Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV

Dewi Sinta Rahmawati, Nafia Wafiqni

Abstract


This study aims to determine the increase in learning outcomes of mathematics, the subject of estimation and rounding in IV grade students of SDN  in the 2021/2022 academic year. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles and four stages. The data collection technique used was observation while students were participating in the learning process and using tests in the form of questions carried out at the end of the cycle as well as documentation during learning activities.The results of this study indicate that there is an increase in students' mathematics learning outcomes using the Project Based Learning (PjBL) learning model in each cycle. In the first cycle, student learning outcomes reached 53% of 32 students and only 17 students completed. Furthermore, in cycle II there was an increase with learning outcomes reaching 91% completeness and only 3 students who did not complete. The conclusion of this study is that efforts to use the Project Based Learning model can improve mathematics learning outcomes for IV grade students at SDN .


Keywords


Hasil Belajar; Aktivitas; Model Pembelajaran Berbasis Proyek.

Full Text:

PDF

References


A. Octavia Shilphy. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2020.

Abdurrahman Mulyono. Anak Kesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2021.

Amral dan Asmar. Hakiktat Belajar & Pembelajaran. Bogor: Guepedia. 2020.

Aqib Zainal. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya. 2013.

Arikunto Suharsimi, dkk., PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015.

Arikuto Suharsimi & Safrudin, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2009.

Dapartemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an.

Darma Budi. STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS. Bogor: Guepedia. 2020.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Endra B. S Febri. Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). (Sidoarjao: Zifatama Jawara. 2017.

Hamalik Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.

Hamalik Oemar. Proses Belajar Mengarjar. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Handayani Putri. Cara Asyik Belajar Bangun Datar di SDB. Bogor: Guepedia. 2021.

Hanifah Nurdinah. Memami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: Upi PRESS. 2014.

Hidayat Ahmad. MENULIS NARASI KREATIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MUSIK INSTRIMENTAL TEORI DAN PRAKTIK DI SEKOLAH DASAR. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2021.

Ibnu Badar Al-Tabany Trianto. Mendesain Model Pembelajaran inovatif, Progresif dan Konstkstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik intregratif). Jakarta: Kencana. 2014.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD kelas 1 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamian Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.

Komalasar Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama. 2011.

Martini. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Penamas Murni. 2009.

Mulyadi. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. UIN-Maliki Press. 2010.

Nyihana Ermaniatu. METODE PjBL Project Based Learning) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKATIF BAGI SISWA. Indramayu: CV. Adanu Abimata. 2021.

Ponidi, dkk. MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN EFEKTIF. Indramayu: CV. Adnanu Abimata. 2020.

Rahman Taufiqur. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara. 2018.

Rusman. BELAJAR DAN PEMBERLAJARAN BERORIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA, 2017.

Saputra Nanda, dkk. PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Aceh: Yayasan Penertbit Zaini. 2021.

Sariani Novita. BELAJAR & PEMBELAJARAN. Tasikmalaya: Edu Publisher. 2021.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2010.

Solekhah Iis, dkk. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol. 6 No. 2. 2018.

Sudaryono. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Sudjana Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2004. Arifin Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2011.

Suprijono Agus. Cooperative Learning Teori & Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Susanto Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.

Yani Ahmad. Model Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan Jasmani. Malang: Ahlimedia Press. 2020.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.28104 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch