PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROYEK PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA

Baiq Hana Susanti

Abstract


DEVELOPMENT WEB BASED TEACHING MATERIALS ON VERTEBRATE CONCEPT       

 

Abstract

The study aimed to determine the profile of online media used in project web-based teaching materials in the Vertebrate Zoology course. This research was conducted on Biology Education program in the odd semester of academic year 2015/2016. The subject of this research is the students of Biology education program which in the odd semester take the Vertebrata Zoology courses totaling 25 people. The method used in the research is development with research design which consists of preliminary, development, and evaluation stage. Instrument in this research is in the form of evaluation material sheet by evaluator. The results showed that the average value given by the evaluator was 83, which entered into good category. Teaching materials developed by students vary widely. The teaching materials consist of wordpress (28%), wix (24%), webnode (16%), prezi (16%), other web and UIN Website respectively by 8%. This shows that students have been able to develop web-based teaching materials by utilizing the development of ICT.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai penggunaan media online dalam proyek pembuatan  bahan ajar berbasis web pada matakuliah Zoology Vertebrata. Penelitian ini dilakukan pada program studi Pendidikan Biologi pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.  Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa program studi pendidikan Biologi yang pada semester ganjil  mengambil mata kuliah Zoologi Vertebrata berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam  penelitian adalah metode pengembangan dengan design penelitian terdiri dari tahap pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar penilaian bahan ajar oleh evaluator. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diberikan oleh evaluator mendapatkan nilai 83 yang masuk kedalam kategori baik. Bahan ajar yang dikembangkan oleh mahasiswa sangat bervariasi. Bahan ajar tersebut terdiri dari wordpress (28%), wix (24%), webnode (16%), prezi (16%), web lainnya dan Website UIN  masing masing sebesar 8%. Hal ini menunjukkan mahasiswa sudah mampu mengembangkan bahan ajar berbasis web dengan memanfaatkan perkembangan TIK.

 


Keywords


teaching material; bahan ajar; bahan ajar web; zoology; vertebrata; pengembangan;web teaching materials; zoology; vertebrates; development

Full Text:

PDF

References


Abrianto, D & Sitompul, H (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 1(1), h. 50-62.

Adriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 12(1), h. 127.150.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA, Jurnal Kredo, 1 (2), h. 71-90.

Borg, W.R & Gall M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman Inc.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), h. 31-43.

Chaeruman. A. U. (2009). Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar. Pusat Teknologi Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.

Destiana, B. (2014). Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (3), h. 285-299.

Firdaus, A., Samhati, S., & Suyanto, E. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Kata 1 (1), h. 24-32.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), h. 184-192.

Jardiknas, (2007). (online). Tersedia http//. www. Jardiknas.org. (9 Februari 2012).

Kantun, S dan Budiati, Y.S.R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang digunakan oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), h. 129-146.

Pannen, P. (2005). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Presentasi pada Seminar Sun Commitment in Education and Research Industry. Jakarta.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik.. Yogyakarta: Diva PRESS.

Pustekom, (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta

Susilowati, P., Wisanti., & Indah, N. K. (2014) Profil Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Melatih Kemandirian Belajar pada Materi Virus. eJournal Bioedu UNNESA, 2(1), h. 105-111.

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (2015). Rencana Strategis 2015 - 2016. UIN Jakarta (online) tersedia http//www.uinjkt.ac .id (5 Februari 2016).

Wahid, F. (2005). Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa. Disampaikan dalam Simposium Nasional Peduli Pendidikan yang Diselenggarakan oleh pendidikan @yahoogroups.com di UII Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7728 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats