IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE

Dwi Septiana, Zulfiani Zulfiani, Meiry Fadilah Noor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsespsi siswa mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria menggunakan two-tier multiple choice. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas ddi Jakarta pada tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 35 orang siswa. Data tes diagnostik dikumpulkan menggunakan two-tier multiple choice untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa ke dalam paham konsep, miskonsepsi, tidak paham dan menebak (4 kategori). Hasil menunjukkan 31.12% peserta didik mengalami miskonsepsi pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria sedangkan sisanya didominasi oleh kategori tidak memahami.


Keywords


Miskonsepsi; Two-tier Multiple Choice; Archaebacteria; Eubacteria

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Septiana, Zulfiani Zulfiani, Meiry Fadilah Noor

slot demo

slot demo

slot gacor

slot demo

slot gacor

slot demo

slot gacor

demo slot

This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS | P-ISSN: 1979-7281 | E-ISSN: 2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats