Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam IPS Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Fitria, dkk. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar Mengacu Kurikulum 2013. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press. 2016
Amirudin, A. dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 20. No.1. Januari 2015.
Arifin, Z., & Retnawati, H. Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Other Thinking Skill in Your Classroom. Virginia: ASCD. 2017
Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. 2006
Departemen Agama RI, Mushaf Al Qur’an Tajwid warna At-Tariq. Bandung: CV. Al- Fatih Berkah Cipta. 2013
Departemen Agama RI. Tafsir Kementrian Agama RI: Surah Ghafir ayat 54. 2017
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. Critical Thinking Framework for any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 2006
Facione, P. A. 2013. Critical thinking: What it is and why it counts. In Insight Assessment. Measured Reasons and The California Academic Press.
Herianingtyas, N.LR. 2022. Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD melalui Pengembangan E- Modul dengan Instrumen Asesmen berbasis Higher Order Thingking Skills, Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 2022, 15-26. 10.15408/elementar.v2i1.28 353.
Husnidar, H., Ikhsan, M., & Rizal, S. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). 2014
Juma de Putra. Inspirasi mengajar ala Harvard University, Yogyakarta: DIVA Press. 2013
Kertayasa, I. K. Pengembangan soal model PISA berbasis online. Indonesia PISA Center. 2012.
Luthvitasari, N., Putra, N.M.D.,dan Linuwih, S. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Keterampilan Berpikir dan Kemahiran Generik Sains. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, Vol 2, No 1, Hal: 159-164. 2013.
Manggala, I. S. A. Peningkatan literasi matematis dan self-esteem siswa SMP melalui pembelajaran concrete-representational-abstract (CRA): (Studi kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Cimahi) [Universitas Pendidikan Indonesia]. 2015
Organisation for Economic Co-operation and Development. PISA 2018 results (Volume I). OECD. 2019
Pratiwi, I. Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia.Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. 2019.
Salam, Rudi. Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. Program Studi Pendidikan IPS. Harmony. Vol. 2 No. 1. 2017
Sani, RA. Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart. 2019
Suparman, Ujang. Bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) siswa, Bandar Lampung: Pustaka Media. 2021
Suprayitno, T. Pendidikan di Indonesia: Belajar dari hasil PISA 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019.
Tamara, Tania. Pengaruh Penerapan Metode Think-Pair-Share And Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. 2017.
Wardana, N. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ketahanmalangan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pemahaman Konsep Fisika, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 6, No 2, Hal:1625-1635. 2010
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.27317 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: