MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA DAN KEMAMPUAN LITERASI SPASIAL SISWA
Abstract
Abstract
Spatial literacy skills are essential to help students develop critical thinking skills. This study aims to analyze the effect of the Geogebra-assisted Discovery Learning model on spatial literacy skills. The research was conducted in one of the junior high schools in South Tangerang. The study used a quasi-experiment with a posttest-only control group design with randomization. The research sample was 25 experimental and control class students each. Data were collected using test instruments and analyzed using the Independent Sample t-test. The results revealed that the spatial literacy skills of students taught with the Geogebra-assisted Discovery Learning model were higher than those taught with conventional learning. The spatial literacy ability of experimental class students has the highest score on the visualization indicator and the lowest score on the reasoning indicator, while the control class students have the highest score on the communication indicator and the lowest score on the visualization indicator. The Discovery Learning model assisted by Geogebra affects students' spatial literacy skills.
Abstrak
Keterampilan literasi spasial memiliki peran yang sangat penting untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi spasial. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Swasta di Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan Posttest only control group desain with randomization. Sampel penelitian sebanyak masing-masing 25 siswa kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan dengan instrumen tes dan dianalisis menggunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil penelitian mengungkapkan kemampuan literasi spasial siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan literasi spasial siswa kelas eksperimen memiliki skor tertinggi pada indikator visualisasi dan skor terendah pada indikator penalaran, sedangkan siswa kelas kontrol memiliki skor tertinggi pada indikator komunikasi dan skor terendah pada indikator visualisasi. Model Discovery Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan literasi spasial siswa.
Keywords
References
Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136
Diezmann, C., & Lowrie, T. (2009). Primary student spacial visualization: an evidence base for instruction. Proceeding of the 33rd Conference of the Itnernational Group for the Psychology of Mathematics Education, 2(July), 417–424.
Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 180. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.14
Fauziah, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele Berbantuan Media Autograph Terhadap Kemampuan Literasi Spasial Siswa. Skripsi UIN Jakarta.
Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 275–283.
Fiantika, F. R., Maknun, C. L., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Analysis of students’ spatial thinking in geometry: 3D object into 2D representation. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012140
Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Level Kemampuan Spasial Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 859–868. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.859-868
Fitriyah, Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 163. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.163-174
Gio, S. dan P. U. (2017). Statistika nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R: dilengkapi dengan penyelesaian perhitungan secara manual. USU Press.
Hasritita, R. (2024). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi UIN Jakarta.
Hendra, & Radia, E. H. (2023). Meta Analisis Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4045–4049.
Hutajulu, K. C., & Soesanto, R. H. (2023). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 29. https://doi.org/10.31941/delta.v11i1.2475
Japa, N., Suarjana, & Widiana. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering. V, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i2.12467
Lange, J. de. (2003). Mathematics for Literacy. In Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges.
Mas’udah, I. L., Sudirman, Susanto, H., & Rofiki, I. (2021). Fenomena Literasi Spasial Siswa: Studi Pada Geometri Ruang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 155. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.155-166
Moore-Russo, D., Viglietti, J. M., Chiu, M. M., & Bateman, S. M. (2013). Teachers’ Spatial Literacy as Visualization, Reasoning, and Communication. Teaching and Teacher Education, 29(1), 98. http://dx.doi.org/10.1016/j.tate.2012.08.012.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808
Nurutami, A., & Setyawan, F. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Konten PISA. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.21580/square.2022.4.2.12401
OECD. (2022). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf
Özerem, A. (2012). Misconceptions In Geometry And Suggested Solutions For Seventh Grade Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 720–729. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.557
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. Oecd, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Raharjo, S., Purmanna, A., Purbaningrum, K. A., Ramayanti, R., & Muhti, D. M. C. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI KUBUS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 57–68.
Rahman, L., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 001. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467
Rohim, N. M., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra pada Materi Geometri Transformasi untuk SMA. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 147–155. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/14163%0Ahttp://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/download/14163/7057
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.
Santi, Fitriani, N., & Setiawan, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra. 7(3), 527–534. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.23778
Sari, E. K. (2018). Analysis of Primary Students’ Spatial Literacy on Reasoning. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 15. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p015-022
Silviana, D., & Novitasari, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Evolusi MIPA, 2(1), 105–113.
Soeprianto, H., Turmuzi, M., Junaidi, & Lu’luilmaknun, U. (2023). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis GeoGebra dan Augmented Reality. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 67–80. https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i1.312
Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 15–26. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp93-102
Sugiyono. (2015). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatit , dan R&D),. Alfabeta.
Thohirudin, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran dengan Media Software Geogebra dan Plastik Mika Transparan terhadap Kemampuan Visualisasi Matematik SIswa. Skripsi UIN Jakarta, 10.
Wardhani, sri dan rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. In Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Wijaksana, A. H., & Kusumah, Y. S. (2023). Peran Dynamic Geometry Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Peserta Didik Dalam Belajar Descriptive Geometry: Sebuah Review Literatur. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.10
Windari, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi UIN Jakarta. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11252#
DOI: 10.15408/ajme.v6i2.43415
Refbacks
- There are currently no refbacks.