Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Tematik: Analisis dan Penerapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Limo 02. Penelitian ini dilakukan di kelas II A Semester ganjil tahun 2022 yang bertempat di SD Negeri Limo 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas II A Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Limo 02 sudah termasuk kategori baik. Hasil pengamatan menunjukkan siswa kelas II A sudah baik dalam menyampaikan secara lisan mengenai cerita pengalaman. Keterampilan berbicara mencakup aspek pelafalan yang memperoleh siswa menggunakan kata tepat, aspek ketepatan pengucapan siswa dalam berbicara sehingga dapat memudahkan pendengar, aspek intonasi siswa berbicara dengan lantang dan sikap gerak tubuh siswa sudah mampu menyesuaikan yang diceritakan. Terdapat faktor penyebab kesulitan siswa dalam keterampilan berbicara. Faktor tersebut terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal kurangnya apresiasi siswa serta guru dan faktor internal diantaranya: 1) siswa sulit mengucapkan kata-kata baku, 2) tidak percaya diri seperti takut salah, ragu-ragu dan mengulang perkataan saat ketika berbicara. Dengan demikian, dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik sangat penting
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik
Full Text:
PDFReferences
Anggito, Albi. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Astiningtyas, Anna dkk. (2019). Upaya Peningkatkan keterampilan berbicara melalui PS-MTTW dalam pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. Vol.3 No.1 April.
Maulani, Yulia (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator. Vol.9 No.2 Edisi Desember.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Padmawati, Kadek Dwi, dkk. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal For Lesson And Learning Studies. Vol. 2 No.2.
Pangestuti, Laras.(2016). Peran Media Cerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Melalui Kegiatan Show And Tell. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 5. Edisi 1 Juni.
Sodik, Muhammad Ali dan Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Simbolon, Marlina Eliyanti. (2019).Tuturan dalam pembelajaran berbicara dengan metode reciprocal teaching. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Trianto. (2019). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Wandarsih, Suti. (2019). Peningkatan Keterampilan Bicara Anak Kelompok B Melalui Metode Bercerita Di TK Pertiwi Jarum Bayat Semester Gasal, Jurnal Konvergensi, Edisi 27 Vol.VI Januari. Surakarta: Cv.Akademika bekerja sama dengan Litbang Pendidikan STIE AUB Surakarta.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35146 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: