DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULE ON COLLIGATIVE PROPERTIES OF SOLUTIONS USING SIGIL

Raviqa A.F Maisessa, Erviyenni Erviyenni, Susilawati Susilawati

Abstract


DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULE ON COLLIGATIVE PROPERTIES OF SOLUTIONS USING SIGIL

Abstract

The role of technology in education is very important in helping to achieve learning goals, especially during a pandemic like now. This research aims to develop teaching materials in the form of an interactive electronic module or e-Module on the colligative properties of solutions using Sigil. The output of Sigil's products has an ePub format that is easily accessible both offline and online. This teaching material contains videos and animations to help visualize the concept. The research method used Research and Development by following the Plomp model. e-Module has been validated by 2 material experts and 2 media experts, and trials of users to teachers and students. The results showed that the interactive e-Module has a very valid value of 4 assessment substances in the form of material substance, learning design, display (visual communication) and software utilization with a percentage of scores of 96.15%, 96.88%, 93.75%, and 95.19% respectively. The test results of user response each obtained a score of 96.67% with a very interesting category.

Abstrak

Peranan teknologi dalam pendidikan sangat penting dalam membantu tercapainya tujuan pembelajaran, terlebih pada masa pandemi seperti sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul elektronik atau e-Module yang bersifat interaktif pada materi sifat koligatif larutan menggunakan Sigil. Luaran dari produk Sigil memiliki format ePub yang mudah diakses secara offline maupun online. Bahan ajar ini dilengkapi dengan video dan animasi untuk membantu memvisualisasi konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan mengikuti model Plomp. e-Module yang dikembangkan telah divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, serta uji coba terhadap pengguna, yaitu guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Module interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dari 4 substansi penilaian yaitu substansi materi, desain pembelajaran, tampilan (komunikasi visual) dan pemanfaatan software dengan persentase skor berturut-turut sebesar 96,15%, 96,88%, 93,75%, dan 95,19%. Hasil uji respon pengguna masing-masing diperoleh skor 96,67% dengan kategori sangat menarik.


Keywords


colligative properties; e-Module; ePub; interactive; Sigil; e-Module; ePub; interaktif; sifat koligatif larutan

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Anugerah, Sukma Hadi, Effendy, dan Suharti. (2015). Analisis Kesalahan Konsep Sifat Koligatif Larutan Pada Mahasiswa Kimia Universitas Negeri Malang Dan Eliminasinya Menggunakan Media Visualisasi Statik. Jurnal Ilmu Pendidikan 21(2)

Arike Ikhfa Safitri, Festiyed Amali Putra, dan Fatni Mufit. (2019). Desain Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Usaha, Energi, dan Momentum. Pillar of Physics Education 12(3). Universitas Negeri Padang. Padang.

Azhar, E., & Kusumah, Y. S. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Peluang Berbasis RME untuk Meningkatkan Pemahaman, Penalaran, dan Komunikasi Matematik Siswa SLTA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan FMIPA UNY,612–621. https://eprints.uny.ac.id/7374/1/p-19.pdf

Damanik T.M., Hutasuhut, S., & Fitrawaty. (2020). The Development of E-Module to Improve Learning Results Introduction to Accounting I. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. Volume 3 (4). https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1496

Darma, R.S., Setyadi, A., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Multimedia Learning Module Development based on SIGIL Software in Physics Learning. International Seminar on Science Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1233. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012042

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan SMA. (2018). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Imansari A, Umamah N, dan M Na’im. (2019). The Usage Of e-Book As Learning Media Through The Sigil Application In History. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 243. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012155

Japar, M. (2018). Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta:Laboratorium Sosial Politik Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad-21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Wijayanti, M. (2018). Pengembangan E-Book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. Seminar Nasional Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Muhidin, A., & Al Faruq, U. (2018). Pengembangan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Tangerang:UNPAM Press.

Nafi’ah, U., Mashuri, dan Wijaya, D.N. (2019). The Development of Digital Book of European History to Shape the Students’ Democratic Values. International Journal of Engineering and Techniques. Vol 14 (6). https://doi.org/10.3991/ijet.v14i06.9760

Plomp, T. (2009). Educational design research: Introduction. in T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), An introduction to educational design research (pp.9-35). Enschede, (the Netherlands): SLO.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Puspasari, R. (2016). Pengembangan Model Problem Creating Setting Peer Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 79-94.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Jakarta:Alfabeta.

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektonik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 224–229. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP

Safitri, A. I., Festiyed, Putra, A., & Mufit, F. (2019). Desain Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Usaha Energi dan Momentum. Jurnal Pillar of Physics Education, 12(3), 433–440. of Physics Education, 12(3).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta:Alfabeta.

Fauziah, S.R, Sumari, Budiasih, E., Sukarianingsih, D., Santoso, A., dan Asrori, M.R. (2021). Student Misconsception Analysis on the Concept of Colligative Properties of Solutions Using a Digital Three Tier Multiple-Choice Diagnostic Test. AIP Conference Proceedings. 02 Maret 2021. https://doi.org/10.1063/5.0043415

Syamsurizal, Haryanto, & Chairani, N. (2015). Pengembangan e-Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kesetimbangam Kimia Untuk Tingkat SMA. Prosiding SEMIRATA, 655–661.

Tobing H.E.L., Somakim, Susanti, E. (2020). The Use of Electronic Modules Designed Using Sigil in Learning the Distance in Geometry. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Atlantis Press. Volume 513. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.175

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember:Cerdas Ulet Kreatif.

Liana, Y.R., Ellianawati, dan Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 16 November 2019. Universitas Negeri Semarang. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i2.21642 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raviqa A.F Maisessa, Erviyenni Erviyenni, Susilawati Susilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â