Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research)
Abstract
This study aims to analyze students' critical thinking skills carried out at SD Kedoya Utara 04 in the second semester of the 2019/2020 school year. The research method used was Single Subject Research with A-B-A design. The subjects of this study were 3 grade V students not fast enough to understand in learning. The instrument used in the study was the description test. The results of this study indicate that in the intervention conditions all subjects have the ability to think critically. Critical thinking skills of subjects 1 and 3 at baseline-2 (A2) conditions are higher than baseline-1 (A1) conditions, have the same critical thinking skills. While the critical thinking ability of subject 2 in the baseline-1 (A1) conditions is slightly lower than subjects 1 and 2. In general, the conclusion of this study is that the provision of the SETS learning model consists of preliminary stages, concept formation, Concept application, conceptualization and assessment can improve students' critical thinking skills in identifying indicators, interpretation, analysis, inference, and explanation.
Keywords: Single Subject Research, Not Fast Enough to Understand in Learning, Critical Thinking Ability, Model SETS Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama
Hisbullah dan Nuhayati Selvi, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, (Makasar: Aksara Timur, 2018)
Surjana, Atep dan Asep Kurnia Jayadinata, Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar, (Sumedang: UPI Press 2018)
J.I.G.M. Drost, Sekolah: Mengajar Atau Mendidik?, (Yogyakarta: Penerbit Kanisus, 1998)
Andree Wijaya dan Suhaji, “Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan” Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, 2014
Eva Latipah, Psikologi Dasar Bagi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014)
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003)
Wowo Sunaryo Kuswana, Taksonomi Berpikr, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Alec Fisher, Berpikir Kritis Sebuah Pengantar, (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2008)
Paul Eggen dan Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran, (Jakarta: PT Indeks, 2012)
Deti Ahmatika, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery”,Jurnal Euclid, Vol. 3, No. 1, p. 394
Reza Rachmadtullah, “Kemapuan Berpikir Kritis dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Universitas Terbuka Jakarta, 2018
Suci Utami Putri, Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini, (Sumedang: UPI Sumedang Press, 2019)
Susilowati, Sajidan dan Murni Ramli “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan” Jurnal Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017
Rusman, Materi-8 Pendekatan dan Model Pembelajaran, (Jakarta: Draft, 2018)
Muhamad Afandi, Evi Chamalah dan Oktarina Puspita Wardani, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang: Unissula Press, 2013)
Tim Dosen, Maulana dkk, Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Edisi ke-2), (Sumedang: UPI Sumedang Press, 2015)
Achmad Fatchan, Hadi Soekamto dan Yuniarti “Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertukis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Geografi Siswa SMA”Jurnal Dosen Geo-FIS, Universitas Negeri Malang
Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati, “Metodologi Pembelajaran IPA” (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)
Sumantoro, Sarwyanto, Sri Hartono dan Suwanto. “Silabus Sains Pengetahuan Sosial Matematika Bahasa Indonesia untuk Kelas 3 Sekolah Dasar” (Yogyakarta: Kanisius, 2007)
Rini Budiarti, Jumandi, Insih Wilujeng dan Senam “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis SETS Terhadap Cross Disclipinary Knowledge Peserta Didik” Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogayakarta.
Meji Aprianingsih dan Sumadi “Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Tekanan” Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Anna Poedjiadi, Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Konstektual Bermuatan Nilai, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)
Euis Yuniastuti “Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Baikpapan Tahun Pelajaran 2015/2016” Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tridharma Balikpapan
Atikah, Athol Fu’adi, Lina Listana, Muh. Safei, Sriana Indrawati, Suhirman dan Tatik Indayanti, Ilmu Pengetahuan Alam 2 Edisi Pertama, (Surabaya: Amanah Pustaka Lapis PGMI 2009)
Gusti Ayu Tri Agustina & I Nyoman Tika, Konsep Dasar IPA, (Yogyakarta: Penerbit Ombak 2013)
Juang Sunanto, Koji Takeuchi, dan Hideo Nakata, Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal, (Tokyo: CRICED University of Tsukuba, 2005)
Suryani dan Hendryadi, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam Edisi Pertama, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Mely Yunita, Sukasno, dan Nur Fitriyana “Penerapan Model Probing-Prompting Mengukur Kemampuan Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri O Mangunharjo Tahun Pelajaran 2016/2017" Jurnal STKIP-PGRI Lubuklinggau.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: