PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD

Ratna Wahyuni, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Abstract

Learning media is very important to bridge abstract Mathematics concepts into a more concrete form. This study aims to examine the impact of using smart board media on mathematics learning outcomes in elementary school, especially on multiplication and division materials. This study uses quantitative data as the type of data. Quantitative data collection was conducted using a test that adopted a pretest and posttest with a control group design to obtain the data. The results showed the impact of using smart board media on math learning achievement. The results showed that the learning outcomes of the experimental class increased more significantly than the control class, with a difference of 7.41. This difference indicates the influence of the learning media applied to students, affecting their learning outcomes. Furthermore, the calculated t value of 2.617 was obtained in the hypothesis test, which is greater than the t table, which is 2.005, so the hypothesis test is accepted. This result confirms that the smart board media effectively improves learners' numeracy skills, especially in multiplication and division.

 

Abstrak 

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menjembatani konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan metode posttest only design. Sampel Penelitian ini terdiri dari 30 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 26 orang peserta didik pada kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui instrument tes yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih rata-rata sebesar 7,41. Uji hipotesis menghasilkan nilai t sebesar 2,617 dengan signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media papan pintar efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan alat pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap matematika.

Keywords


Learning achievement; numeracy; interactive board learning media

References


Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47.

Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21–28.

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arisandy, D., & Herliza, S. (2024). Media Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak SDN 14 Pemulutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1546–1549.

Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468–480.

Dini, J. (2019). Peningkatan kemampuan konsep matematika awal anak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396–403.

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–30.

Fatra, M., Darmayanti, R., & Dhakal, A. (2023). A study that uses Card based learning media to help students’ mathematical literacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i1.277

Fauzi, A., & Rahmatih, A. N. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Dasar Matematika Berdasarkan Kecepatan Berhitung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5533–5540.

Hariyanti, R. S., Siswanto, J., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Penerapan Media Papan Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 610–620.

Kamaladini, K., Abd Gani, A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 93–100.

Mirantika, V., Syafri, F., & Surahman, B. (2020). Permainan papinka untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 182–194.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik kesulitan belajar matematika: Studi pada siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.

Tawa, M. E., Meo, M. D., Senda, M. F., Sayangan, Y. V., & Lobo, L. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Berhitung untuk Meningkatkan Pemahaman Numerasi bagi Siswa Kelas 1 di SDK Olabolo. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 1(4), 149–165.

Umar, N., & Wiguna, W. (2020). Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 231–241.

Utami, G. A., & Rachmayani, I. (2023). Penerapan Media Papan Berhitung dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Sederhana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 233–238.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v6i2.42756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.