HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN PERILAKU HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Elementary school students' healthy behavior in school is still facing problems. One of the indications is the presence of poisoning incidents at school. The role of teachers in elementary schools is very strategic in developing healthy behaviors for students in schools. One of the roles of the teacher is to provide social support to students. The purpose of this study is to determine the relationship between teacher social support and healthy behaviors in elementary school students. This research was conducted in two elementary schools around Ciputat Market, South Tangerang City, Banten Province. This research is a quantitative study using a survey method. The study population was made up of elementary school students. The sample for this research is high-grade students. A questionnaire in Google Forms format was used to collect data. The data analysis used was Spearman's rho correlation. The finding of the study is that there is a relationship between the teachers’ social support in the students’ perception and the healthy behavior of elementary school students at school. The socio-ecological model describes the important role of the social environment in shaping behavior and shows its potential for behavior change. In this case, teacher social support plays a key role in influencing the outcomes of elementary students' healthy behavior in schools. The conclusion that can be drawn from the findings is that in developing healthy behavior for elementary school students in schools, the teachers’ social support factor needs to be considered.
Abstrak
Perilaku hidup sehat siswa di sekolah dasar masih menjadi persoalan. Hal ini diindikasikan dengan ditemukan peristiwa keracunan di sekolah. Peran guru di SD sangat strategis dalam mengembangkan perilaku hidup sehat siswa di sekolah. Salah satu peran guru adalah memberikan dukungan sosial kepada siswanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah. Penelitian ini bertempat di dua SD sekitar Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas tinggi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dalam format google form. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Spearman’s rho. Temuan penelitian adalah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru menurut persepsi siswa dan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah. Model sosial-ekologi menjelaskan peran penting lingkungan sosial dalam membentuk perilaku dan menunjukkan potensi untuk terjadinya perubahan perilaku. Dalam hal ini, dukungan sosial guru memainkan peran kunci dalam mempengaruhi perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil temuan adalah bahwa dalam mengembangkan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah, faktor dukungan sosial guru perlu dipertimbangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajiyanto, R. (n.d.). Total 125 Siswa SD-SMP di Boyolali Diduga Keracunan Makanan. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4887426/total-125-siswa-sd-smp-di-boyolali-diduga-keracunan-makanan.
Dianto, M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1).
Eather, N., Morgan, P. J., & Lubans, D. R. (2013). Social Support from Teachers Mediates Physical Activity Behavior Change in Children Participating in The Fit-4-Fun Intervention. Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(68).
Efendi, R., & Syifa, J. N. A. (2019). Status Kesehatan Pasar Ditinjau dari Aspek Sanitasi dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) pada Pasar Ciputat dan Pasar Modern BSD Kota Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan Indonesia, Vol. 9(No. 3). https://doi.org/10.33657/jurkessia.v9i3.179
Hardiyanti, F., Madiastuti, M., & Hermawati, E. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas 5 SDN Sugutamu Kota Depok. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, Vol. 10(No. 2).
Hartini, S., Handayani, L., & Sunardi, K. S. (2018). Hubungan Dukungan Guru, Ayah, Ibu, dan Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Vol. 12(No. 2).
Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni. (2016). Peran Sekolah dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan, Vol. 1(No. 3). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6178
Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan RI Indonesia.
Keracunan Susu Kemasan, Sekolah Taruna Bangsa Ingin Cepat Selesai. (n.d.). https://metro.tempo.co/read/1122476/keracunan-susu-kemasan-sekolah-taruna-bangsa-ingin-cepat-selesai/full&view=ok.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269/Menkes/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology (Biopsychosocial Interactions) (Seventh Ed). John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Soekanto, S. (1995). Sosiologi Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada.
Sumarmi, S. (2017). Model Sosio Ekologi Perilaku Kesehatan dan Pendekatan Continuum Of Care untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1).
Surya, A., Sularmi, Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Finding HOTSs-Based Mathematical Learning In Elementary School Students. In Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.
Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Muda yang Berkarakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3(No. 1). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/731/413
Tujuh Siswa SD di Batang Keracunan Jajanan. (n.d.). https://republika.co.id/berita/daerah/jawa-tengah-diy/20/01/16/q4751u366-tujuh-siswa-sd-di-batang-keracunan-jajanan.
Widodo, S., & Watiningsih, F. (2020). Peran Pasar Tradisional dan Pasar Kontemporer sebagai Karakteristik Bangsa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Lingkungan Kota Tangerang Selatan. Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 2. No.1.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v14i1.19875 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eny Supriyati Rosyidatun, Teguh Supriyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â