ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas kabupaten karawang dan populasi yang diambil adalah satu kelas yang diisi oleh 35 murid dari kelas X. Siswa diberikan soal tentang barisan dan deret aritmatika yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya yang sudah tervalidasi dan layak untuk digunakan dalam penelitian. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, terdapat bahwa ada sebanyak 71,4% atau 25 orang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori sedang, adapun siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori tinggi ada sebanyak 14,3% atau 5 orang, dan juga sebanyak 14,3% atau 5 orang lainnya yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori rendah. Dari data tersebut peniliti menggunakan Purposive Sampling untuk mengambil 3 siswa sebagai sampel dan dianalisis lebih lanjut setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Hasil menunjukkan bahwa siswa dengan kategori rendah masih belum mencapai indikator menyusun rencana dan memeriksa kembali, siswa dengan kategori sedang hanya belum mencapai indikator memeriksa kembali dan siswa dengan kategori tinggi sudah mampu mencapai semua indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun hasil penelitian dari skor rata rata perindikator seluruh siswa menunjukkan hanya 46% saja yang dimana ini masih termasuk rendah. Indikator yang masih belum bisa terpenuhi oleh siswa kelas X MIPA 2 adalah memeriksa kembali yang dimana persentasenya hanya sebesar 33% dan menjadi yang paling kecil diantara indikator lainnya. Hal ini disebabkan kurang telitinya siswa dalam mengerjakan soal
Keywords
DOI: 10.15408/ajme.v5i2.36804
Refbacks
- There are currently no refbacks.