Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Al-Turas?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Informasi Pembenahan Author Guideline terbaru

By Darsita S

Al-Turas: Jurnal mimbar sejarah, sastra, budaya dan Agama merupakan jurnal yang melingkupi empat aspek dalam disiplin ilmu humaniora yang diterbitkan oleh Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun 1995 dan terbit dua kali dalam satu tahun. Sebenarnya jurnal Al-Turas sudah mempunyai author guideline tetapi belum dilakukan secara konsisten pada periode 1995-2018, author guideline itu digambarkan sebegai berikut

Petunjuk umum penulisan alturats@uinjkt.ac.id: Jurnal Ilmiah Buletin Al -Turas:

Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. bahasa Arab dan bahasa Inggris

  1. Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia, Arab dan bahasa Inggris serta memuat 150-200 kata.
  2. Abtrak memuat permasalahan yang akan dikemukakan, tujuan metode pemecahan masalah, hasil atau temuan, serta simpulan yang diperoleh.
  3. Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas; harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan; tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam; tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.
  4. Bagian Pendahuluan menguraikan secara jelas tentang: (i) latar belakang umum kajian; (ii) state of the art (kajian review literatur singkat) mengenai penelitian-penelitian sebelumnya (yang mirip) untuk menjustifikasi kebaruan dari suatu artikel; (iii) gap analysis atau pernyataan kesenjangan atau kebaruan (novelty statement) atau beda unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya; (iv) permasalahan dan/atau hipotesis (jika ada); (v) cara pendekatan penyelesaian masalah (jika ada); (vi) hasil yang diharapkan atau tujuan penelitian.
  5. Bagian Metode atau tata kerja penelitian telah ditulis secara jelas sehingga percobaan atau penelitian dapat diulang dengan hasil yang sama.
  6. Bagian Hasil dan Pembahasan memuat: (i) (what/how) apakah data yang disajikan telah diolah , dituangkan dalam bentuk narasi; (ii) (why) apakah pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis?; (iii) (what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain?; (iv) sudah dituliskan tentang implikasi hasil penelitian baik teoretis maupun aplikatif.
  7. Bagian Kesimpulan sudah berisi secara singkat dan jelas tentang: (i) cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian; (ii) juga merupakan simpulan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; (iii) boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib).
  8. Bagian Kesimpulan sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.
  9. Bagian Daftar Pustaka belum ditulis dengan benar sesuai dengan petunjuk penulisan dan sebaiknya menggunakan sistem sitasi Mendeley, Endnote, atau Grammarly. 

Semua aspek di atas belum diterapkan secara konsisten oleh para penulis dan pengelola Al-Turas pada periode 1995-2018 belum menetapkan kekonsitentan format penulisan artikel maka dari itu pada penerbitan selanjutkan pengelola Jurnal Al-Turas akan menetapan format author guideline secara ajeg.

 

Note:

Pada terbitan mulai Januari 2019 Jurnal Al-Turas akan :

  1. Terbit dua kali dalam setahun. Setiap terbitan akan memuat 6 artikel saja. Artinya ada perubahan dari 12 artikel dalam setiap kali terbit menjadi 6 artikel dalam setiap kali terbit.
  2. Pada tahun sebelumnya author guideline belum dituliskan secara eksplisit, maka pada tahun 2019 dan seterusnya, setiap penulis wajib memperhatikan author guideline. Tujuan author guideline adalah untuk menciptakan artikel yang mempunyai struktur penulisan yang sama, selain itu untuk memudahkan mitra bestari menelaah artikel tersebut.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

    1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

    1. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

  1. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.