Puisi Arab Bersajak karya Zaini-Solo; Kajian Pedagogi Islam-Modern dalam Manuskrip Nusantara

Iin Suryaningsih

Abstract


The presence of various modern pedagogical currents carried by the psychologists and observers of Western education, has made a new mapping in the study of modern education in Indonesia. Indeed the study has been popular since the early 20th century AD with a very specific theme evidenced by one of the manuscripts entitled Mir'ātu Afkār al-Rijāl Nadzm Ta'līm al-Muta'līm by a scholar from Solo-Indonesia. This study proves that the content of Modern Pedagogy study by a scholar in Indonesia looks very specific and holistic. The method used is a method of philology that includes textual criticism in manuscripts. This method will also capture the superiority of the study of Archipelago Pedagogy written with Arabic script. The results of this study that the study of Modern Pedagogy can be clearly found in the traces of the history of the past in the archipelago of Manuscript.

---

Hadirnya berbagai aliran pedagogi modern yang diusung oleh para psikolog dan pemerhati pendidikan Barat, telah membuat pemetaan baru dalam kajian ilmu pendidikan modern di Indonesia. Sejatinya kajian tersebut sudah populer sejak awal abad 20 Masehi dengan tema yang sangat spesifik yang dibuktikan oleh salah satu manuskrip berjudul  Mir’ātu Afkār al-Rijāl Nadzm Ta’līm al-Muta’līm karya seorang cendikia asal Solo-indonesia. Penelitian ini membuktikan bahwa muatan kajian Pedagogi Modern karya cendikia di Indonesia terlihat sangat spesifik dan holistik. Metode yang digunakan adalah metode filologi yang mencakup kritik teks pada manuskrip. Metode ini juga akan memotret keunggulan kajian Pedagogi Nusantara yang ditulis dengan skrip Arab. Hasil penelitian ini bahwa kajian Pedagogi Modern secara nyata dapat kita temukan dalam jejak sejarah keilmuan masa lalu di Nusantara berupa Manuskrip.


Keywords


Modern Pedagogy; Arabic Poetry; Archipelago’s Manuscript

References


Astuti, K. (2014). Aspek Tasawuf dalam Manuskrip Beraksara Pegon: Kajian atas Serat Munjiyat Karya Kyai Saleh Darat dan Singir Parase Nabi Karya Anonim. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/38306/

ATIKAN, T. M.-, & 2016, undefined. (n.d.). Lektur Agama Islam: Konsep dan Penanganan Naskah Klasik Nusantara. Mindamas-Journals.Com. Retrieved from http://mindamas-journals.com/index.php/atikan/article/view/107

‘Ali, Ismail,. Sa’id, Dr, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah, , Dar el-Salam li al-taba’ah wa al-nashr wa al-tauzi’ wa al-tarjamah, 2012 M

Al-Hazimi, Hamid, Khalid, Dr. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah , Dar ‘alam al-Kutub- Fihrisah, Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyyah- 1420 H/ 2000 M

Al-Syaibāni, Muhammad Umar al-Taumi, Falsafah at-Tarbiyah al-Islamiyyah, Tripoli: al-Mansya’ah al-`Ămmah li al-Nasyr wa al-Tauzi’ wa al-I’lām 1985, hal. 8

Baried, Siti Baroroh. dll. (1983). Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan..Behrend, T.E. 1995. 1985:4,85

Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhayf, Syauqi, Tarikh al-Adab Al-‘Arabi, Daar Al-Fikr Al-Islami, Bi al-Qahera, 1998.

Fathurahman, Oman, Filologi dan Kajian Keislaman, 2001.

---------------------------, Jurnal al-Afkar:2011

Chinn, P. W. U. (2012). Developing teachers’ place-based and culture-based pedagogical content knowledge and agency. In Second international handbook of science education (pp. 323–334). Springer.

Gore, J. (2013). The struggle for pedagogies. Routledge.

Ismail, M., Dedikasi, M. O.-J. P., & 2018, undefined. (n.d.). AMALAN PEDAGOGI ABAD KE-21 DALAM KALANGAN GURU PELATIH PROGRAM IJAZAH SARJANA MUDA PERGURUAN (PISMP) PENDIDIKAN ISLAM DI. Ipgmipoh.Edu.My. Retrieved from http://www.ipgmipoh.edu.my/journal/index.php/dedikasi/article/view/70

Kanisius, T. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DeYO21_tkfYC&oi=fnd&pg=PA3&dq=paradigma+pedagogi&ots=GK9rEB8qNH&sig=Wj4AhyPvBAvQw47KbDIaDfN0xlM

Kaur, A. (2013). Maslow ’ s Need Hierarchy Theory : Maslow’s Need Hierarchy Theory: Applications and Criticisms. https://doi.org/ISSN 2248-9878

KM Luthfi - IBDA:Metodologi Dan Kontekstualisasi Filologi Dalam Kajian Teks-teks Islam Nusantara, & 2016, I. P. M. F. (2016). Metodologi Dan Kontekstualisasi Filologi Dalam Kajian Teks-teks Islam Nusantara. Ejournal.Iainpurwokerto.Ac.Id, 14, 114. Retrieved from http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda/article/view/523

Ma’mum, T. N. (2014). Pengaruh Syair Arab terhadap Pola Syiâ€TM iran di Jawa Barat. Panggung, 24(3).

O Fathurahman - dalam Seminar Lokal Project Implementing Unit, & 2003, U. (n.d.). Filologi dan Penelitian Teks-Teks Keagamaan. Sites.Google.Com. Retrieved from https://sites.google.com/site/omanwae/FilologidanPenelitianTeksKeagamaan.pdf

Permadi, T., Indonesia, S., Bahasa, F. P., & Indonesia, S.-U. P. (2017). Naskah Nusantara dan Berbagai Aspek yang Menyertainya. Artikel. http://www. file. upi. edu. Diakses pada Sabtu.

Rachmadi, Butar-butar, Arwin, Jurnal al-Marshad, vol 1,No 1,2015

SURYANINGSIH, I.-P. K., & 2016, U. (2016). SASTRA ISLAM DALAM MANUSKRIP (KAJIAN TEKS BER-AKSARA JAWI SEBAGAI SALAH SATU BAHAN AJAR MAHASISWA. In prosiding.arab-um.com (Vol. 1, p. 541). Malang: UM. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/viewFile/100/93

Suryaningsih, I., INDONESIA, H. H.-J. A.-A., & 2018, universitas A.-A. I. (2018). Ilmu Balaghah: Tasybih dalam Manuskrip “Syarh Fī Bayān al-Majāz wa al-Tasybīh wa al-Kināyah.” Jurnal.Uai.Ac.Id, 4. Retrieved from http://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/245

William F. O’neil, Ideology-Ideologi Pendidikan; terj. Omi Intan Naomi (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2001) hal.73

Yahya, I. (n.d.). REVIEW SEMINAR HASIL PENELITIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM MANUSKRIP KEAGAMAAN.

Zainuddin, M. (2011). PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK. ULUMUNA, 15(1), 73. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i1.210


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/bat.v24i2.8748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Iin Suryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.