Kemampuan Guru Biologi SMA Merancang dan Ujicoba Praktikum Mikrobiologi Terapan Sekolah Berbasis Local Material Pada Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 67-78
Currie, G., Hewis, J., Nelson, T., Chandler, A., Nabasenja, C., Spuur, K., … Kilgour, A. (2020). COVID-19 impact on undergraduate teaching: Medical radiation science teaching team experience. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2020.09.0 02
Dewi, W.A.Fatma. (2020). Dampak Covid Terhadap Implementasi Pembelajaran daring di Sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 56
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA Matematika, Jakarta: BPSDMP & PMP, 2013.
Hasanah, Y. N., & Marfuatun, M. (2012). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1. 2155
Henson, K.T. & Eller, B.E. (1999). Educational Psychology for Effective Teaching. Belmont: Wadsworth Publishing Company.
Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life – How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care? International Journal of Information Management, 102183. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020. 102183
Isnainy, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen. Seminar Nasional UNIMED. Medan. Universitas Negeri Medan.
Kemendikbud. (2013). Buku Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum, Mata Diklat: 2. Analisis Materi Ajar, Jenjang: SD/SMP/SMA, Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta. 2013, hal. 46
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. In kemdikbud.go.id. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/file s/download/d16ebb4e0e2245e
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: BPSDMP dan PMP, 2014.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta: BPSDMP & PMP, 2013
Kusnadi, dkk., (2015). Pembekalan Kemampuan Merancang LKS berbasis Inkuiri melalui Program Perkuliahan Mikrobiologi Berbasis Proyek untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pedago-Biologi, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, ISSN: 2338-8935 3(1)
Millar, R, (2004). The role of practical work in the teaching and learning of science. Washington DC: National Academy of Science.
Muhdi, Nurkolis. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 225
Pratama, P. W., & Supardi, K. I. (2014). Implementasi local material experiment untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Journal Chemistry in Education, 3(1).
Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225– 1228.https://doi.org/10.1016/S0140- 6736(20)30627-9
Rustaman, N. Y. (2005). Perkembangan penelitian pembelajaran berbasis inkuiri dalam pendidikan sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjada dan Pemerhati Pendidikan IPA Idonesia Bekerjasama dengan FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (pp. 22-23).
Sartopo. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Shustack, A. (2017). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.10 0011
Widayat, P. (2021). Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Selama Kuliah Online. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 504–505.405.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v15i1.23265 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fitri Husni Mardiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â