BAGAIMANA MODEL MEANS END ANALYSIS (MEA) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence. Penelitian eksperimen menggunakan factorial eksperiment design. Populasi penelitian ini siswa kelas XI di salah satu SMAN di Kerinci sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, kelas XI.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self confidence. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran means end analysis dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Langsung, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah, dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran means end analysis dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Keywords
means end analysis, kemampuan komunikasi matematis, self confidence
DOI: 10.15408/ajme.v6i2.42870
Refbacks
- There are currently no refbacks.