Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditori, dan Kinestetik) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Pekayon 10
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemandirian belajar siswa kelas tinggi SDN Pekayon 10 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekayon 10 pagi dengan melibatkan kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI) dengan sampel sebanyak 112 siswa dari 191 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan instrumen berupa kuesioner atau angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang bernilai (Sig 0,000 < 0,05) dan untuk nilai F hitung > F tabel (6,746 > 2,69). (2) Nilai koefesien determinasi pengaruh variabel gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemandirian belajar sebesar 15,8%, sedangkan sisanya sebesar dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Gaya belajar visual secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, diketahui dari nilai (Sig 0,046 < 0,05) dan nilai T hitung > T tabel (2,015 > 1,982). (4) Gaya belajar auditori secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, dapat diketahui dari nilai (Sig 0,008 < 0,05) dan nilai T hitung > T tabel (2,695 > 1,982). (5) Gaya belajar kinestetik secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, dapat diketahui dari nilai (Sig 0,001 < 0,05) dan nilai hitung > T tabel (3,428 > 1,982).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agmila, Happy Ayu. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MIN Jati Pandansari Ngunut Tulungagung dalam Belajar Matematika”. Skripsi. 2015.
Ariska, Elsa. “Pengaruh Kemandirian Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang”. Skripsi. 2016.
Aziz, Azhar. "Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu", Jurnal Psychomutiara, Vol. 1 No. 1, 2017.
Basuki, Agus Tri. Penggunaan SPSS dalam Statistik. Sleman : Danisa Media. 2015.
Brown, Douglas. Fifth Edition Principle of Language Learning and Teacing. New York : Pearson Education, Inc., 2007.
Desmita. Psikologi perkembangan Siswa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.
Gilakjani, Abbas Pourhossein. “Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching”. Journal of Studies in Education, Vol. 2, 2012.
Ghufron, M. Nur. “ Kepuasan Pembelajaran Secara Online : Apakah Gaya Belajar Mempunyai Pengeruh ?”. Jurnal of empirical research in Islamic education, Vol. 8, No. 1, 2020.
Ibrahim, Andi, dkk. Metodelogi Penelitian. Makassar : Gunadarma Ilmu. 2018.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Maryono, Budiono, dan Okha. “Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar”. Jurnal Gental Pendidikan Dasar. Vol. 3, NO.1, 2018.
Permana, Hamri, Ardi, dkk, "Hubungan Multiple Intelligence dengan Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 3 Padang", Jurnal Biosains Vol. 1, No.2, 2017.
Porter, Bobby dan Mike Hernacki, Quantum Learning : Membiasakan Belajar dengan Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : PT Mizan Pustaka, 2007.
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta : Grasindo, 2009.
Priyatna, Andri. Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta : PT Elex Media, 2013.
Rorimpandey, Widdy. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang : Ahlimedia Press. 2020.
Sonawat, Reeta “Integrating Learning Styles in Classroom”. Journal of Early Childhood development. Vol. IV, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta, 2015.
Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, 2007.
Syafaruddin. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan : Perdana Publishing, 2012.
Tahar dan Enceng, “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh”, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 7, No. 2, 2006.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Valentin dan Hadi, "Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018", Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 12 No. 1, 2018.
Widayah, Shofia Nur. “Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus Dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati”. Skripsi. 2016.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.25858 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: