ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR
Abstract
Abstract
One type of skill that students must have in order to compete in progress is computational thinking. This research aims to analyze students' computational thinking abilities on SPLTV material, self-regulated learning students, and computational thinking abilities in view self-regulated learning. This method used was survey research. The sample was taken using simple random sampling technique with a total of 112 students at one of the high schools in Depok in the academic year 2023/2024. The instrument used consisted of a test instrument of 12 description questions to measure students computational thinking ability. In addition, self-regulated learning questionnaire consisting of 17 statements and a semi-structured interview consisting of 5 questions. The two instruments used have been tested for validation and reliability. The research showed that students' mathematical computational thinking ability in solving contextual problems was in the low category, self-regulated learning students is in the high category. Between self-regulated learning has no relationship or influence on students' mathematical computational thinking ability in solving contextual problems.
Abstrak
Salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki siswa agar dapat bersaing dalam kemajuan salah satunya dengan kemampuan berpikir komputasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasi siswa pada materi SPLTV, kemandirian belajar yang dimiliki siswa, serta kemampuan berpikir komputasional ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian survei. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sebanyak 112 siswa di salah satu SMA di Depok tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrument tes sebanyak 12 butir soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir komputasional siswa. Selain itu, angket kemandirian belajar yang terdiri dari 17 pernyataan serta wawancara semi-terstruktur yang terdiri dari 5 pertanyaan. Kedua intrumen yang digunakan sudah diuji validasitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berada pada kategori rendah, kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi. Antara kemandirian belajar tidak memiliki hubungan atau pengaruh terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual.
Keywords
References
Amin, K., Kamid, & Hariyadi, B. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 2053–2064.
Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Dengan Pendekatan Rme Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5074
Choiriyah, M. (2017). Peningkatan Self Regulated Learning Dan Pemecahan Masalah. Ekuivalen - Pendidikan Matematika, 30(2), 116–121. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4214
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-MPI Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 55–65.
Dewi, R. S., Lubis, M., & Wahidah, N. (2020). Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. Hasil Penenlitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat V Tahun 2020 “Pengembangan Sumber Daya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal", 217–220.
Feist, J., & Feist, G. J. (2011). Teori Kepribadian. Salemba Humanika.
Khine, M. S. (2018). Computational Thinking in the STEM Discipline. In Computational Thinking in the STEM Disciplines. https://doi.org/10.1007/978-3-319-93566-9
M. Gunawan Supiarmo, Turmudi, & Elly Susanti. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Meitjing, P. R., & Fuad, Y. (2023). Berpikir Komputasional Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 8(1), 104–113.
Nurmuslimah, H. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Soal Berbasis Kebudayaan Islam dan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 78–84.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) What Students Know and Can Do. In OECD Results: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
OECD. (2022a). PISA 2022 Results : Factsheets Indonesia.
OECD. (2022b). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en
Rahayu, R., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Bebras Task. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 219–234.
Sari, N., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Hayati, L. (2023). Analisis Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issues), 270–278.
Srifianti, Lunanta, L. P., & Kristiyani, V. (2023). Hubungan antara Self Regulated Learning ( SRL ) dengan Stres Akademik pada Mahasiswa. Talenta Jurnal Psikologi, 9(1), 13–20.
Sudinadji, M. B., & Kumaidi, K. (2019). Pengalaman Self Regulated Learning Siswa untuk Menghadapi Ujian. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 79–95.
Supiarmo, M. G., Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi. (2021). Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368–382. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516
Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 22–31. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4376
Warsihna, J. (2019). “Dilema” Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi (ICT) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik, 060–076. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.537
Zaharin, N. L., Sharif, S., & Mariappan, M. (2018). Computational Thinking: A Strategy for Developing Problem Solving Skills and Higher Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10), 1265–1278. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i10/5297
DOI: 10.15408/ajme.v6i1.38380
Refbacks
- There are currently no refbacks.