ANALISIS KENDALA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME

Roslani Supinah, Ishaq Nuriadin

Abstract


Abstract

Constructivism learning theory is very relevant to be applied in Indonesia because it has advantages that can be used as an innovative learning method. However, the constructivism learning model is still rarely applied, especially in mathematics learning so that the learning objectives are not achieved properly. This research was conducted to obtain comprehensive information on how constructivism theory is used in online mathematics learning and the obstacles faced. This can be useful to find out good new adaptations in implementing online mathematics learning in the future. In addition, it can be useful as an evaluation material for the application of constructivism theory in online mathematics learning in the future. This research uses descriptive analysis method with literature study technique. The constructivism theory referred to in this study is a constructivist learning theory that has been explored in the application of online mathematics learning into four parts, namely: a learner-centered learning environment, a knowledge-centered learning environment, an assessment-centered learning environment, and an assessment-centered learning environment. community-centred learning.

Keywords: constructivism, learning mathematics, daring

 

Abstrak

Teori belajar konstruktivisme sangat relevan diterapkan dalam pembelajaran di Indonesia karena mempunyai keunggulan yang dapat digunakan sebagai metode belajar yang inovatif. Akan tetapi model pembelajaran konstruktivisme masih jarang diterapkan khususnya pada pembelajaran matematika sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang komprehensif bagaimana teori konstruktivisme digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring dan kendala yang dihadapi. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengetahui adaptasi baru yang baik dalam menerapkan pembelajaran matematika secara daring pada waktu yang akan datang. Selain itu dapat bermanfaat sebagai bahan evaluasi penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran matematika secara daring di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik studi kepustakaan. Teori konstruktivisme yang dimaksud pada penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme yang telah dieksplorasi dalam aplikasi pembelajaran matematika secara daring ke dalam empat bagian yaitu : lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik, lingkungan belajar yang berpusat pada pengetahuan, lingkungan belajar yang berpusat pada penilaian, dan lingkungan belajar yang berpusat pada komunitas.

Kata kunci: Konstruktivisme, pembelajaran matematika, daring


Keywords


Konstruktivisme; pembelajaran matematika; daring

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v4i2.24146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.