Bentuk Ṣarfi dan Struktur Nahwi dalam Kitab Al-Arabiyyah Li Ṭullab Al-Jāmi’ah

Zainal Muttaqin, Mugy Nugraha

Abstract


Abstrak

Bahasa Arab merupakan bahasa yang wajib dipelajari oleh seluruh mahasiswa di semua Fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Bahkan Rektor telah menerbitkan SK No. Un.01/R/HK.005/233/2012 yang menetapkan standar nilai bahasa Arab dan bahasa Inggris yang harus dicapai mahasiswa sebagai syarat kelulusan.Namun kemampuan bahasa Arab mahasiswa pada umumnya masih jauh dari taraf penguasaan yang diharapkan. Buktinya selama beberapa tahun terakhir ini mereka 90% mahasiswa mencapai skor TOAFL di bawah standar yang ditentukan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh banyaknya mahasiswa baru yang tidak memiliki pengetahuan dasar bahasa Arab. Agar mahasiswa yang tidak memiliki pengetahuan dasar bahasa Arab dapat mengikuti perkuliahan bahasa Arab, maka perlu diberikan materi khusus berupa bentuk ṣarf dan struktur nahwu yang diambil dari buku Al-Arabiyyah li Ṭullab al-Jāmi’ah yang akan mereka gunakan nanti dalam perkuliahan.

Dengan demikian kebutuhan yang sangat mendesak adalah penyiapan materi khusus yang diberikan kepada mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah bahasa Arab. Sebagai langkah awal penyusunan materi khusus yang dimaksud maka penelitian ini perlu dilaksanakan. Data tentang struktur kalimat dalam penelitian ini diambil dari teks bahan qirā’ah dalam buku Al-‘Arabiyyah li Ṭullab al-Jāmi’ah, mengingat buku tersebut merupakan buku yang menjadi pegangan bagi mahasiswa di perguruan tinggi Islam. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa tidak semua bentuk kata dan fungsi sintaksis yang biasa dipelajari dalam kitab-kitab klasik digunakan dalam materi qira’ah buku Al-‘Arabiyyah li Ṭullab al-Jāmi’ah. Sehingga perlu ada penyusunan silabus yang memperhatikan keberadaan bentuk dan fungsi kata dalam buku ini. Selanjutnya perlu disusun buku bagi mahasiswa dalam rangka mengenalkan bentuk dan fungsi kata sebagai bahan pengantar sebelum mempelajari bahasa Arab dalam perkuliahan regular.

---

Abstract

Arabic is one of the language subjects that must be learned by all students at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Even the Rector has established Decree No. Un.01/R/HK.005/233/2012 which sets the standard of value in Arabic and English to be achieved by each student as an essential condition of graduation. But the competence of Arabic students are generally still far from the level of mastery to be achieved. over the last few years 90% of the students obtained a score TOAFL below specified standards. It can be caused by a number of new students who do not have basic knowledge of Arabic. So that students who do not have basic knowledge of Arabic can take the classes in Arabic well, it should be given special materials such as morphological and syntactic structures taken from the book Al-Arabiyyah li Ṭullab al-Jami'ah they will use later in the lecture. Thus an urgent need is the preparation of a special material that is given to students prior to taking courses in Arabic. As the first step of the preparation,  research needs to be done. Data based on the structure of the sentence in this study were taken from the reading text  material in the book Al-'Arabiyyah li Ṭullab al-Jami'ah, consider that the book became a handbook for students at Islamic university.

Based on the analysis we concluded that not all morphological and syntactic function commonly studied in classical texts used in the reading text material book Al-'Arabiyyah li Ṭullab al-Jami'ah. So there needs syllabus that takes into account the existence of the form and function of words in this book. Further necessary to develop books for students in order to introduce the form and function of words as introductory material before studying Arabic in regular lectures.

DOI: 10.15408/al-turas.v23i1.4805


Keywords


kalimah, jumlah, ṣīgah, i'rāb

References


Daftar Pustaka

Al-Qur'an dan Terjemahannya

Abbas Hasan, Al-Nahw Al-Wāfi, Kairo: Darul Ma’arif

Abdul Chaer, Sintaksis Bahasa Indonesia (pendekatan proses), Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2009

-----------------, Linguistik Umum, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2004

Abdul Gaffar Hamid Hilal, Al-Arabiyyah, Khaṣāiṣuhā wa Simātuhā, Kairo: Maktabah Wahbah, 2004

Ad-Damamini, Syarh Ad-Ḍamāmini ‘ala Mugni Al-Labīb, Beirut: Muassasah At-Tarikh Al-‘Arabi. 2007

Az-Zabidi, Tāj al-Arūs, Kuwait: Wizarah al-I’lam, 1993

Harimurti Kridalaksana, Kamus Linguistik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001

IbnuHisyam, Mugni Al-Labīb ‘anKutub Al-‘A’ārib, Beirut: DarulFikr. 1985

Jack C Richard dan Theodore S. Rodgers, Approaches and Methods In Language Teaching, New York: Cambridge University Press, 2003

Jos Daniel Parera, Dasar-dasar Analisis Sintaksis, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009

Majma al-Lugah al-‘Arabiyyah, al-Mu’jam al-Wasīṭ, (Istanbul: Dar al-Da‘wah), 1994

Muhammad al-Tunji, al-Mu’jam al-Mufaṣṣal fi ‘Ulûm al-Lugah, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1983

Muhammad Ibrahim Ubadah, Al-Jumlah al-‘Arabiyyah, Kairo: Maktabah al-Adab, 2001

Muhammad Hamasah Abdul Latif, Binā al-Jumlah al-Arabiyyah, Dar Garib, 2003

Musthafa al-Ghulâyayni, Jāmi al-Durūs al-‘Arabiyyah, Beirut: Maktabah al-‘Ashriyyah, 1995

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Rusdi Ahmad Thuaimah, Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah li gair al-Nāṭiqin bihā, Rabat: Isesco, 1989

Sibawaih, Al-Kitab Kitab Sibawaih, tahqiq Abdussalam Muhammad Harun, Kairo: Maktabah Al-Khanji. 1988

Syauqî Dlaif, Tajdīd al-Nahwi, Kairo: Dâr al-Ma’ârif, 1995

Tammam Hassan, Al-Uṣūl, Dirāsah Epistemolojiyyah li al-Fikr al-Lughawi 'inda al-'Arab, Beirut: 'Alam al-Kutub, 2000

Yusuf Hasan Umar, Syarh Ar-Rāḍi ‘ala al-Kāfiyah, Bengazi: Jami’ahYunus, 1996


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/bat.v23i1.4805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zainal Muttaqin, Mugy Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.