Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 Melalui Brain Writing dengan Media Audio Visual
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran brain writing dengan media audio visual dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V, (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDN Cililitan 02. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian siklus I adalah 83% untuk guru dan 82,5% untuk siswa. Pada siklus II hasil observasi guru sebesar 87,5% dan observasi siswa mencapai 86,5%. Pada siklus III guru mencapai 92,5% dan siswa mencapai 90%. Dilihat dari kemampuan menulis puisi siswa diketahui bahwa pada siklus I terdapat 18 siswa yang telah menyelesaikan KKM yang ditentukan sebesar 72%. Pada siklus II ketuntasan mencapai hasil 84% atau 21 orang, dan pada siklus III mencapai 100% siswa yang mencapai KKM ≥75.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia Brokop, Flo and Bill Persall. 2009. Writing Strategies for Learners who are Deaf. Edmonton: NorQuest College
Gagne, R.M. (1975). Essensial of Learning for Instruction. New York: Expanded Edition, Holt, Rinehart and Winston.
Jabrohim. (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha.
Juliantara, Ketut. (2010). Aktifitas Belajar. http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/11/aktivitas-belajar/ diakses tanggal 04 Februari 2018 jam 12:10 WIB.
Michalko, Michael. Cracking Creativity. Diterjemahkan oleh Dwi Prabantini, (2010). Yogjakarta:Andi.
Michalko, M. (2004). Permainan Berpikir (Thinkertyos): Handbook Para Pembisnis Kreatif. Bandung: Kaifa.
Paulus and Nijstad. (2003). Group Creativity. New York: Oxford University Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2007). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Semi, Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Bandung.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
Tarigan, H.G. (1991). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung:Angkasa.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Sriwijaya.
Waluyo, H.J. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Waluyo, J. Herman. 2003. Apresiasi Puisi Panduan Untuk Pelajar dan Mahapeserta Didik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wilson, Chauncey. Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.. 2013), 48.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20888 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: