PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIK TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI IRISAN KERUCUT
Abstract
Abstract
The limited learning tools for Islamic-integrated Analytical Geometry resulted in suboptimal geometry learning and religious character development among students. This research aims to develop learning tools for Analytic Geometry integrated with Islamic values. The learning tools developed are the Semester Learning Plan (SSP) and the Analytic Geometry module on Cone Slices material. This research uses the ADDIE development model. Product validation was conducted by three experts in Islamic education and mathematics. The validity test demonstrates that this learning tool is valid in terms of content, design, and Islamic integration. Practicality tests with students indicated the ease of use and relevance of learning devices. The results showed that this learning tool supports the understanding of geometry while fostering students' religious character. Further research is recommended to test the effectiveness of the learning tool, develop an electronic version, and expand its application to other courses.
Abstrak
Terbatasnya perangkat pembelajaran Geometri Analitis terintegrasi keislaman mengakibatkan pembelajaran geometri dan pembentukan karakter religius mahasiswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Geometri Analitik terintegrasi nilai-nilai Islam. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan modul untuk materi Irisan Kerucut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validasi produk dilakukan oleh 3 pakar bidang pendidikan Islam dan matematika. Uji validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dalam konten, desain dan integrasi Islam. Uji kepraktisan dengan mahasiswa mengindikasikan kemudahan pengguunaan dan relevansi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini mendukung pemahaman geometri sekaligus memupuk karakter religius mahasiswa. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran, mengembangkan versi elektronik serta memperluas penerapannya pada mata kuliah lainnya.
Keywords
References
Abrar, A. I. P., Salam, A. N., & Suharti. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah aljabar linear elementer berbasis pendekatan saintifik yang terintegrasi dengan karakter Islami. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 120–132. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1025
Alam, A. B. (2020). Panduan menulis ubku ajar (versi cepat paham). Yogyakarta: DeepublishPublisher.
Angelo, T. D., Bunch, J. C., & Thoron, A. (2018). Instructional design using the Dick and Carey systems. Florida: University of Florida.
Aziza, M., & Yumarni, A. (2023). Petunjuk praktikum elektronik Aljabar Linear berbasis ilnai-nilai keislaman berbantuan Wolfram Mathematica. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 39–50. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.19851
Azmi, M. P., & Salam, A. (2022). Konstruksi integrasi Islam dan ilmu matematika dalam implementasi kurikulum pendidikan matematika UIN Suska Riau. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 119–128. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14892
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2006). The systematic design of instruction (7th ed.). Florida: Pearson/Allyn and Bacon.
Fonna, M., & Mursalin. (2018). Using of Wingeom software in geometry learning to improving the of mathematical representation ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 1(2), 40–43. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i2.1174
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Reflika Aditama.
Junaidi, A. (2020). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0 untuk mendukung merdeka belajar-kampus merdeka (S. S. Kusumawardani, ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ma’arif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Infinity, 4(2), 223–236. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–75. https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4151
Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi nilai keislaman dan kemampuan komunikasi matematis pada buku ajar program linier (sebuah studi pengembangan). Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556
Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Saltifa, P. (2020). Pengembangan modul geometri analitik bidang berorientasi Pada kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Equation, 3(1), 34–45. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3438
Sugiyono. (2014). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, A., Rimbo, S., Besar, K., & Barajo, A. (2020). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media modul elektronik di era revolusi industri 4 . 0. Biodik Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950
Syafiqah, S., Lukman, H., Hafidz, M. F., & Aini, T. S. (2022). Pembentukan personaliti seimbang berdasarkan akhlak Islam: panduan berdasarkan al quran dan as-sunnah. Proceedings Science, Ethies & Civilization, 1, 65–71. Majmuah Enterprise.
Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2021). Bahan ajar matematika terintegrasi islam meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827
Wicaksono, G. W., Asrini, H. W., & Al-Rizki, M. A. (2017). Desain perangkat pembelajaran pendidikan tinggi dengan sistem lective gegulangTM. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(4). https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i4.353
Yusuf, K. M. (2022). Model integrasi sains dan islam dalam pembelajaran. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
DOI: 10.15408/ajme.v7i1.44543
Refbacks
- There are currently no refbacks.