QUDRAH THALABAH QISM AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH 'ALA FAHM AL-QASHR FI AL-AYAT AL-QUR'ANIYAH AL-TARBAWIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentang kaidah qashr dan penerapannya pada ayat-ayat pendidikan serta mengetahui materi qashr yang perlu dikuatkan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta semester 5 tahun ajaran 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian berikut. Kemampuan mahasiswa dalam memahami kaidah qashr dinyatakan baik dengan rata-rata nilai tes 70,69. Kemampuan mahasiswa menerapkan kaidah qashr dalam ayat al-Qurʼan juga dinyatakan baik dengan rata-rata nilai tes 70,44. Mean rata-rata nilai tes adalah 70,56. Berdasarkan hasil tes, materi “qashr al-shifah ‘alâ al-maushûf dan qahsr al-maushûf ‘alâ al-shifah” perlu dikuatkan lagi dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Cet.12.
Chaer, Abdul, Kajian Bahasa; Struktur Internal, pemakaian, dan Pemelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Izzan, Ahmad & Saehudin, Tafsir Pendidikan: Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan, Tangerang Selatan: Pustaka Aufa Media, 2012.
Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy), Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1136 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |