Tasawuf Sunda dan Warisan Islam Nusantara: Martabat Tujuh dalam Dangding Haji Hasan Mustapa (1852-1930)
Abstract
Abstrak
Paper ini membahas martabat tujuh dalam puisi dangding sufistik Haji Hasan Mustapa. Ia merupakan salah satu penerus tradisi tasawuf Nusantara dari Jawa Barat yang menulis lebih dari sepuluh ribu bait dangding. Tema martabat tujuh merupakan poros inti pembahasan dalam hampir keseluruhan puisi dangding-nya. Berbagai kesalahpahaman dan kesulitan para sarjana dalam memahami puisi Mustapa kiranya dilatarbelakangi keterbatasan pengetahuan atas ajaran ini. Kajian ini menggunakan pendekatan interteks atas sejumlah puisi Mustapa yang bertema sama. Kajian ini memfokuskan pada tiga hal: martabat tujuh dalam tradisi tasawuf Nusantara, Mustapa dan posisi dangding-nya dalam sastra Sunda, serta tema martabat tujuh sebagai inti puisinya. Mustapa kiranya dipengaruhi ajaran wahdatul wujud terutama melalui kitab Tuh}fah-nya Al-Burhanfuri. Meski demikian, ia berusaha menjejakkannya dalam latar kekayaan budayanya. Ia menginterpretasikan martabat tujuh, bukan semata-mata sebagai sintesis tajalli Ilahi, tetapi juga merupakan hasil upaya manusia dalam meningkatkan martabat rohani untuk pulang ke tempat di mana ia berasal (nepi kana urut indit). Karenanya tidak tepat bila ia dianggap menyimpang dari nilai-nilai ortodoksi Islam. Ia berada pada arus utama tasawuf Nusantara yang cenderung rekonsiliatif. Signifikansi Mustapa terletak pada kreatifitasnya dalam menggunakan banyak metafor budaya Sunda termasuk dalam menafsir ajaran martabat tujuh. Ia misalnya, menggunakan metafor tubuh (balung, daging, sungsuam, getih), makanan (rujak), sungai (leuwi), dan bukit (lamping) untuk menggambarkan proses panjang dalam meracik asal alam kesejatian. Kajian ini signifikan dalam memperkuat tesis jaringan ulama Nusantara dalam bentuk artikulasi tasawuf lokal Sunda. Sebuah tafsir lain atas martabat tujuh yang muncul dalam rahim alam pikiran budaya Sunda.
---
Abstract
This paper discusses the dignity seven in metrical poetry Sufi Hasan Haji Mustapa. He is one of the successors of Sufism archipelago from West Java who wrote more than ten thousand metrical stanza. He was in the mainstream Sufism archipelago tend reconciliatory. Mustapa significance lies in creativity in using many metaphors Sundanese culture including seven in interpreting the teachings of dignity. He for instance, uses the metaphor of the body (bone, meat, sungsuam, getih), food (salad), rivers (Leuwi), and Hill (lamping) to describe the lengthy process of preparing the authenticity of natural origin. This study is significant in strengthening the network of scholars Nusantara thesis in the form of Sufism articulation of local Sundanese.
Keywords
References
Bibliografi
Manuskrip
Mustapa, Haji Hasan. Kinanti Nu Pengkuh di Alam Tuhu, Cod. Or. 7873. 10 Agustus 1901. UB Leiden University.
_______. Kinanti Tutur Teu Kacatur Batur, Cod. Or. 7875. 16 Agustus 1901. UB Leiden University.
_______. Sinom Cat Mancat ka Bale Pulang, Cod. Or. 7876. 7 Februari 1901. UB Leiden University.
_______. Kinanti Kidung pucuk mega mendung, Cod. Or. 7878. UB Leiden University.
_______. Kinanti Ngelmu Suluk Isuk-isuk, Cod. Or. 7878. 21 Mei 1901. UB Leiden University.
_______. Arabic Letters from Bandung (Correspondence with Snouck Hurgronje), 1911-1923, Cod. Or. 8952, 21 September 1907, UB Leiden University.
Buku dan Artikel
‘Abd Al-Jabbar, ‘Umar. Siyar wa Tarajim Ba’dh ‘Ulama’ina fi Al-Qarn al-Rabi’ ‘Asyr li al-Hijrah (Jeddah: Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah, 1403 H/1982 M), cet. ke-3.
Abdurrahman, Agus. “Martabat Tujuh Haji Hasan Mustapa,” Skripsi, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2000.
Ali, Mufti. “A Study of Hasan Mustafa’s Fatwa: It is Incumbent upon the Indonesian Muslims to be Loyal to the Dutch East Indies Government,” Journal of the Pakistan Historical Society, April 2004, Vol. 52 Issue 2.
Ali, Yunasril. Manusia Citra Ilahi, Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn ‘Arabi oleh al-Jili (Jakarta: Paramadina, 1997).
Al-Attas, Syed Muhammad Naguib. The Mysticism of Hamzah Fansuri. Kuala Lumpur: University of Malaya Press, 1970.
Azra, Azyumardi. The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia: Networks of Malay-Indonesian and Middle Eastern ‘Ulama>’ in the seventeenth and eighteenth centuries, Honolulu: ASAA-Allen & Unwin and University of Hawai’i Press, 2004.
Bradley, Francis R. “Sheikh Da'ud al-Fatani's Munyat al-Musalli and The Place of Prayer in 19th-Century Patani communities,” Indonesia and the Malay World, DOI:10.1080/13639811.2013.798072.
Bruinessen, Martin van. Tarekat Naqsabandiyah di Indonesia,Survey Historis, Geografis dan Sosiologis, Bandung: Mizan, 1992.
Burhanudin, Jajat. Islamic Knowledge, Authority and Political Power: The ‘Ulama in Colonial Indonesia, Leiden University, 2007.
Al-Bustomi, Ahmad Gibson. Filsafat Manusia Sunda: Kumpulan Esai HHM, Teosofi dan Filsafat, Bandung: Skylart Publisher, 2012.
Christomy, Tommy. “Shattariyah Tradition in West Java: the Case of Pamijahan,” Studia Islamika, Vol. 8, No. 2, 2001.
_______. Signs of the Wali: Narratives at the Sacred Sites in Pamijahan, West Java. Canberra: ANU E Press, 2008.
Danasasmita, Ma’mur. Wacana Bahasa dan Sastra Sunda Lama (Bandung: STSI Press, 2001).
Daudy, Ahmad. Allah dan M
Drewes, G. “Javanese Poems dealing with or attributed to the Saint of Bonan, Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 124 (1968), No: 2, Leiden.
Ekadjati, Edi S. Naskah Sunda: Inventarisasi dan Pencatatan. Bandung: Lembaga Penelitian Unpad-The Toyota Foundation, 1988.
_______. Empat Sastrawan Sunda Lama, Jakarta: Depdikbud, 1994.
Fathurahman, Oman. Tarekat Syattariyah di Minangkabau. Jakarta: Prenada Media, EFEO, PPIM, KITLV, 2008.
_______. “Ithaf al-Dhaki by Ibrahim Al-Kurani: A Commentary of Wahdat al-Wujud for Jawi Audience,” Archipel 81, Paris, 2011.
_______. “Sejarah Pengkafiran dan Marginalisasi Paham Keagamaan di Melayu dan Jawa,” Analisis, Vol. XI, No. 2, Desember 2011.
_______. Ithaf Al-Dhaki, Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara, Bandung: Mizan, 2012.
Hermansoemantri, Emuch. Sajarah Sukapura, Sebuah Telaah Filologis, Disertasi Universitas Indonesia Jakarta, 1979.
Hurgronje, C. Snouck. The Achehnese, 2 Volumes, Leiden: Brill, 1906.
_______. Mekka in the Latter Part of the 19th Century, trans. J.H. Monahan with an introduction by Jan Just Witkam. Leiden: Brill, 2007.
Hurgronje, C. Snouck. The Achehnese, 2 Volumes, Leiden: Brill, 1906.
Ibn ‘Arabi, Futuhat al-Makkiyyah, Tahqiq Uthman Yahya, Kairo: Al-Hay’at al-Misriyyah al-‘Ammah li al-Kitab, 1972.
Iskandar, Mohammad. Para Pengemban Amanah, Pergulatan Pemikiran Kiai dan Ulama di Jawa Barat, 1900-1950 (Yogyakarta: Mata Bangsa, 2001).
Iskandarwassid et.al., Naskah Karya Haji Hasan Mustapa, Bandung: Proyek Sundanologi, 1987.
Jahroni, Jajang. “The Life and Mystical Thought of Haji Hasan Mustafa (1852-1930),” Thesis, Leiden University, 1999.
Al-Jili, ‘Abdul Karim. Al-Insan al-Kamil fi Ma’rifat al-Awa’il wa al-Awakhir, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
Johns. A.H. The Gift Adressed to the Spirit of the Prophet, Canberra: Center of Oriental Studies A.N.U, 1965.
_______. “Islam in Southeast Asia: Reflections and New Directions,” Indonesia, 19, 1975.
_______. “Reflections on the Mysticism of Shams al-Din al-Samatra’i (1550?-1630), dalam Jan van der Putten and Mary Kilcline Cody ed., Lost Times and Untold Tales from the Malay World, Singapore: NUS Press, 2009.
Kaptein, Nico. “Sayyid Uthman On the Legal Validity of Documentary Evidence,” Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 153 (1997), no: 1, Leiden.
Kartini, Tini, et.al., Biografi dan Karya Pujangga Haji Hasan Mustapa, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud Jakarta, 1985.
Kraus, Werner. “The Shattariya Sufi Brotherhood in Aceh,” dalam Arndt Graf et.al, Aceh History, Politics and Culture, Singapore: Iseas, 2010.
Laffan, Michael Francis. Islamic Nationhood and Colonial Indonesia, The Umma below the Winds (London-New York: Routledge Curzon, 2003).
_______. “New Turn to Mecca: Snapshots of Arabic Printing and Sufi Networks in Late 19th Century Java,” Revue des mondes musulmans et de la Mediterranee, 124 (2), 2008.
_______. The Makings of Indonesian Islam, Orientalism and the Narration of a Sufi Past, Princeton: Princeton University Press, 2011.
Lubis, Nina H. Kehidupan Menak Priangan 1800-1942 (Bandung: Pusat Informasi Kebudayaan Sunda, 1998).
Mas’ud, Abdurrahman Mas’ud, Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LkiS, 2004.
Millie, Julian. “Arriving at the Point of Departing, Recent Additions to the Hasan Mustapa Legacy,” BKI 170 (2014).
Moriyama, Mikihiro. Semangat Baru: Kolonialisme, Budaya Cetak dan Kesastraan Sunda Abad ke-19, trans. Suryadi (Jakarta: KPG, 2005).
Mustapa, Haji Hasan. Adji Wiwitan Martabat Tudjuh, Kenging ngumpulkeun sarta ngatur Wangsaatmadja sareng para panitiana, n.p. n.d.
_______. Aji Wiwitan Gelaran Sasaka di Kaislaman, Kenging ngumpulkeun sarta ngatur Wangsaatmadja sareng para panitiana, n.p. n.d.
_______. Bab Adat2 Oerang Priangan Djeung Oerang Soenda Lian ti Eta, Ditjitakna di kantor tjitak Kangdjeng Goepernemen di nagara Batawi, 1913.
_______. Qur’anul Adhimi Adji Wiwitan Qur’an Sutji, kenging ngumpulkeun Wangsaatmadja, Bandung 7 Juli 1920.
_______. Dangding Djilid Anu Kaopat, stensilan kenging ngusahakeun Ajip Rosidi, Tjihideung, Oktober 1960.
_______. Gendingan Dangding Sunda Birahi Katut Wirahmana Djilid A (Bandung: Jajasan Kudjang, 1976).
_______. Balé Bandung. Bandung: Rahmat Cijulang, 1984.
_______. Seri Guguritan Haji Hasan Mustapa (Asmarandana Nu Kami, Kinanti Kulu-kulu, Sinom Wawarian, Dangdanggula Sirna Rasa, Sinom Barangtaning Rasa) (Bandung: Kiblat, 2009).
Muthalib, Abdul. “The Mystical Thought of Muhammad Nafis Al-Banjari: An Indonesian Sufi of the Eighteenth Century,” Thesis, McGill University Montreal Canada, 1995.
Mu’jizah, Martabat Tujuh: Edisi Teks dan Pemaknaan Tanda serta Simbol, Jakarta: Penerbit Djambatan dan Yayasan Naskah Nusantara, 2005.
Nasution, Harun. Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
Nicholson, Reynold A. The Mystics of Islam, (Indiana: World Wisdom, 2002).
Quzwain, Muhammad Chatib. Mengenal Allah: Suatu Studi Mengenai Ajaran Tasawuf Syeikh Abdus Samad Al-Falimbani, Jakarta: Bulan Bintang, 1983.
Ricklefs, M. C. Mengislamkan Jawa, terj. FX. Dono Sunardi dan Satrio Wahono, Jakarta: Serambi, 2013.
Rohmana, Jajang A. ‘Sundanese Sufi Literature and Local Islamic Identity: A Contribution of Haji Hasan Mustapa’s Dangding.’ Journal Al-Jamiah, Vol. 50, No. 2.
_______. “Makhtutat Kinanti [Tutur teu Kacatur Batur]: Tasawwuf al-‘Alam al-Sundawi ‘ind al-Hajj Hasan Mustafa (1852-1930),” Studia Islamika, Vol. 20, No. 2, 2013.
Ronkel, PH. S. Van. “Aanteekeningen over Islam en Folklore in West-en Midden Java, Uit Het Reisjournaal van Dr. C. Snouck Hurgronje,” BKI 101 (1942).
Rosidi, Ajip. Ngalanglang Kasusastran Sunda, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983.
_______. Haji Hasan Mustapa jeung Karya-karyana, Bandung: Pustaka, 1989.
_______. Hurip Waras, Dua Panineungan, Bandung: Kiblat Buku Utama, 2001, cet. ke-2.
_______. ed. Ensiklopedi Sunda, Alam, Budaya, dan Manusia (Jakarta: Pustaka Jaya, 2003).
_______. Babasan & Paribasa, Kabeungharan Basa Sunda (Bandung: Kiblat, 2005).
_______. Mencari Sosok Manusia Sunda (Bandung: Pustaka Jaya, 2010).
Ruhaliah, “Analisis Struktur dan Nilai Budaya Naskah Sunda,” Jurnal Sonagar, Vol. 2, 2004.
Rusyana, Yus. dan Ami Raksanegara. Puisi Guguritan Sunda, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, 1980
Santrie, Aliefya M. “Martabat Alam Tujuh, Suatu Naskah Mistik Islam dari Desa Karang Pamijahan,” dalam Ahmad Rifa’i Hasan, ed., Warisan Intelektual Islam Indonesia (Bandung: Mizan, 1992), cet. ke-3.
Setiawan, Hawe. “Dangding Mistis Haji Hasan Mustapa,” Makalah Seri Kuliah Umum Islam dan Mistisime Nusantara di Teater Salihara, 4 Agustus 2012.
Shah, Idries. The Sufis (London: The Octagon Press, 1977).
Simuh. Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita. Jakarta: UI-Press, 1988.
_______. “Aspek Mistik Islam Kejawen dalam ‘Wirid Hidayat Jati,’ dalam Ahmad Rifa’i Hasan, ed., Warisan Intelektual Islam Indonesia Telaah atas Karya-Karya Klasik, Bandung: Mizan, 1992.
Soebardi, S. “Santri-Religious Elements as Reflected in the Book of Centini,” Bijdragen tot de Taal-, Land-en Volkenkunde 127 (1971), No: 3, Leiden.
_______. The Book of Cebolek. Leiden: KITLV-The Hague-Martinus Nijhoof, 1975.
Wendy Solomon, “Text and Personality: Ajip Rosidi in Search of Haji Hasan Mustapa,” Indonesia Circle. School of Oriental & African Studies. Newsletter, 14:41, 1986.
Steenbrink, Karel. “Qur’an Interpretations of Hamzah Fansuri (CA. 1600) and Hamka (1908-1982): A Comparison,” Studia Islamika, Vol. 2, No. 2, 1995.
Suryalaga, H.R. Hidayat. Filsafat Sunda, Sekilas Interpretasi Folklor Sunda, Bandung: Yayasan Nur Hidayah, 2010.
Suryaningsih, Iin. “Al-H}aqi>qah al-Muwa>faqah li al-Shari>‘ah: al-Tas}a>luh} bayn al-Tas}awwuf wa al-Shari>‘ah bi Nusantara fi> al-Qarn al-Sa>dis ‘Ashr al-Mi>la>di>,” Studia Islamika, Vol. 20, No. 1, 2013.
Al-Taftazani, Abu Al-Wafa’ Al-Ghanimi. Sufi dari Zaman ke Zaman, terj. Ahmad Rofi’ ‘Utsmani, (Bandung: Pustaka, 1987).
Trimingham, J. Spencer. The Sufi Orders in Islam, Oxford: Clarendon Press, 1977.
Yunus, Abdul Rahim. “Nazariyat Martabat Tujuh fi Nizam al-Mamlakah al-Butaniyyah,” Studia Islamika, Vol. 2, No. 1, 1995.
Zoetmulder, P.J. Manunggaling Kawula Gusti, Pantheisme dan Monisme dalam Sastra Suluk Jawa. terj. Dick Hartoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.
Majalah
“Syair Mistis Bagawan Sirna Dirasa,” Tempo, 16 September 2012.
DOI: 10.15408/bat.v20i2.3760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Jajang A Rohmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.