THE DEVELOPMENT OF A CHEMOENTREPRENURSHIP (CEP) ORIENTED COLLOID CHEMISTRY E-MODULE ASSISTED BY 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL

Herdini Herdini, Maria Erna, Nursya Alma Indah

Abstract


The development of a chemoentrepreneurship (CEP) oriented Colloidal Chemistry E-Module  assisted by 3D Page Flip Professional (3D PFP) is important to with produce students teaching material products that are related to their daily life environment and can stimulate students to create economically valuable and independent products. . To produce a very valid E-Module product, the user response is very good and it looks very attractive, research and development (R&D) is carried out with a 4-D model (Define, Design, Develop and Disseminate). The results of the validity of material and media experts on the developed E-Module are 95.54% and 95.5%, respectively, with a very valid category. The results of the limited test, namely a one-on-one test on 3 students, obtained information that the E-Module needed to be revised. While the user test results from 3 chemistry teachers obtained an average questionnaire score of 94% with very good criteria. Then the results of a limited test of 30 students obtained an average score of 88% with very interesting criteria. The resulting CEP-oriented E-Module products assisted by 3D PFP are expected to increase students' entrepreneurial interest.

PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENURSHIP (CEP) BERBANTUAN 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL 

Abstrak

Pengembangan E-Modul Kimia Koloid berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) berbantuan 3D Page Flip Professional (3D PFP) penting dilakukan untuk menghasilkan peserta didik produk bahan ajar yang berhubungan dengan lingkungan kehidupan sehari-hari dan dapat menstimulus peserta didik untuk membuat produk bernilai secara ekonomis dan mandiri.  Untuk menghasilkan produk E-Modul yang sangat valid, respon pengguna sangat baik dan tampilannya sangat menarik dilakukan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model   4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Hasil validitas ahli materi dan media terhadap E-Modul yang dikembangkan berturut-turut adalah 95,54% dan 95,5% dengan kategori sangat valid. Hasil uji terbatas yaitu uji satu-satu terhadap 3 orang peserta didik diperoleh informasi bahwa E-Modul perlu direvisi. Sedangkan hasil uji pengguna dari 3 orang guru kimia diperoleh skor rata-rata angket sebesar 94% dengan kriteria sangat baik. Kemudian hasil uji terbatas terhadap 30 orang peserta didik diperoleh skor rata-rata angket sebesar 88% dengan kriteria sangat menarik. Produk E-Modul berorentasi CEP berbantuan 3D PFP yang dihasilkan diharapkan  dapat meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik.


How To Cite: Herdini, Erna, M., Indah, N.A. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Koloid Berorientasi Chemoentreprenurship (CEP) Berbantuan 3D Page Flip Professional. EDUSAINS, 14 (1) : 50-62.


Keywords


chemoentrepreneurship; Colloid Chemistry; E-Module; Validity

Full Text:

PDF

References


Haka, Nukhbatul Bidayati, Emilya Majid, & Agus Pahrudin. 2021. “Pengembangan E-Modul Android Berbasis Metakognisi Sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas XII SMA/MA.” Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 9(1): 71–83.

Hamid, M. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamidah, & Agus Kamaludin. 2018. “Pengembangan Buku Siswa Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (Cep) Pada Materi Ikatan Kimia SMA/MA Kelas X.” Jurnal Tadris Kimiya 3(2): 199–208.

Hendrawan, Josia Sanchaya, & Hani Sirine. 2017. “Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan).” AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 02(03): 291–314.

Kimianti, Febyarni, & Zuhdan Kun Prasetyo. 2019. “Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 07(02): 91–103.

Laili, Ismi, Ganefri, & Usmeldi. 2019. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 3(3): 306–15.

Maulina, Riza, Muhammad Nazar, & Latifah Hanum. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Masalah Pada Materi Koloid Di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia 4(4): 52–58.

Prayitno, M. A., N. K. Dewi, & N Wijayati. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bervisi Sets Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Asam Basa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 10(1): 1617–28.

Ratumanan, T.G, & I Rosmiati. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Saputra, Yudha Nata. 2011. “Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(5): 599–607.

Sriwahyuni, Indah, Eko Risdianto, & Henny Johan. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA.” Jurnal Kumparan Fisika 2(3): 145–52.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, and N Yuliani. 2008. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunarya, Rilo Adwyarini, Supartono, & Sri Susilogati Sumarti. 2018. “Analisis Hasil Belajar Dan Minat Wirausaha Siswa Menggunakan Bahan Ajar Berorientasi Chemoentrepreneurship.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12(1): 2065–74.

Supartono. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Wibowo, Teguh, & Ariyatun. 2018. “Penerapan Pembelajaran Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Kreativitas Siswa Sma Modern Pondok Selamat Pada Materi Kelarutan dan Ksp.” Jurnal Tadris Kimiya 3(1): 62–72.

Wikhdah, Ita Masithoh, & Sri Susilogati Sumarti. 2015. “Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Untuk Kelas XI SMA/MA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9(2): 1585–95.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v14i1.23648 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats