SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA

Aulia Kartika Syari, Meiliasari Meiliasari

Abstract


Kemampuan berpikir komputasional matematis merupakan salah satu kompetensi matematika yang termuat dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi-studi kualitatif tentang kemampuan berpikir komputasional matematis yang dilakukan mulai tahun 2019. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis yang digunakan PRISMA Protocol (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis Protocol). Terdapat 18 artikel yang dikaji pada studi ini. Semua artikel yang digunakan terindeks Sinta dan Scopus yang diambil dari Google Scholar, Scopus, dan Garuda. Hasil analisis menunjukkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa guru dapat memilih menggunakan pendekatan, model pembelajaran, maupun mengembangkan bahan ajar. Hal ini dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa. Kemampuan berpikir komputasional dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika pada materi seperti pola bilangan, bangun ruang, operasi bilangan, dan materi dalam perkuliahan seperti aljabar abstrak.


Keywords


Kemampuan Berpikir Komputasi; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran; Pembelajaran Matematika; Pendekatan.



DOI: 10.15408/ajme.v6i2.42816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.