REKONTEKSTUALISASI KONSEP MATEMATIKA BERBASIS PRIMBON PETUNGAN (NASKAH KUNO INDRAMAYU)

Azi Nugraha, Tia Septianawati, Benny Anggara

Abstract


Input kognitif sebagai stimulus dalam mengembangkan keterampilan berpikir matematis siswa perlu dikembangkan melalui rekontekstualisasi konsep pada aktivitas belajar yang lebih bermakna. Eksplorasi terhadap nilai-nilai kehidupan yang berkembang di masyarakat salah satunya primbon petungan Indramayu. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rekontekstualisasi konsep matematika yang berbasis hasil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari budayawan, guru matematika, dan siswa di Kabupaten Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bagian dari primbon petungan Indramayu yaitu dina labuan memiliki keterkaitan dengan konsep peluang. Kemudian dasar perhitungan Dina Labuan dijadikan sebagai dasar dalam melakukan rekontekstualisasi konsep peluang yang diintegrasikan dalam beberapa aktivitas belajar. Aktivitas belajar tersebut dilengkapi dengan prediksi respon dan alternatif antisipasi yang dapat dilakukan oleh guru.

Keywords


: Input Kognitif, Primbon Petungan Indramayu, Rekontekstualisasi Konsep Peluang, Etnografi

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v6i1.40356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.