Studi Literatur: Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Perilaku Bullying

Siti Masyithoh

Abstract


Bullying adalah bentuk kekerasan yang dilakukan oleh seseorang yang lebih rendah atau rentan untuk mendapatkan keuntungan. Bullying tidak hanya datang dari orang dewasa, bullying juga marak terjadi di sekolah dasar. Karakter merupakan salah satu jawaban mutlak untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia dan lingkungan. Bullying sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional. Anak dengan kecerdasan emosional yang baik akan menghindari perilaku bullying dan sebaliknya, anak yang menjadi pelaku dan korban bullying biasanya memiliki kecerdasan emosional yang buruk. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan perilaku bullying serta menganalisis secara teoritis hubungan keduanya dengan menggunakan metode analisis deskriptif teoritis.


Keywords


Kecersadan Emosional, Bullying, Anak

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nurdiana., Muslimin, AA. & Sida, Syarifuddin. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117.

Aununrrahman (2012). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2011). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman, Daniel. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships, New York: Bantam Dell.

Goleman, Daniel. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationship, New York: Bantam Books.

Hagenhan, B.R and Oslon, Matthew J. (1997). An Introduction to Theories of Learning, New Jersey: Prentice-Hill, Inc.

Hughes, Marcia, and Thompson, Henry L. (2006). Emotional and Social Intelligence, San Fransisco: Preiffer.

Jensen, Eric(2006). Enriching The Brain: how to maximize every learner's potential. San Fransisco: Jossey Bass, 2006.

Le Doux, Joseph. (1994). Emotion: “Memory and Brain, Scientiefic American.

LeDoux, Joseph E. (1995). “Emotion: Clues from the Brain”, Annual Review of Psychology, 46.

LeDoux, Joseph. (1996). The Emotional Brain, New York: Simon & Schuster.

Masyithoh, Siti. (2017). Pengaruh Pola asuh dan Kecerdasan Emosional Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Muliani, N., Ginanjar, A. P., & . Y. (2020). Bullying Meningkatkan Kecemasan Siswa Smk Muhammadiyah 1 Padang Ratu Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 83–87.

Nirmalasari, N., Hasmiati, H., & Nurjannah, N. (2021). Fenomena Bullying Pada Teman Sebaya Di Sdn No 123 Tanassang. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 153.

Nugraha, AB., Dharmayana, IW., & Sinthia, Rita. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Bullying. Consilia: Jurnal Ilmiah BK. 2(1), 66-74.

Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2022). Waspada Tindakan Bullying dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. JPM-UNITA, 1(1).

Patricia Patton. (2000). EQ (Emotional Intelligence): Development From Success to Significance, terjemahan Hermes, Mitra Media.

Pesoa, Luiz. (2013). The cognitive-emotional brain : from interactions to integration, Cambridge: MIT Press.

Saferius Bu’ulolo, Sri Florina L. Zagoto, B. L. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah. Bullying di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), h.1-12.

Salovey, Peter & Sulyster, D.J. (1997). Emotional Develompment and Emotional Inteligence, New York: Basic Books.

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(02), 122–133.

Santrock, John W. (2007). Child Development, Jilid 1 Edisi ke-11, Terjemahan Mila Rahmawati. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. (2011). Educational Psychology, Boston: Mc. Graw Hill.

Sting, Nataliinn.(2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja di Salatiga. Psikologia : Jurnal Psikologi, 4(1), 1-15.

Strangman,K.T. (1996). The Psychology of Emotion. New York : Chichester, John Wiley & Sons.

Suryani, LA., Sulisnadewi, NLK., & Atriani, LPN. (2018). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi dan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Community of Publishing in Nursing (COPING), 6(1), 35-40.

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Murid dan Remaja, Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.33781 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

 Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch