KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA FENOMENA LEARNING LOSS PASCA PANDEMI COVID-19

Zahrah Hamidah, Esti Ambar Nugraheni

Abstract


Abstract

Mathematical anxiety is an uncomfortable condition caused by irregular feelings and is usually shown by feeling anxious, worried, and afraid when studying mathematics. This study aims to identify students' mathematical anxiety levels in the learning loss phenomenon after the Covid-19 pandemic. This research is quantitative research with descriptive research methods. The sample of this research is 60 respondents. The subjects of this study were students at the junior high school level located in the Bekasi district. The results of this study indicate that mathematical anxiety in the learning loss phenomenon after the Covid-19 pandemic is in the moderate category with a percentage of 63.3% for class VII and 70% for class VIII. Students' mathematical anxiety on affective aspects which are in moderate indicators is fear and anxiety. Students' mathematical anxiety on the cognitive aspect which is in the moderate indicator is difficult to concentrate. Students' mathematical anxiety in the physiological aspects which are moderate indicators are fast heart palpitations and headaches.

 

Abstrak 

Kecemasan matematis adalah kondisi tidak enak yang disebabkan oleh perasaan yang tidak beraturan dan biasanya ditujukan dengan rasa gelisah, khawatir, dan takut ketika sedang belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan matematis peserta didik pada feomena learning loss pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 60 responden. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berlokasi di kabupaten bekasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecemasan matematis pada fenomena learning loss pasca pandemi covid-19 berada pada kategori sedang dengan persentase 63.3% untuk kelas VII dan 70% untuk kelas VIII. Kecemasan matematis peserta didik pada aspek afektif yang berada diindikator sedang adalah takut dan gelisah. Kecemasan matematis peserta didik pada aspek kognitif yang berada diindikator sedang adalah sulit konsentrasi. Kecemasan matematis peserta didik pada aspek fisiologis yang berada diindikator sedang adalah jantung berdebar kencang dan sakit kepala.


Keywords


Mathematical Anxiety; Math Education; Learning Loss

References


Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematka), 1–10. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7611/25.Makalah_Rifin.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf

Hadi, W. (2021). Lutfiyah&Hadi.2021. 5(1), 427–440.

Istikomah, E., & Wahyuni, A. (2018). Student ’ s Mathematics Anxiety on the Use of Technology in Mathematics Learning. 3(2), 69–77.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kurniawan, H., & Budiyono. (2021). Cypriot Journal of Educational Heroe ’ s model : Case study to reduce students ’ learning loss and anxiety. 16(3), 1122–1140.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Lisma, E. (2019). Mengatasi Kecemasan dalam Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 1007–1016.

Listyotami, M. K. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Self Efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.598

Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37, 1–8. https://doi.org/10.1590/1982-0275202037e200067

Muzdalifa, E. (2022). GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. 2(1). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

MZ, Z. A., Rendani, F., Nainggolan, M. S., & Jannah, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Dalam Mereduksi Kecemasan Matematis Siswa (Math Anxiety). Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.17

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Nursofwa, R. F., Sukur, M. H., Kurniadi, B. K., & . H. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Inicio Legis, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21107/il.v1i1.8822

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78

Silviana, S., Kartinah, & Happy, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematika Ringan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4 Senatik), 2011, 329–334.

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari rasa kecemasan matematika. Sesiomadika Journal, 617–622.

Yunus, M. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 96–109.

Zuriatun, H., & Ahmad, S. H. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan 1(1), 1-13.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i1.32913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.