Role of Halal Fatwa and Its Influence on Consumer’s Purchasing Decisions of Korean Food Products
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Z. F., & Al-Fatih, S. (2019). Analisis Yuridis Kedudukan Hukum Lembaga Pemberi Fatwa Halal di Beberapa Negara. Wacana Hukum, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.33061/wh.v25i1.3033
Alnamira, A., Karimah, N., Bahari, B., Musyafa, F., & Siregar, P. A. (2024). Kajian Literatur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Konsumen terhadap Produk UMKM Berlabel Halal. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v2i4.793
Audina, N., Nuryakin, & Handayani, S. D. (2022). How Consumer Trust Moderating Effect on Purchase Intention of Halal Food Product? Archives of Business Research, 10(7), Article 7. https://doi.org/10.14738/abr.107.12616
Awass, O. (2014). Fatwa: The Evolution of An Islamic Legal Practice and Its Influence on Muslim Society. https://scholarshare.temple.edu/handle/20.500.12613/2565
Bingham, K. (2024, November 21). A Meaty Issue: Halal Food and Muslims in South Korea - The Yale Review of International Studies. The Yale Review of International Studies. https://yris.yira.org/column/a-meaty-issue-halal-food-and-muslims-in-south-korea/
Cahyati, A. N., & Fikriyah, K. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Korean Food Pada Gen-Z Muslim Jawa Timur. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 7(1), 85–96. https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p85-96
Dong-hwan, K. (2024, Juli 17). Korea bolsters halal food exports to Indonesia—The Korea Times. https://www.koreatimes.co.kr/www/tech/2024/12/129_378785.html
Effendi, Orien. “Relasi Agama dan Negara Dilihat dari Keberadaan Lembaga Perbankan Syariah.” Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah 13, no. 1 (28 Juni 2021): 15–24. https://doi.org/10.20414/mu.v13i1.2698.
Hamzah, M. M. (2017). Peran dan Pengaruh Fatwa Mui dalam Arus Transformasi Sosial Budaya di Indonesia. Millah: Journal of Religious Studies, 127–154. https://doi.org/10.20885/millah.vol17.iss1.art7
Handayani, S. N. (2024, November 16). Ekspor Makanan Korea Halal ke Indonesia Capai US$236 Juta hingga September 2024. swa.co.id. https://swa.co.id/read/453135/ekspor-makanan-korea-halal-ke-indonesia-capai-us236-juta-hingga-september-2024
Indonesia to check grocery shelves as deadline for halal labels nears. (2024, Oktober 16). Reuters. https://www.reuters.com/world/asia-pacific/indonesia-check-grocery-shelves-deadline-halal-labels-nears-2024-10-16/
Kemenag. (2020, Juni 11). Menjadi Muslim, Menjadi Indonesia (Kilas Balik Indonesia Menjadi Bangsa Muslim Terbesar). https://kemenag.go.id. https://kemenag.go.id/opini/menjadi-muslim-menjadi-indonesia-kilas-balik-indonesia-menjadi-bangsa-muslim-terbesar-03w0yt
Marzuki, P. M. (2008). Pengantar Ilmu Hukum. Kencana.
Munawaroh. (2023, November 2). Kedudukan Fatwa MUI dalam Sistem Hukum Indonesia. Hukumonline.com. https://www.hukumonline.com/klinik/a/kedudukan-fatwa-mui-dalam-hukum-indonesia-lt5837dfc66ac2d/?utm_source=chatgpt.com
Mustaqim, D. A. (2023). Sertifikasi Halal Sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen Muslim: Analisis Maqashid Syariah dan Hukum Positif. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.26
Prayogo, T. (2018). Penerapan Asas Kepastian Hukum Dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Hak Uji Materiil dan Dalam Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 06/Pmk/2005 Tentang Pedoman Beracara Dalam Pengujian Undang-Undang. Jurnal Legislasi Indonesia, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.54629/jli.v13i2.151
Putri, E. V., Sibarani, A., Rosyida, S., & Nurhayati, E. (2024). Analisis Perkembangan Profil Jajanan Korea Berdasarkan dari Perkembangan Bahasa Indonesia di Surabaya. 8.
Rafdinal, W., Juniarti, C., & Ardianti, I. (2023, Juni 16). Perkembangan Hallyu di Indonesia: Pemasaran Budaya Korea Selatan Melalui K-Drama dan K-Pop. Dewa Publishing. https://dewapublishing.com/book/perkembangan-hallyu-di-indonesia-pemasaran-budaya-korea-selatan-melalui-k-drama-dan-k-pop/
Sari, E. B., Hulaify, A., & Komarudin, P. (2023). Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Menurut Teori Perilaku Konsumen Islam. 2(1).
Sarifah, F. (2021, Desember 30). Kewajiban Sertifikasi Halal Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Pada Produk Pangan Olah. JDIH Prov. Kalteng. https://jdih.kalteng.go.id/berita/baca/kewajiban-sertifikasi-halal-menurut-undang-undang-nomor-33-tahun-2014-tentang-jaminan-produk-halal-dan-undang-undang-nomor-11-tahun-2020-tentang-cipta-kerja-pada-produk-pangan-olahan-usaha-mi?utm_source=chatgpt.com
Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Halal di Kota Bandung. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://www.researchgate.net/profile/Setiawan-Setiawan-7/publication/338376053_PERILAKU_KONSUMEN_DALAM_MEMBELI_PRODUK_HALAL_DI_KOTA_BANDUNG/links/5e0fe6eea6fdcc2837562cca/PERILAKU-KONSUMEN-DALAM-MEMBELI-PRODUK-HALAL-DI-KOTA-BANDUNG.pdf
Tamara, A., & Suyanto, A. M. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Perubahan Minat Konsumen Dari Makanan Tradisional Menjadi Makanan Korea Di Indonesia. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36555/almana.v3i2.511
Triasih, D., Heryanti, B. R., & Kridasaksana, D. (2017). KAJIAN TENTANG PERLINDUNGAN HUKUMBAGI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN BERSERTIFIKAT HALAL. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i2.571
UU No. 13 Tahun 2022. (2022, Juni 16). https://peraturan.bpk.go.id/Details/212810/uu-no-13-tahun-2022
UU No. 33 Tahun 2014. (2014, Oktober 17). Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014
Whyte, S. (2022). Are Fatwas Dispensable? Examining the Contemporary Relevance and Authority of Fatwas in Australia. Oxford Journal of Law and Religion, 11(2–3), 314–342. https://doi.org/10.1093/ojlr/rwac015
Wijayanta, T. (2014). Asas Kepastian Hukum, Keadilan dan Kemanfaatan Dalam Kaitannya Dengan Putusan Kepailitan Pengadilan Niaga. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2014.14.2.291
Wiyono, S. N., Deliana, Y., Wulandari, E., & Kamarulzaman, N. H. (2022). The Embodiment of Muslim Intention Elements in Buying Halal Food Products: A Literature Review. Sustainability, 14(20), 13163. https://doi.org/10.3390/su142013163
DOI: https://doi.org/10.15408/jii.v14i2.43827 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.