Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kecepatan dan Debit di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal cerita kecepatan dan debit kelas V UPTD SDN Mekarjaya 14 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada peserta didik serta deskripsi evaluasi model CIPP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik masuk kedalam kategori yang cukup baik karena tidak ada peserta didik yang masuk kedalam kategori sangat memiliki kemampuan literasi numerasi, namun pada kategori memiliki kemampuan literasi numerasi yaitu 35%. Adapun kategori peserta didik yang cukup memiliki kemampuan literasi numerasi sebesar 30% dan 25% peserta didik pada kategori kurang memiliki kemampuan literasi numerasi, sedangkan yang tidak memiliki kemampuan literasi numerasi sebanyak 10%. Dengan hasil observasi menggunakan evaluasi model CIPP pada aktivitas pembelajaran sudah efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, B. S. (2016). Analisis persepsi siswa smp terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari perbedaan gender dan disposisi berpikir kreatif matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153–166.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi , Measurement, Assessment, Evaluation. Islamadina, XIV, 1–28.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654.
Hasan, H. (2009). Evaluasi kurikulum, cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Rajawali Pers, 27.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.
Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Alfabeta.
Sukardi. (2008). Evaluasi pendidikan prinsip dan operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.33672 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: