SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ririn Kurniawati, Dadang Juandi

Abstract


Abstract

This study aims to describe the results of research regarding the ability of visual mathematical representation in learning mathematics. The method used is SLR (Systematic Literature Review), the research sample consists of 10 journal articles that match the established criteria. The criteria used in this study are indexed Scopus, Sinta, or Repository, published in the 2018-2022 period, discussing the ability of mathematical visual representation in mathematics learning and the research sample is elementary, junior high, high school, or university students. Based on the results of the analysis of literature data which became research data, most research was carried out in 2019 and 2021, the type of research used the most qualitative research, most of it was indexed Sinta 3, the level of education used as a sample was elementary, junior high and tertiary levels, a lot of material Algebra and geometry are used as research. In addition, the results of the study show that factors that influence the level of mathematical visual representation ability are the learning model used, learning style, gender, and the teacher's role in learning. 

 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai kemampuan representasi visual matematis pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review), sampel penelitian terdiri dari 10 artikel jurnal yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini yaitu terindeks Scopus,  Sinta atau Repository, diterbitkan pada periode 2018-2022, membahas kemampuan representasi visual matematis pada pembelajaran matematika serta sampel penelitian merupakan siswa SD, SMP, SMA atau Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil analisis data literatur yang menjadi data penelitian, penelitian paling banyak dilakukan tahun 2019 dan 2021, jenis penelitian paling banyak menggunakan penelitian kualitatif, sebagian besar terindeks Sinta 3, jenjang pendidikan yang dijadikan sampel yatu tingkat SD, SMP serta perguruan tinggi, materi yang banyak dijadikan peneltian adalah aljabar dan geometri selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kemampuan representasi visual matematis yaitu model pembelajaran yang digunakan, gaya belajar, jenis kelamin, serta peran guru dalam pembelajaran.

Keywords


Mathematical Visual Representation Ability; Systematic Literature Review

References


Goldin, G.A. & Kaput J.J. (1996). A Joint Perspective On The Idea of Representation In Learning and Doing Mathematics. Theories of Mathematical Learning. 397-430

Hassanah, M., & Muttaqien, A. (2020). Kemampuan Representasi Visual Matematis dalam Pemecahan Masalah Verbal Segiempat. Prosiding. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2495206&val=23800&title=Kemampuan Representasi Visual Matematis dalam Pemecahan Masalah Verbal Segiempat

Hidayat, A. F. (2020). Representasi Siswa Visual, Auditori Dan Kinestetik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.103

Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 1-16.

Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, 2019-Augus(AUGUST), 1633–1642. https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169

Leo Adhar, E. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Lestari, W. A., Farida, F., & Andriani, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematis: Dampak Model Pembelajaran Rolem dan Tipe Kepribadian Keirsey. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 75–87. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.465

Marifah, W. N., Rufiana, I. S., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Pada Materi Pengolahan Data Ditinjau Dari Gaya Belajar Vak. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 175–186. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.875

Maulyda, M. A., & Hidayati, V. R. (2019). Representasi Matematis Visual Anak Ditinjau dari Bakat Musik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 149–158. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.6855

Montenegro, P., Costa, C., & Lopes, B. (2018). Transformations in the Visual Representation of a Figural Pattern. Mathematical Thinking and Learning, 20(2), 91–107. https://doi.org/10.1080/10986065.2018.1441599

Mudzakir, A. (2006). Psikologi Pendidikan.Bandung: Pustaka setia

NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, United States of America: The National Council of Theacher of Mathematics Inc.

Nurjannah, D., & Prabawanto, S. (2020). The Impact of Search , Solve , Create and Share ( SSCS ) Learning Model On Mathematical Visual Representation Ability Of Junior High School Students. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2(1), 737–743.

Qomarudin, M., dkk. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan), 2(1), 69-76.

Brookhart, S.M. (2010). How to assess higher order thinking skills in your classroom. Virginia: ASCD.

Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTS AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 47. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8482

Sabirin, M. (2014). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 01(2), 33–44

Subekti, F. E., Rochmad, & Isnarto. (2021). Kemampuan Representasi Visual Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Koordinat Kartesius. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 217–222. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44966

Try Nur Handayani, Ma’rufi, M., & Nurdin, N. (2021). Eksplorasi Kemampuan Representasi Visual Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Pemahaman Matematika Dan Gender. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.504

Umah, U., & Vitantri, C. A. (2019). Representasi Visual Matematis Mahasiswa Dalam Memodelkan Kejadian Dinamis Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Dan Jenis Kelamin. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 87. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.87-96

Wahyuni, S. (2012). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan self esteem siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Tesis, Tidak Dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i1.32603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.