STUDI KORELASI LITERASI DIGITAL DAN STATISTIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Sari Herlina, Indah Widiati, Diyah Ayu Rizqiana, Anisa Stabita

Abstract


Di era digital yang semakin kompleks, literasi digital dan statistis menjadi dua keterampilan kunci kesuksesan akademik dan profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan literasi digital dan statistis mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Dengan melibatkan mahasiswa semester 7 program studi pendidikan matematika pada salah satu perguruan tinggi swasta di Riau. Instrumen yang digunakan adalah angket literasi digital, dan soal tes literasi statistis. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likerts. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistika inferensial menggunakan uji-korelasional, dan melihat berapa besar konstribusi literasi digital terhadap literasi statistis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara literasi digital terhadap literasi statistis mahasiswa calon guru matematika di Pendidikan Tinggi. Besarnya konstribusi literasi digital terhadap literasi statistis sebesar 23,04%.


Keywords


korelasional, literasi digital, literasi statistis



DOI: 10.15408/ajme.v6i2.43449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.