LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstract
Mathematical literacy is a crucial skill, yet many students still struggle with solving contextual problems due to limited supporting materials such as student worksheets (LKPD). This study is a research and development (R&D) study employing the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) aimed at producing a student worksheet based on Contextual Teaching and Learning (CTL) that is both valid and practical. The developed content focuses on systems of linear equations in two variables. The worksheet was validated by three mathematics education experts, tested through a one-to-one evaluation with three students, and a small group test with 22 eighth-grade students from a public junior high school in Riau Province. Validation results showed the worksheet to be highly valid in terms of content, construct, CTL approach, and mathematical literacy. The practicality test indicated that the worksheet was practical in terms of appearance, presentation, and usefulness. It can be concluded that the developed worksheet is both valid and practical. Further research is suggested to examine its effectiveness and adaptability to other topics or grade levels.
Abstrak
Kemampuan literasi matematis penting dimiliki siswa, namun masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual karena keterbatasan LKPD yang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang bertujuan menghasilkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Materi yang dikembangkan berfokus pada sistem persamaan linear dua variabel. LKPD divalidasi oleh tiga dosen pendidikan matematika, diuji melalui one-to-one evaluation dengan tiga siswa, serta small group testdengan 22 siswa kelas VIII dari salah satu SMP Negeri di Provinsi Riau. Hasil validasi menunjukkan LKPD sangat valid dari segi isi, konstruksi, pendekatan CTL, dan literasi matematis. Uji kepraktisan menunjukkan LKPD tergolong praktis dari aspek tampilan, penyajian, dan manfaat. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menguji efektivitas serta mengadaptasikan LKPD ini pada topik atau jenjang yang berbeda.Keywords
References
Abida, F. N., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Latihan Spldv Ditinjau Dari Self-Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2182. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5774
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112.
Anggraini, Wahyu., Nurhanurawati., & C. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual Dengan Model LAPS-Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Aksioma, 11(1), 56–68.
Annisa, R., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan E-Lkpd Materi Aritmetika Sosial Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2077. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6955
Antari, L., Muslimin, M., & Rukmala, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4536
Dianita, Fitria, Hardianto, N. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis CTL Untuk Siswa Kelas VII SMP Materi Aritmatika Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1–8.
Faturohman, I., & Afriansyah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 107–118.
Herianto, I, Z., & Sifak, I. (2020). Validitas Dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 26–32.
Lessy, D., Nukuhaly, N. A., & Rumasoreng, M. I. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 814. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6449
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Putri, C. Y., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2024). Contextual teaching and learning: Upaya optimalisasi kemampuan literasi matematis. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5), 933-940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.25040
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347
Pranata, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL Pendekatan Kontekstual Contextual. 1(3), 236–244.
Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 152–162.
Sa’dun Akbar. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Sari, G. V. F., Ariyanto, L., & Dwijayanti, I. (2020). Pengembangan LKS Kontekstual Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5768
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Untuk Kemampuan Literasi Matematis Materi. JURMADIKTA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749
Sholikin, Sujarwo, & Abdussakir. (2021). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Ditinjau dari Minat dan Literasi Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 45–52. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/310
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
DOI: 10.15408/ajme.v7i1.44183
Refbacks
- There are currently no refbacks.