PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN MICRO TEACHING UNTUK CALON GURU MATEMATIKA

Dewi Asmarani, Umi Zahroh

Abstract


Buku pedoman Micro Teaching memberikan kerangka kerja yang terstruktur serta menguraikan langkah-langkah perencanaan dan pelaksanaan pada sesi Micro Teaching. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman Micro Teaching yang valid untuk meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model 4D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini belum sampai pada tahap disseminate. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen pendidikan matematika sebagai validator ahli dan 30 mahasiswa calon guru Matematika sebagai subjek uji coba. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar penilaian praktik Micro Teaching. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa buku pedoman Micro Teachingdinyatakan valid. Hasil penilaian praktik Micro Teaching menujukkan peningkatan keterampilan mengajar para calon guru matematika. Buku pedoman Micro Teaching dapat digunakan sebagai panduan mahasiswa calon guru Matematika dalam melaksanakan praktik pembelajaran.


Keywords


calon guru matematika; keterampilan mengajar; buku ajar micro teaching



DOI: 10.15408/ajme.v6i2.42909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.