PENGEMBANGAN AUGMENTED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TARI LAHBAKO UNTUK LITERASI SAINS DAN MINAT PADA KONSEP GERAK MELINGKAR

Safina Aulia Sani, Rike Dwi Wulandari, Zhahrotun Nurroniah, Nilam Cahya Kusumaningtyas, Sakti Kalisa Sefanda, Lailatul Nuraini

Abstract


Pembelajaran berbasis etnosains berbantuan media visual augmented reality dalam pembelajaran menerapkan budaya lokal supaya literasi sains dan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran fisika dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji validitas dan efektivitas media visual berbasis etnosains Tari Lahbako augmented reality dalam pembelajaran Fisika, serta mengkaji literasi sains dan minat belajar fisika siswa. Penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil pengimplementasian media pembelajaran fisika Jember Traditional Dance Augmented Reality di beberapa sekolah menunjukkan hasil valid yang telah diuji validitasnya oleh tiga validator ahli. Berdasarkan rata-rata N-gain sebesar 0,73 terbukti bahwa literasi sains tergolong dalam kategori tinggi. Adapun, hasil minat belajar siswa sebesar 82,15 dengan kategori sangat tinggi menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media berbasis Augmented Reality, sehingga media ini layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Keywords


Augmented Reality; potensi lokal Jember;projek visual sains, Literasi sains, Gerak melingkar

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D. (2017). Etnosains dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Ilmiah Siswa. Jurnal Imliah, 1(1), 7–11.

Alatas, F., Norhasanah, Al Farizi, T., & Hertanti, E. (2023). Ethnoscience-based physics of Indonesian Betawi culture. AIP Conference Proceedings, 2595(April). https://doi.org/10.1063/5.0123875

Arsyad. (2015). Media Pembelajaran (18th ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Relity pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90–101.

Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Prosiding SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 477–482. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5387

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach (722nd ed.). Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.

Elisa, E., Prabandi, A. M., Istigfarini, E. T., Alivia, H., H. Inayah, L. W., & Nuraini, L. (2022). Analisis konsep-konsep fisika berbasis kearifan lokal pada jajanan tradisional dawet dan klepon. Junal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(November), 194–199.

Fatmawati, I., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2019). Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Setrada ( Seni Tari Dan Drama ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. Jurnal FKIP, 5, 1–6.

Gunawan, Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2), 168–179.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Handayani, R. D. (2021). Etnosains-Fisika (Triyanto (ed.); Pertama). UNS Press.

Kanda Ruskandi, Erik Yuda Pratama, D. J. N. A. (2021). Transformasi_Arah_Tujuan_Pendidikan_di_E (T. N. Fajriati (ed.); 1st ed.). Caraka Katulistiwa.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731

Kristanto, P. (2020). Fisika Dasar - Teori, Soal, dan Penyelesaian (R. I. Utami (ed.); 1st ed.). ANDI.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Mukharomah, F., Wiyanto, & Putra, N. M. D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa Sma Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Teaching and Learning Physics 6, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.10391

Munandar, R., Ristanti, C. I., Nurhidayati, Busyairi, A., & Rokhmat, J. (2022). Analisis Potensi Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kecintaan Budaya Lokal Masyarakat Bima. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i1.169

Nistrina, K. (2021). Penerapan augmented reality dalam media pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, 03.

Prasetyo, G. (2021). Akulturasi Masyarakat Pandhalungan : Aktualisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah. Journal Education and Learning, 1(1), 20–25.

Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. gede karang. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-modules During The COVID-19 Pandemic ? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307–314.

Sarah, S., & Maryono. (2014). Keefektivan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Dalam Pembelajaran Fisika SMA Dalam Meningkatkan Living Values Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 02(01), 6–13.

Sariana, N., Afiif, A., & Kusyairy, U. (2017). Pengaruh penerapan brain gym terhadap minaT. Juranal Pendidikan Fisika, 5(2), 82–88.

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, Siregar, T., Noer, R. M., Nanda, I., Nugroho, A. G., Sholihah, M., Rusli, M., Yudaningsih, N., & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0 (A. H. Prasetyo (ed.); 1st ed.). Insania.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukoco, S. A., Wulandari, Y., Oktavia, O., & Andriyanto. (2022). Sociocultural Existence of Lahbako Dance Through The Marketing of Events And Festivals. International Social Sciences and Humanities, 1(2), 278–284. https://doi.org/10.32528/issh.v1i2.186

Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi". Jurnal Literasiologi, 1(2), 144–159.

Sunarti, S., Rusilowati, A., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2020). Pengembanga bahan ajar digital gerak melingkar bantuan scratch berbasis science,. 9(3), 1–8.

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5, 147–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v5i1

Yahya, S., Supardi, K. I., & Masturi. (2017). Satesik (sains, teknologi & musik) untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep sains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 104–115.

Yuliani, Y., Suhendra, T., & Kusuma, H. A. (2022). Analisis Perbandingan Akurasi Pada Sensor Tekanan BMP280 dan BME280. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Teknik, 3(1), 197–209.

Zaini, A. (2021). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari Nusantara Berbantuan Media Audio Visual di SMA Negeri 2 Ciamis. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 145–155.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v15i2.35194 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EDUSAINS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â