Peran Penting Orang Tua dalam Mendukung Proses Pembelajaran Anak di Tingkat MI/SD

Summayyah Rahmawati, Siti Masyithoh

Abstract


Parents play a very important role in supporting children's learning process at the Madrasah Ibtidaiyah/Primary School (MI/SD) level. However, research on their concrete role in this context is still limited. The aim of this research is to explore more deeply the role of parents in supporting children's learning in MI/SD through analysis of relevant theoretical studies. The research method used involves a thorough literature study of theories that focus on the role of parents in children's education. The research results show that parents influence children's learning processes through emotional support, academic support, and active involvement in educational activities. The impact of an effective parental role includes increasing academic achievement, high learning motivation, and children's emotional and social well-being. The conclusions of this research highlight the importance of active parental involvement in children's education at the MI/SD level to achieve optimal learning outcomes. The practical implication of these findings is the need for further efforts to increase awareness and involvement of parents in their children's education at home and at school.


Keywords


Role of Parents, Child Education, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Adoe, Yelvi Sofia, dan Joko Sembodo. 2021. “Peranan Keluarga Menurut Amsal 22:6 Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1(1):52. doi: 10.33991/miktab.v1i1.277.

Choerul Anwar Badruttamam. 2018. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik.” Jurnal Cendekia 10(02):123–32. doi: 10.37850/cendekia.v10i02.66.

Danial, E., & Wasriah, N. 2009. “Metode penulisan karya ilmiah.”

Darnis Syefriani. 2023. “Parenting Anak Usia Dini.”

Deodora Siten, Anggita. 2023. “Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(12):5704–12.

Djamarah, S. B. 2004. Pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga (sebuah perspektif pendidikan Islam). Rineka Cipta.

Febrianti, Mellania Eka, dan Feri Tirtoni. 2021. “The Role of Parents in Shaping the Disciplined Character of Home Learning in Online Learning During the COVID-19 Pandemic.” Academia Open 4:1–10. doi: 10.21070/acopen.4.2021.2442.

Hero, Hermus, dan Maria Ermalinda Sni. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1(2):129–39. doi: 10.26618/jrpd.v1i2.1568.

Hyoscyamina, Darosy Endah. 2020. “Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 19(2):197–202. doi: 10.47467/mk.v19i2.431.

Irma, Cintya Nurika, Khairun Nisa, dan Siti Khusniyati Sururiyah. 2019. “Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):214. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.152.

Istadi, I. 2007. Istimewakan setiap anak. Pustaka Inti.

Jatiningsih, Oksiana, Siti Maizul Habibah, Rahmanu Wijaya, dan Maya Mustika Kartika Sari. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Pada Masa Belajar Dari Rumah.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10(1):147. doi: 10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943.

Kemendikbud. 2016. “Mendampingi Anak Belajar di Rumah.” Jurnal 209g67njh8.

Lestari, Anita Dewi. 2017. “Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Anak di SMP Negeri 2 Pracimantoro.” Kebijakan Pendidikan VI:174.

Lestari, Mira. 2019. “Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak ARTICLE INFO ABSTRACT.” Jurnal Pendidikan Anak 8(1):84–90.

Lilawati, Agustin. 2020. “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):549. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.630.

Miranti, Ira, Nina Dwiastuty, dan Nurjanah. 2017. “Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(2):119–24.

Muthmainah. 2019. “Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak.” 1–3.

Nisfah, Nia Lailin, Dian Rismayanti, dan Nurul Fatihatin Ilmi. 2023. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak.” Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):41–48. doi: 10.35878/tintaemas.v2i1.770.

Padmadewi, Ni Nyoman, Luh Putu Artini, Putu Kerti Nitiasih, dan I. Wayan Suandana. 2018. “Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 07(1):64–76.

Rahayu, Dania Riski, Yulianti Yulianti, Ade Elsa Fadillah, Ermida Lestari, Faradila Faradila, dan Dewi Fitriana. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4(2):887–92. doi: 10.56667/dejournal.v4i2.1189.

Rantauwati, Henny Sri. 2020. “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah WUNY 2(1):116–30. doi: 10.21831/jwuny.v2i1.30951.

Sari, Anggrita, Dwi Sogi Sri Redjeki, dan Rizky Puteri Anggarani. 2015. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Banjarmasin.” Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan 6(1):104–12.

Sari, Lisa Permata, dan Siti Quratul Ain. 2023. “Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 7(1):75–81. doi: 10.23887/jipp.v7i1.59341.

Sudaryanti, Sudaryanti. 2017. “Mendidik Anak Menjadi Manusia Yang Berkarakter.” Jurnal Pendidikan Anak 3(2):506–17. doi: 10.21831/jpa.v3i2.11706.

Sukiman. 2016a. “Buku Saku Mendidik Anak Di Era Digital.”

Sukiman. 2016b. “Mendampingi Anak Belajar di Rumah.” Jurnal 209g67njh8.

Sumarsono, Raden Bambang. 2019. “Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 24(2):63. doi: 10.17977/um048v24i2p63-74.

Waston, Waston, dan Miftahudin Rois. 2017. “Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat).” Profetika: Jurnal Studi Islam 18(1):27–35. doi: 10.23917/profetika.v18i1.6298.

Yuni Setia Ningsih. 2022. “Dominasi Ayah Atau Ibu? Analisis Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga.” FITRAH: International Islamic Education Journal 4(1):77–98. doi: 10.22373/fitrah.v4i1.1989.

Zahrok, Siti, dan Ni Wayan Suarmini. 2018. “Peran Perempuan Dalam Keluarga.” IPTEK Journal of Proceedings Series 0(5):61. doi: 10.12962/j23546026.y2018i5.4422.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1.38781 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

 Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch