Kemampuan Guru Biologi SMA Merancang dan Ujicoba Praktikum Mikrobiologi Terapan Sekolah Berbasis Local Material Pada Masa Pandemi Covid 19

Fitri Husni Mardiyah

Abstract


Virus Covid-19 muncul pada akhir tahun 2019. Penyebaran virus Covid-19 ini sulit terkendali karena semakin banyak orang yang terinfeksi virus ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuat kebijakan berupa proses belajar mengajar secara daring. Implementasi program pembelajaran jarak jauh (PJJ) dipengaruhi aspek pedagogi, teknologi dan ekonomi. Proses pendidikan tidak hanya tentang peserta didik tetapi juga mengenai tenaga pendidik. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogi dan profesional yang relevan dengan PJJ. Praktikum berbasis inkuiri merupakan aktivitas belajar dan mengajar yang melibatkan siswa dalam observasi, manipulasi objek dan bahan-bahan nyata. Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan guru biologi SMA merancang dan mengujicoba praktikum mikrobiologi terapan sekolah berbasis local material pada masa pandemi Covid 19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi SMA di Kabupaten Bandung Barat. Desain penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian didominasi oleh guru yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun. Berdasarkan pengalaman mengajar semakin berpengalaman guru mengajar maka kompetensi guru dalam mengajar juga baik. Berdasarkan gender, tidak ada perbedaan, kompetensi guru wanita dan pria tidak berbeda. Penggunaan praktikum mikrobiologi terapan berbasis local material memanfaatkan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar sebagai media belajar, sehingga meskipun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh, tetap guru biologi SMA dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal serta memberi pengaruh yang baik terhadap pemahaman konsep serta mampu meningkatkan keterampilan lab guru. Kemampuan guru dalam menyusun RPP praktikum mikrobiologi terapan sekolah berbasis local material berpredikat baik. Hal ini menunjukkan guru sudah memiliki kompetensi dalam melaksanakan praktikum mikrobiologi terapan sekolah berbasis local material.

Keywords


kemampuan guru biologi SMA, mikrobiologi terapan, praktikum berbasis local material

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 67-78

Currie, G., Hewis, J., Nelson, T., Chandler, A., Nabasenja, C., Spuur, K., … Kilgour, A. (2020). COVID-19 impact on undergraduate teaching: Medical radiation science teaching team experience. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2020.09.0 02

Dewi, W.A.Fatma. (2020). Dampak Covid Terhadap Implementasi Pembelajaran daring di Sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 56

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA Matematika, Jakarta: BPSDMP & PMP, 2013.

Hasanah, Y. N., & Marfuatun, M. (2012). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1. 2155

Henson, K.T. & Eller, B.E. (1999). Educational Psychology for Effective Teaching. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life – How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care? International Journal of Information Management, 102183. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020. 102183

Isnainy, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen. Seminar Nasional UNIMED. Medan. Universitas Negeri Medan.

Kemendikbud. (2013). Buku Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum, Mata Diklat: 2. Analisis Materi Ajar, Jenjang: SD/SMP/SMA, Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta. 2013, hal. 46

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. In kemdikbud.go.id. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/file s/download/d16ebb4e0e2245e

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: BPSDMP dan PMP, 2014.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta: BPSDMP & PMP, 2013

Kusnadi, dkk., (2015). Pembekalan Kemampuan Merancang LKS berbasis Inkuiri melalui Program Perkuliahan Mikrobiologi Berbasis Proyek untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pedago-Biologi, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, ISSN: 2338-8935 3(1)

Millar, R, (2004). The role of practical work in the teaching and learning of science. Washington DC: National Academy of Science.

Muhdi, Nurkolis. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 225

Pratama, P. W., & Supardi, K. I. (2014). Implementasi local material experiment untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Journal Chemistry in Education, 3(1).

Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225– 1228.https://doi.org/10.1016/S0140- 6736(20)30627-9

Rustaman, N. Y. (2005). Perkembangan penelitian pembelajaran berbasis inkuiri dalam pendidikan sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjada dan Pemerhati Pendidikan IPA Idonesia Bekerjasama dengan FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (pp. 22-23).

Sartopo. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Shustack, A. (2017). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.10 0011

Widayat, P. (2021). Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Selama Kuliah Online. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 504–505.405.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v15i1.23265 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Husni Mardiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â