PENGEMBANGAN MODUL BIOTEKNOLOGI BERORIENTASI KEWIRAUSAHAAN GUNA MENINGKATKAN MINAT ENTERPREUNER SISWA SMA/MA
Abstract
THE DEVELOPMENT OF AN ENTREPRENEUR-ORIENTED BIOTECHNOLOGY MODULE TO IMPROVE ENTREPRENEUR INTEREST IN SMA / MA STUDENTS
Abstract
This research aimed to determine the application of learning models in increasing student interest in entrepreneurship. This biotechnology lesson was taken because this lesson contains an understanding of the use of biological materials in products that students can develop into entrepreneurial products. This research is a research and development (R&D) arranged systematically consisting of defining, designing, developing, and disseminating. The results of this study from the subject expert analysis, namely the feasibility of the content, shows a percentage of 81.25% is included in the very feasible category. The presentation feasibility percentage found of 80.00% is still a very feasible category. Regarding language feasibility, it got a percentage of 83.33%, which was still in the very feasible category, and for contextual assessment, it got a percentage of 80.55%. From media experts of the 75% eligible category. It was in the feasible category criteria. In terms of module design, 61.11% is a feasible category and module content design is 91.25% very feasible. Based on the results of tests carried out by students, the aspect of the module display was 84.58%, of the content presented was 83.46%, entrepreneurial aspects were 86.32%. Modules fall into the category of proper evaluation and are so worthy that they only need to be slightly revised.
Abstrak
Kegiatan penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan minat enterpreuner siswa. Pelajaran bioteknologi ini diambil karena pelajaran ini mengandung pemahaman tentang pemanfaatan bahan hayati menjadi produk yang bisa dikembangkan siswa menjadi produk kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang disusun secara sistematis terdiri dari define/penetapan, design/perancangan, develop /pengembangan, dan disseminate/penyebaran. Hasil penelitian ini dari analisis ahli materi yaitu kelayakan isi menunjukan presentase 81,25% termasuk dalam kategori sangat layak, kemudian dalam kelayakan Penyajian didapat presentase sebasar 80,00 % masih kategori sangat layak. Dalam hal kelayakan Penyajian didapat presentase sebesar 80,00 %, kemudian dalam hal kelayakan Bahasa mendapat presentase sebesar 83,33% masih dalam kategori sangat layak dan untuk penilaian kontekstual mendapatkan presentase sebesar 80,55%. dari ahli media dari ukuran 75 % kategori layak. Dari sisi kriteria masuk dalam kategori layak, dari sisi desain modul 61,11 % kategori layak dan Desain isi modul 91,25 % sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh siswa dari aspek tampilan modul sebesar 84,58% dari penyajian materi sebesar 83,46%, aspek kewirausahaan 86,32 %. Modul termasuk dalam kategori penilian layak dan sangat layak sehingga hanya perlu sedikit direvisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, R. dan Yuni. R (2018). Pengembangan Jiwa Bioentrepreneur Mahasiswa Biologi. Jurnal Biolokus, 1(2), 123-127.
Anshar, M., Anwar M., Omsa, S. (2008). Peningkatan Keterampilan dan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Kegiatan Magang Di Bengkel Toyota NV. Haji Kalla Jurnal Politeknik Negeri Ujung Pandang, 2(7), 103-108.
Aqil, D.I., A.Hudaya., Z. Arifin. (2019). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship untuk Meningkatkan Life Skills dan Minat Wirausaha Siswa SMK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 95-112.
Aqil, D.I., A. Hudaya, Z.Arifin. (2019). Improving Life Skills and Interest of Stu-dents Through Vocational School of Bio-Entrepreneurship (BIOSHIP) in Sawangan Depok. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM),3(1), 33-47.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Andriani,D., Yulianti,D., Jalmo,T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 5(2).
Anwar,M,Supardi,Sugiharto.(2012). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan bioenterpreneurship Untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah Dan minat berwirausaha siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology,1(1), 38-44 431.
BPS.(2018).https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.htmlSenin, 07 Mei 2018 15:28 WIB.
Daryanto.(2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Fitri, E. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioteknologi Berorientasi Bioentrepreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat Wirausaha Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Scientiae Educatia, 1 (1),69-78.
Hidayah, N. H. (2014). Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Prinsip Kerja Pneumatik. Jurnal INVOTEC,, 10(1), 47-56..
Hudaya,A., D.I Aqil, Z.Arifin. (2020). Pemberdayaan remaja pesantren melalui biopreneurship pembuatan nugget tempe guna menumbuhkan minat berwirausaha . JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 36-44.
Johnson, E. (2014). Contextual Teaching and Learning. MLC. Bandung.
Khoiri. (2019). Pola peningkatan mutu pembelajaran biologi berbasis manajemen kurikulum di madrasah aliyah. Prosiding. http://eprints.walisongo.ac.id/9455/
Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan . Journal of Economic Education, 1(1), 46-52.
Rosa. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal pendidikan fisika (JPF),3(1), 49-63
Nurbaya, S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kesiapan berwirausaha siswa smkn barabai Kabupaten hulu sungai tengah kalimantan selatan Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 95-104
Handayani, S. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengujian di Laboratorium sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi. Makalah disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 12–15 November.
Machfoedz, Mas’ud .(2015). Kewirausahaan Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta, Indonesia : BPFE
Meyers, A.D. dan Hurley, P. (2008). From the Classroom Bioentrepreneurship education programmes in the United States. Journal of Comercial Biotechnology. 14 (1), 2–12.
Paul.V.N,Arundhati Mehta and Mudaliar. S. (2021).Bioentrepreneurship and Transferring Technology Into Product Development. IGI Global.Com
Prihatiningrum ,P, Mulyani.S, Susilowati.E, Andreas Priyono. A,Prasetyo.B. (2020). Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement, Creativity, and Entrepreneurial Interest. Journal of Innovative Science Education. 9 (3), 250 – 259.
Purnomo, B.H. (2005). Membangun Semangat Kewirausahaan. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.
Sa’diyah, Suarsini,E., Ibrohim. (2016). Pengembangan Modul Bioteknologi Lingkungan Berbasis Penelitian Matakuliah Bioteknologi Untuk Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (9), 1781-1786.
Satiti, R., Ekowati, Hidajah.W., (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mahasiswa untuk Berwirausaha. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2(2), 1-16.
Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Belajar Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sisnodo, dkk. (2015). Pembelajaran Bervisi Bioentrepreneurship Melalui Pembuatan Makanan Hasil Fermentasi Berbahan Dasar Kedelai Lokal. Jurnal Biology Science & Education, 4(2), 85-96.
Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung : Alfabeta press.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development
for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana:
Indiana University.
Tumisem, Epriliana Dewi. (2019). TVET Towards Industrial Revolution 4.0 : Chapter Learning prospects for bioentrepreneurship in Indonesia: A study in junior and senior high schools. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.1201/9780429281501-6/learning prospects-bioentrepreneurship-indonesia-study-junior-senior-high-schools-tumisem-epriliana-dewi.
Uctu, R., Rachel C. C. Jafta. (2013). Bio-entrepreneurship as a bridge between science and business in a regional cluster: South Africa’s first attempts. Science and Public Policy, 41(2), 219–233.
Wardhani,S. M. Amanda, A.R. Kusuma. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Alternatif Bisnis di Masa Pandemi. Journal of Biology Education, 3(2),100-109.
Wijayanti,T.F.(2016). Pengembangan modul berbasis berpikir kritis disertai argument mapping pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas xi sma negeri 5 surakarta. Jurnal Inkuiri, 5(1), 105-111
Zhao, J. (2007).Nutraceuticals, Nutritional Therapy, Phytonutrients, and Phytotherapy for Improvement of Human Health: A Perspective on Plant Biotechnology Application. Recent Patent on Biotechnology. 1(1), 75 – 97.
Kompasiana. (1 Juli 2011). Alasan Enggan Berwirausaha . https://www.kompasiana.com/n471b/5500f0d5a333118d735122c3/alasan-enggan-berwirausaha?page=1. diakses Selasa, 10 Oktober 2020 06:52 WIB
Lestari, R.A. (29 Juli 2020). Lima Cara Meningkatkan Wirausaha di Masa Pandemi. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/5-cara-meningkatkan-kreativitas-wirausaha-di-masa-pandemi. diakses Selasa, 10 Oktober 2020 07:52 WIB
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i1.15198 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Deden Ibnu Aqil, Adeng Hudaya, Nur Amega Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â