PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI BERAZASKAN AL-QURAN/HADIS UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Dian Agusti, Hafnati Rahmatan, Sulastri Sulastri

Abstract


DEVELOPMENT OF REPRODUCTIVE SYSTEM MODULE WITH AL-QURAN/HADITH TO IMPROVE MOTIVATION AND STUDENT LEARNING OUTCOMES

Dian Agusti, Hafnati Rahmatan, Sulastri

Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
uyankdian@gmail.com

Abstract

The purpose of this study was to describe the differences in the results and motivation learning of experimental and control class on the subject of the reproductive system by using modules based on the Al-Quran and hadith. This research is a development research using the Borg and Gall models. Learning devices developed modules questions. The results of the feasibility test indicate that the modull of Al-Quran based learning and the hadith developed are included in the very feasible category, with the average score of the feasibility assessment of design validation, the results of the first trial and the results of the second trial of 3.91, 4 54 and 4.83. Data analysis using t test, with sig value <0.05, which means there are significant differences in learning outcomes in the experimental  and  control class. The average score of learning motivation of students at Labuhanhaji 1 Junior and West Labuhanhaji 1 Junior High School are respectively 4.56 and 4.55 which are very well categorized. Based on the results of the study it can be concluded that the learning module based on the Koran and hadith can increase the motivation and learning outcomes of students, especially on reproductive system material.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol pada pokok bahasan sistem reproduksi menggunakan modul berazaskan Al-Quran dan hadis. Penelitian ini merupakan kajian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan modul. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran  yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor rata-rata penilaian kelayakan validasi desain, hasil uji coba I dan hasil uji coba II berturut-turut sebesar 3,91, 4,54 dan 4,83.  Analisis data menggunakan uji t, dengan nilai sig.<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Skor rata-rata motivasi belajar peserta didik pada SMPN 1 Labuhanhaji dan SMPN 1 Labuhanhaji Barat berturut-turut  sebesar 4,56 dan 4,55 berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berazaskan Al-Quran dan hadis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi sistem reproduksi.

 


Keywords


pengembangan modul; motivasi belajar; module development; learning motivation; learning outcomes; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulatip, M., Suratsih, L & Rahayu, T. (2015). Penyusunan Bahan Ajar Genetika dalam Bentuk Modul Pembelajaran Berbasis Fenomena Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 59–64.

Aditia, M. T & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Science Educatia, 2(2).

Ali, M., Sunarno, W. & S. (2015). Pengembangan Modul IPA Berbasis Karakter Islami melalui Pendekatan Saintifik pada Tema Rotasi dan Evolusi Bumi sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 4(2).

Amri, M.N., Rasyidin, A & Imran, A. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Biologi di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Edu Riligia, 1(4), 487–501.

Andriani, L., E. & A. (2013). Penyusunan dan Uji Kelayakan Modul Termokimia untuk Kelas XI R-SMA-BI. Jurnal Eksakta, 2(XIV), 117–123.

Aslamiyah, L., Masturi & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Modul pembelajaran Komik Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Al-Quran. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 45–52.

Borg, W. R & Gall, M.D. 1989. Educational Research: an Introduction, Fifthy Edition, New York: Longman

Cahyani, R., Rustaman, N. Y., Arifin, M., & Hendriani, Y. (2014). Kemampuan Kognisi, Kerja Ilmiah dan Sikap Mahasiswa Non IPA Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 1–4.

Fitriah, Sahrodi, J., & Muchyidin, A. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma, 4(2), 88–104.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods : A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses Interactive-Engagement Versus Traditional Methods : A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introduc. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madarasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–53.

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-ayat Al-Quran pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika L-Birumi, 04(2), 155–164. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89

Lutfianto, M & Sari, A. F. (2017). Respon Siswa Terhadap Soal Matematika mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108–117.

Maarif. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika, 4(2), 223–236.

Masyhuri, H., Hasanuddin, & Razali. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem reproduksi Manusia Yang Diintegrasikan nilai-Nilai Islam Terhadap Pemahaman konsep dan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 3(2), 51–97.

Mukaromah, S. M. (2018). Pengembanga n Modul IPA braille berbasis integrasi islam dan sains. Journal of Disability Sains V(2), 195–216. https://doi.org/10.14421/ijds.050203.

Mustami, M. K., Suyuti, M. & M. (2017). Validitas, Kepraktisan dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Intgrasi Spiritual Islam. Jurnal Al-Qalam, 23(1)70-77.

Muzari, I., Ashadi, & & Prayitno, Baskoro, A. (2016). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Sets Pada Tema Makanan Sehat Dan Tubuhku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri, 5(1), 21–27.

Susilawati, Neneng, L., & Miranda , Y. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X, Jurnal Edu Sains, 4(2),104–114.

Novana, T., S. & M. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri, 3(II), 108–122.

Pebruanti, L. (2015). Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul pada SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, (1), 365–376.

Permadi, B. A. & M. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MIN 2 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 294–311.

Purnomo, D., Indrowati, I. & K. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahsan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 59–69.

Purwanti, E., Sajidan & Prayitno, B. A. (2015). Pengembangan Dan Implementasi Modul Pembelajaran Berbasis Numbered Team In Guided Discovery (Ntgd) Pada Materi Struktur Tumbuhan Dan Pemanfaatannya dalam Teknologi di SMPN 4 Karanganyar. Junal Inkuiri, 4(4), 121–128.

Safrijal. (2015). Model Pembelajaran Inkuiri Terinternalisasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Dan Karakter Islami Siswa, Lantanida Journal, 3(1), 1–17.

Subiyantoro. (2013). Pengembangan Modul Pendidikan Nilai Humanis religius Berbasis Kultur Madrasah. Cakrawala Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 3, 326–340.

Sukaedi. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Presentasi dan Diskusi Kelompok (Siswa Keslas III SDN Candijati 01 Arjasa). Pancaran, 5(4), 21–30.

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88.

Winarti. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam – Sains untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal JPFK, 1(2), 54–60.

Zaharah, Yelianti, U & Asra, R. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Dengan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII. Edu-Sains, 6(1), 25–33.

Zahriani. (2015). Studi Kasus Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.10270 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Agusti, Hafnati Rahmatan, Sulastri Sulastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â